Life, Mindset, Motivasi

Empat Pertanyaan Reflektif Menyambut 2014

Dalam satu kesempatan diskusi yang cukup menarik dengan kepala sekolah anak saya, di akhir perbincangan sang kepala sekolah mengomentari saya sebagai orang tua yang reflektif.

Saya tersenyum saja menanggapi statement itu, padahal tidak mengerti apa maksud dari orang tua reflektif itu.

Orang tua reflektif, apa itu?

Belakangan saya baca buku tentang leadership berjudul Do Nothing! karya J. Keith Murnigham. Dari buku ini rasanya saya menemukan kira-kira apa yang dimaksud kepala sekolah tentang orang tua atau pribadi yang reflektif itu.

Saya merasakan, tools yang diberikan penulis ini sangat berguna untuk pembelajaran dan pengembangan diri tanpa mudah menyalahkan faktor eksternal terhadap kegagalan kita.

Untuk menjadi pribadi yang reflektif, Keith Murnigham memberikan 4 tools pertanyaan untuk ditanyakan kepada diri sendiri saat menghadapi masalah atau tantangan:

1. Apa yang saat ini telah dicapai?
Pertanyaan ini untuk mendapatkan hal-hal yang sudah dicapai atau realitas saat ini. Dengan menjawab pertanyaan ini kita akan menemukan gap antara harapan dan kenyataannya.

2. Apa kesalahan yang saya buat?
Perhatikan, pertanyaan ini sangat keren dan kalau dibiasakan akan mengurangi kebiasaan menyalahkan pihak lain, apologi atau justifikasi.

3. Apa hal menarik yang ditemukan?
Pertanyaan ini akan membuka mata terhadap segala potensi yang bisa dikembangkan. Pertanyaan ini akan memancing imajinasi.

4. Apa yang akan saya lakukan untuk perbaikan?
Pertanyaan ini adalah yang “the ultimate”, action oriented dan fokus kepada solusi. Orang yang refkektif akan sibuk dengan perbaikan diri, bukan mengkritik atau menyalahkan pihak lain.

Saya pikir 4 pertanyaan ini bisa menjadi bekal di tahun 2014 bagi kita sebagai pribadi, orang tua, karyawan/profesional, pemilik bisnis atau apa pun peran kita saat ini.

Selamat tahun baru.

Standar

One thought on “Empat Pertanyaan Reflektif Menyambut 2014

Tinggalkan Balasan

