Business

Lima Cara Meningkatkan Omset dan Keuntungan Bisnis Anda

Saya mendapat beberapa pertanyaan dari pengunjung blog ini tentang bagaimana meningkatkan omset usahanya. Pertanyaannya berbeda-beda, tapi ujung-ujungnya masalah ini juga.

Saya berusaha menjawab dengan pengalaman dan teori yang saya dapat selama ini. Jadi, yang saya tulis ini benar-benar telah saya terapkan, bukan sekedar kutipan dari buku. Ada pun teori yang saya dapat bukanlah dari buku-buku marketing yang bersifat akademis dan njimet yang diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan besar. Menurut saya tidak cocok untuk bisnis saya yang masih skala UKM yang anggarannya terbatas. Akhirnya saya temukan teori-teori marketing jalanan atau istilahnya “street smart” yang lebih membumi, murah dan gampang diaplikasikan.

Ilmu-ilmu tersebut saya dapatkan dari mentor saya Pak Tung DW, Brad Sugars, Jay Abraham, Jay Conrad Levinson dan Roger Konopasek. Mereka dikenal sebagai pebisnis yang menggunakan ilmu “street smart”.

Dari tokoh-tokoh di atas, saya banyak mengambil ilmu dari Brad Sugars, karena saya anggap lebih lengkap dan sistimatis. Mungkin saja Brad Sugars juga mengambil ilmu dari yang lain seperti Jay Abraham, karena saya lihat banyak kemiripan dan dilengkapi oleh Brad.

Jadi, bagaimana cara meningkatkan omset sekaligus keuntungan bisnis tersebut? Berikut ini adalah caranya yang lebih dikenal dengan istilah Five Business Chasis itu:

1. Perbanyak Prospek (Leads). Caranya dengan iklan, buka cabang, sebar brosur, ikut pameran dll. Misalnya, anda buka toko di mal. Rata-rata yang masuk ke toko anda secara tidak sengaja adalah 1000 orang, maka prospek/leads anda adalah 1000. Kemudian anda sebarkan brosur di pintu gerbang mal yang mengundang orang supaya datang ke toko anda. Katakanlah prospek yang yang masuk ke toko dari brosur tersebut adalah 100 orang, jadi prospek anda menjadi 1100. Semakin banyak yang masuk ke toko anda berarti semakin banyak prospek anda.

2. Perbanyak Jumlah Konversi (Conversion). Konversi adalah jumlah prospek yang akhirnya membeli produk anda. Misalnya dari 1000 prospek yang masuk ke toko anda ada 250 orang yang membeli. Artinya konversi anda adalah 25%. Bagaimana cara menaikkan konversi? Contohnya: berikan garansi, berikan jaminan purna jual, delivery gratis, dll.

3. Naikkan Jumlah Transaksi. Jumlah transaksi adalah berapa banyak transaksi yang terjadi di toko anda per hari, per minggu atau per bulan. Bagaimana cara menaikkan jumlah transaksi? Lakukan berbagai cara agar pelanggan anda lebih sering belanja, misalnya dengan memberikan hadiah, bonus, point, voucher dll.

4. Naikkan Jumlah Rata-rata Pembelian. Dari jumlah transaksi tersebut berapa rata-rata transaksinya? Misalnya toko anda memperoleh omset Rp. 1.000.000 per hari dengan jumlah transaksi 50, maka rata-rata transaksi anda adalah Rp. 20.000. Caranya? Anda pernah makan di McDonalds? Setiap kita akan membayar, pelayannya selalu tanya: “Mau tambah french fries pak?” Kalau kita jawab iya, dia akan tanya: “Yang large atau medium?” Kalau kita jawab tidak ingin french fries, dia akan tanya lagi: “Es krimnya mau pak?” atau “Mau coba wafflenya pak?” Begitu seterusnya.

5. Naikkan Margin Keuntungan. Misalnya harga pokok produk anda adalah Rp.750. Anda jual Rp.1000, maka keuntungan anda adalah Rp. 250 atau 25% (Rp. 250 : Rp. 1000). Kemudian anda naikkan harganya Rp. 100 menjadi Rp. 1.100, maka margin keuntungannya menjadi 32% atau naik 7%.

Mari kita lihat angka-angkanya:

Sebelum:
Prospek
1000 x Konversi 25% = 250 Orang Konsumen x 2 Transaksi x Rata-rata Transaksi Rp. 20.000 = Total Omset Rp. 10.000.000 x 25% Margin Keuntungan = Laba Rp. 2.500.000.

Dengan teknik-teknik di atas, kemudian kita berhasil menaikkan 10% saja untuk setiap point Business Chasis di atas. Mari kita lihat angka sesudahnya.

Sesudah:
Prospek
1100 x Konversi 27,5% = 302 Orang Konsumen x 2,2 Transaksi x Rata-rata Transaksi Rp. 22.000 = Total Omset Rp. 14.616.800 x 27,5% Margin Keuntungan = Laba Rp. 4.019.620.

Jadi, dengan kenaikan 10% saja dari setiap point Business Chasis di atas berhasil menambah laba sebesar Rp. 1.519.620 atau 61%!

Saya telah mencobanya.

About these ads
Standar

74 thoughts on “Lima Cara Meningkatkan Omset dan Keuntungan Bisnis Anda

  1. Allah is my Boss berkata:

    Wah..boleh dicoba nih. Saya mo nanya, berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk menghire seorang mentor business? Alokasi biayanya?
    Makasih Pak Roni

  2. Badroni Yuzirman berkata:

    Dari beberapa mentor (business coach) yang saya ketahui, biayanya mulai dari Rp. 1.000.000 per bulan.

    Terima kasih,

    Roni

  3. Anonymous berkata:

    Mas roni,
    Terima kasih sharingnya, Insya Allah saya praktekan ke bisnis saya yang
    masuk belum optimal omsetnya
    Rgds
    Fadjar t

  4. Anonymous berkata:

    bagus sekali pak Roni sharingnya …
    saat ini saya juga tengah mempelajari sambil menerapkan ilmu dari pak Jay Abraham untuk bisnis saya.

    salut pak .. anda telah sukses menerapkannya di bisnis bapak.
    next time boleh dong pak sharing sama saya … kalau saya menemui tantangan dan hambatan dalam penerapannya.

    oya pak Roni untuk buku dan cd dari Brad Sugars dimana kita bisa dapat ??
    saya sendiri baru dengar tentang Brad Sugars ini dari bapa.

    Thanks

    Regards,

    Pryslen

  5. Badroni Yuzirman berkata:

    Pak Pryslen,

    Terima kasih atas tanggapannya. Jay Abraham juga hampir sama dengan Brad
    Sugars, bedanya Jay ada 3 cara yaitu Increase the number of customers,
    increase the average dollar sale dan increase the repurchase frequency. Brad
    mungkin menambahkannya menjadi 5 yaitu: increase the conversion rate dan
    increase the average margin. Jadi, semakin lengkap.

    Saya juga baru setahun ini menerapkannya, dan belum banyak yang saya
    terapkan sebenarnya. Tapi, hasilnya, alhamdulillah, luar biasa. Makanya saya
    ingin sharing dengan yang lain. Supaya bisa memanfaatkannya seperti saya.

    Untuk dapat CD dan buku Brad Sugars, klik http://www.bradsugars.com atau
    http://www.action-international.com. Cabangnya sudah ada di Indonesia.

  6. Anonymous berkata:

    Halo teman2,

    saya sungguh senang melihat interaksi diantara kita,… muncul
    kerjasama saling sharing saling belajar dari Bang Zul, Pak Nazz
    (tadinya ingat Shanaz adiknya Marissa ya?), Bang Roni, Pak Pryslen,
    Mas Ronald, Pak Hendy (aduh 22 tahun sudah punya Franchise), Bang
    Charles (Rantik, aduh cantik bener)..Mbak Izza (konsultasi nih..)..

    orang luar memandang… aduh team MLC mereka maju semua,… di
    tempat lain masih berdebat soal pom bensin..

    inilah yang namanya barokah. berkat buat kita semua..

    salam,
    Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM.

  7. Anonymous berkata:

    Dear mr. Roni

    Saya sangat interest dengan tulisan berjudul “INSTANT
    CASHFLOW” dan “MENINGKATKAN OMSET ….”, dan kalo
    tidak keberatan saya ingin lebih tahu dan mendalami
    tentang ‘street smart’ dan buku Mark G Nolan, dimana
    saya bisa mendapatkan dan belajar tentang buku
    tersebut.
    Sebagai referensi saat ini saya karyawan yang punya
    usaha HP+voucher di Gresik dan sudah beroperasi selama
    5 tahun, tapi belum menemukan momentum yang pas untuk
    mengembangkan usaha saya, untuk itu mohon
    pencerahannya…

    Faithfully,
    Joko Suroso

  8. Anonymous berkata:

    Halo Roni,

    Badroni adalah teman saya kecil saat SD kami bertetangga saat itu.
    Pertama kali saya ke perpustakaan saat SD kelas 4 atau 5 adalah karena ajakannya. Kami ke Perpustakan Masjid Istiqlal yang saat itu termasuk perpustakaan besar. Kita menaiki kendaraan umum ‘bemo’, walaupun pulangnya kami nyasar. Ini pengalaman kami pertama keluar dari lingkungan rumah yang cukup jauh, kami tinggal di Pademangan. Dari kecil memang dia telah menjadi kutu buku dan kreatif sekali. Dia selalu ranking kelas dan menjadi ketua kelas. Setelah lama tidak ketemu, saya pindah sekolah saat SD kelas 6, kami bertemu kembali di sebuah bus, saya menuju kantor di Jl Sudirman, dan di bus dia bercerita tentang bisnis kayunya. Sejak itu kami sering ketemu dan saya mengikuti perjalanan bisnisnya dan memang sangat menarik mengikuti kesuksesannya dan kini beliau hanya tinggal memetik hasil jerih payahnya. Dengan Blog ini sangat menarik dan menginspirasi saya untuk mengikuti jejaknya namun walaupun kini saya mulai berbisnis kecil2an belum mencapai kesuksesan seperti beliau. Dan apalagi saat ini saya pun masih terikat kerja dengan perusahaan lain.

    Roni, terima kasih atas semua yang elo udah shared ilmu dan pengalaman. Sangat membantu pengembangan diri gue, apalagi ditambah tulisan2 elo ini…sepertinya web blog elo udah gue masukkan sebagai situs wajib untuk dilihat tiap hari untuk memotivasi dan menginsipirasi diri gue…thanks teman…

    Iim
    iimfamily@yahoo.com

  9. anang, yb berkata:

    Thanks bung Roni!
    Trik Anda bakal saya praktekkan segera! Sama seperti Anda, saya pun kerja Layaknya orang malas: Modal internet dan cari klien juga ngandelin internet dan telepon. Lebih murah, lebih banyak waktu untuk nggodain anak!
    Bisnis saya agak langka: jualan foto-foto satelit. Sebagian dari NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) ada juga dari satelit swasta (amerika juga). Cara jualan mengandalkan order via email. Sesekali saya relakan sebagian fee saya untuk memikat pembeli.
    BTW, adakah bisnis via internet lain yang Mas Roni (atau rekan lain) rekomendasikan ? Kebetulan waktu luang saya masih sangat cukup longgar! #Salam, Anang, yb http://www.jejakgeografer.com/

  10. Scott Arthur Edwards berkata:

    Hello I am the traffic man, zip, zip, zip. make a new resolution to get a flood of traffic to your website this year. Let me show you how to get FREE traffic to your site. Yes I said FREE, FREE, FREE!!! Don’t delay.

    To find out more, visit my making money over the internet site. It successfully covers FREE information exposing FREE traffic and making money over the internet related stuff. Don’t forget – FREE, FREE, FREE. You have nothing to lose!

  11. Scott Arthur Edwards berkata:

    Dear friends, here is a really cool site that gives you a lot of FREE information that you can really use. Get FREE Daily and Weekly Foreign Exchange Outlook, Rates, Trends and Currency Shifts. Click here: FOREX

  12. Pak Roni,
    Tampaknya sudah aktif nge-blog sejak tahun 2005 ya? Herannya saya baru beberapa bulan ini betul2 ‘ngeh’ bahwa RY eksis di dunia ini dan itu pun berkat membaca review blognya di koran Tempo.

    Walaupun sudah mengenal blog sebelumnya, namun setelah membaca koran tempo itu lah yang membuat saya seperti menemukan telur kolumbus. Kalau mau ternyata blog bisa juga untuk mengasah life skill ya, demikian pikir saya ketika itu. Jadi di sinilah saya sekarang, belajar menulis, belajar mempertajam intuisi bisnis, melihat cara-cara orang lain melakukan bisnis lewat cerita-cerita keberhasilan dan kegagalan mereka di blog. Sekalipun tidak semua cerita-cerita itu termakan oleh pikiran, yang pasti cerita itu sudah memperkaya hidup saya.
    Terima kasih karena anda selalu berbagi

  13. Wah…sip nih..cuma pak kalo punya bisnis MLM online, gimana? apalagi MLM bagitu..agak susah yah pak, secara org2 sekarang banyak yg anti MLM..bpk ada ide?

  14. zulfikar berkata:

    sy berterimaksih dgn adanya ulasan untuk meng
    angkat omzet dari keuntungan bisnis, hanya saja
    ada yg ingin sy tanyakan apakah point2 tsb ber
    laku juga untuk bisnis jasa travel agent pener
    bangan dan kira2 bagaimana perhitungannya.tks

  15. Ping-balik: BBM Naik, Inflasi Tinggi, Apa yang Bisa Kita Lakukan? « Business and Beyond By Badroni Yuzirman

  16. wah..bagus sekali ini p’, tetapi bagaimana untuk yg blm punya toko, saya sedang mencoba berbisnis via online , kok ngga ada yg beli ya p’ hik..hiks..udah pasang iklan tp ngga satupun yang beli jd bikin semangat kendor lagi nih, adakah saran dari bapak, terimakasih sebelumnya

  17. Ilmu yang aplikatif, harus dicoba di TKP kemudian hasilnya buat testimoni. Siapa tau dengan belajar marketing dari pakarnya bisa mendongkrak penjualan sampai 1000 %

  18. Pertanyaannya: Apakah dalam prakteknya kita bisa menaikkan keseluruhan 5 point Business Chasis itu secara bersama2 ya?
    Soalnya dalam banyak hal, kita harus membuat pilihan2 dan pilihan terbaik (aka: menaikkan semua 5 point di atas) seringnya tidak dapat dilakukan.
    Mohon pencerahannya, pak.

  19. oky berkata:

    Mau tanya nih…Kalo boleh tau bagaimana cara untuk menaikkan Omset BBM Pertamax di SPBU Kami agar Signifikan. Kok sepertinya sulit juga menerapkannya ya? Berbagai jurus Promosi sdh kami coba al : dgn Pengundian Hadiah, Hadiah Langsung.Kiranya ada Kiat2nya, Mhn balasannya. Tks sblmnya.
    Salam.
    E-Mail : okyilhamsultan@yahoo.co.id
    atau
    Facebook : okyboys67@yahoo.co.id /okyilhamsultan

  20. Ping-balik: Lima Cara Meningkatkan Omset dan Keuntungan Bisnis Anda | tdadepok.com

  21. mau numpang neh
    bagi yang mau jadi distributor pulsa murah
    daftarkan segera no hp anda ke 087870452906
    tdak ada target,komisi bisa anda atur sendiri
    peluang masih butuh 4949 distributor lagi

    kesempatan terbatas

  22. echa berkata:

    klu swalayan gmn pak ya???pdahl brosur hadiah sudah dibuat…tpi tdak ada kenaikan yang signifikan…mohon bantuannya

    • jco adalah james berkata:

      kl boleh saya memberi masukan, ibu coba mulai dari meningkatkan pelayanan kepada costumer..
      bila mau mengadakan price, coba ibu hitung2 dulu berapa laba penjualan harian, bulanan..
      bila penjualannya memuaskan mungkin ibu bisa melanjutkan dengan brosur price utk menambah penjualan, bila laba nya kurang memuaskan ibu bisa coba selidiki dimana kesalahannya, dr produk, pelayanan, kebutuhan costumer

    • jco adalah james berkata:

      lebih baik bpk lebih menikatkan mutu, kualitas barang n pelayanan..
      maka costumer pun akan lebih melirik anda

  23. Ping-balik: Tips Lima Cara Meningkatkan Omset dan Keuntungan Bisnis Anda | The Power Of Corat - CoretAn

  24. jco adalah james berkata:

    tips bpk bagus dan membuat saya trinspirasi…
    tapi kita juga haru melihat saingan kita bila mau meningkatkan omset..
    seprti contoh diatas, bpk menaikan laba barang dari Rp 1000 menjadi Rp1100, bila saingan kita memiliki barang yang sama dan harga nya Rp 1000 maka pelanggan akan beralih ke toko lain, jangan kita meninginkan omset tinggi tapi kita lupa melihat pesaing kita..
    thankksss

  25. Ping-balik: Lima Cara Meningkatkan Omset dan Keuntungan Bisnis Anda | Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat @maharanicraft

  26. They are used for the same purposes as regular barns. “I learned to listen to books on tape so I didn’t get stressed at the drive,”
    she said. Go to your local farm or tack store and
    get a couple of signs for the equine liability law in your state and post them
    prominently in and around the barn.

  27. maap pk..aku mau minta saran.bagai mana cara mengembangkan usaha/membuka cabang.?saya jualan baso tahu.batagor. di seuatu pusat perbelanjaan di kota bandung.udah berjalan hampir 2 thn.nah skrang saya pingin buka cabang lagi gimana caranya .yang jadi permasalahanya tiap kali cari tempat.eh udah ada yang jualan seperti saya.tung2nya saya jadi males.mohon solusinya

    • Memang begitu. Makanya produk kita hrs punya nilai tambah, misalnya: dagingnya lebih empuk, kuahnya lebih enak, pelayanan lbh ramah dll. Kalau kita punya nilai tambah yang kita yakini unggul, insya Allah pede aja untuk buka cabang

  28. hal terpenting dalam memilih maupun akan menjalankan Business Opportunity,Franchise,atau Waralaba
    bukan semata-mata terletak pada seberapa bagus produk yang akan di jual,serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk tersebut.
    pernahkah terbayangkan tiba-tiba anda harus mengganti merek disaat business sedang berkembang pesat karena adanya tuntutan dari pihak lain atas Merek yang digunakan ?

    Sedangkan untuk mendapatkan konsumen yang loyal,kita harus selalu mengedepankan innovation. namun besarnya biaya untuk menebus sebuah innovation tanpa adanya perlindungan hukum terhadap merek merupakan langkah yang sia-sia,
    coba anda bayangkan berapa banyak waktu,tenaga,fikiran,bahkan uang yang terbuang demi tercapainya innovation sebuah merek.bagaimana rasanya jika merek tersebut di palsukan oleh competitors anda? Kesadaran akan pentingnya mendaftarkan merek dagang merupakan bukti nyata keseriusan anda dalam membangun sebuah business.

    inilah pentingnya fungsi daftar merek,desain industri,hak cipta,serta paten.

    Konsultasikan merekdagang anda segera pada http://www.ipindo.com konsultan HKI terdaftar.

  29. I absolutely love your blog and find a lot of your post’s to be precisely what I’m looking for.
    Does one offer guest writers to write content available for you?
    I wouldn’t mind producing a post or elaborating on most of the subjects you write regarding here. Again, awesome web log!

  30. Pak Rony, mau dong kontak mentor yg biayanya hanya 1jt/bln, soalnya denger2 kalau selevel action coach biayanya pasti mahal banget ya..saya juga pernah baca ulasan bapak di buku TDW dan INSTANT CASHFLOW

  31. Beberapa tahun yang lalu setelah baca majalah Intisari, saya mencoba mencari blog pak Roni.

    Saya ingat betul, ini adalah artikel yang pertama saya baca, lalu saya terapkan pada usaha saya dan Alhamdulillah berhasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s