Instant Cashflow

Istilah ini saya temukan secara tak sengaja. Saat itu saya sedang bingung. Bisnis sedang menurun ke arah kebangkrutan. Iseng-iseng saya browsing di internet dan menemukan buku menarik karangan Mark G Nolan tahun 2003 lalu. Isinya sangat membuat saya shocking. Seolah-olah menelanjangi saya bulat-bulat. Apa yang saya praktekkan selama ini ternyata salah besar. Contohnya, saya menjual barang secara kredit dan akhirnya banyak piutang tak tertagih yang mengakibatkan cashflow menjadi berdarah.

Singkat cerita, akhirnya saya coba terapkan ide-ide tersebut ke dalam bisnis saya. Cerita selanjutnya adalah sejarah buat pribadi, bisnis dan keluarga. Dengan menerapkan prinsip-prinsip dari buku tersebut, bisnis saya berubah 180 derajat. Berikut ini adalah perubahan yang saya alami:
– Dulu cashflow minus menjadi surplus,
– Dulu mengejar-ngejar pelanggan sekarang dikejar-kejar pelanggan,
– Dulu margin tipis sekarang margin tebal,
– Dulu tidak ada waktu luang sekarang lebih banyak waktu luang alias menganggur
– Dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya jabarkan satu persatu.

Anda tertarik? Apa saja idenya?

Ide 1. Positive CASHFLOW yang berasal dari PROFIT. Profit atau laba adalah keuntungan usaha yang ada di dalam rekening anda. Uang yang benar-benar bisa anda gunakan. Jadi, kalau di pembukuan anda ada profit sebesar 100 juta, uang itu benar-benar bisa anda gunakan untuk beli mobil Avanza secara tunai! profit is a real positive CASHFLOW.

Ide 2. LEVERAGE. Bagaimana usaha saya bisa jalan tanpa kehadiran saya? Bagaimana caranya menjual 5000 produk sama ringannya dengan menjual satu produk. Anda butuh leverage atau daya ungkit. Anda bisa melakukannya dengan mendelegasikan pekerjaan anda. Anda juga bisa membuat sistim bisnis yang berjalan sendiri tanpa anda dengan cara menduplikasikan diri anda. Semakin banyak yang menduplikasikan pekerjaan anda maka anda akan semakin sukses.

Ide 3. Menjual jarak jauh dengan menggunakan SCIENTIFIC ADVERTISING. Beda dengan advertising biasa yang menekankan kepada pembentukan citra saja, Scientific Advertising adalah bentuk iklan yang menghasilkan cashflow saat itu juga. Cara beriklan ini juga dikenal dengan direct response advertising. Nilai estetika tidak jadi prioritas, yang penting adalah hasilnya. Lakukan test and measure. Jika gagal, langsung diubah atau dihentikan. Jika berhasil, dilanjutkan diperbaiki, dan ditambah frekuensinya. Scientific advertising adalah salesman anda yang mengetuk pintu ribuan prospek dan menjual produk secara otomatis, siang malam meskipun saat anda tidur pulas.

Kesimpulan: CASFLOW + LEVERAGE + SCIENTIFIC ADVERTISING = FINANCIAL FREEDOM

Anda percaya? Saya percaya, karena saya sudah membuktikannya.

14 pemikiran pada “Instant Cashflow

  1. How much should we know?
    If you watch television news stations, you’ve probably already heard that the latest missing white girl has been found .
    Hello. I really like your blog and look forward to visiting it often!

    I also have a targeted traffic website. It covers lots of targeted traffic related information.

    Please come and check it out if you can. It’s a perfect place to advertise your blog for free.

    Suka

  2. pak Roni,

    bagus sekali tulisannya. Cashflow dan Leverage, inilah yang saat ini saya kerjakan. Saya sendiri sudah merasakan “the power of cashflow”. Dengan memiliki cashflow yang tinggi, kita mempunyai kemampuan (bukan hanya kemauan) untuk ber-investasi.

    Baca tulisan2/pengalaman2 pribadi saya di http://www.richdad.com => community => discussion => Asia Pacifi => dalam subtitle “Jakarta: the implementation of Kiyosaki’s”.

    sukses,
    budi_rachmat@yahoo.com

    Suka

  3. pak Roni,

    bagus sekali tulisannya. Cashflow dan Leverage, inilah yang saat ini saya kerjakan. Saya sendiri sudah merasakan “the power of cashflow”. Dengan memiliki cashflow yang tinggi, kita mempunyai kemampuan (bukan hanya kemauan) untuk ber-investasi.

    Baca tulisan2/pengalaman2 pribadi saya di http://www.richdad.com => community => discussion => Asia Pacific => dalam subtitle “Jakarta: the implementation of Kiyosaki’s”.

    sukses,
    budi_rachmat@yahoo.com

    Suka

  4. Pak Roni yth,

    Salam kenal Pak Roni, nama saya Walujo dan saya adalah salah satu anggota milis EU. Setelah saya membaca e-mail Pak Roni, saya jadi tertarik untuk membaca (mempunyai) buku yang memberi banyak manfaat kepada Bapak, dimana Pak buku tersebut bisa didapat ? Apa ada di toko buku seperti Gramedia ?

    Saya menunggu pemberitahuan dari Bapak, dan atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam,

    Walujo.

    Suka

  5. Pak Roni…
    Menarik sekali sharing-nya.
    Saya sudah memulai membaca buku2 untuk memenuhi investasi pikiran saya, juga sudah mulai ikut seminar2. Kondisi saya saat ini sepertinya sama seperti pak Roni dulu.. bingung, saya sudah coba rintis usaha sana-sini, semua tabungan habis… akibat kesalahan saya dalam berbisnis, bermitra… saya banyak merenung.. kesalahan apa yang saya buat…

    Saat ini saya masih menjadi karyawan dan berkeinginan kuat untuk mulai usaha mandiri, Namun belum berani dan bisa berbuat banyak dulu selain sedang mengevaluasi diri dan mengumpulkan modal lagi.., juga mencoba investasi di pikiran …seperti kata pak Roni.

    Pak Roni bisa sharing buku “Mark G Nolan” nya… lewat email.

    Terimakasih atas sharing-nya.
    Salam
    Reza

    Suka

  6. Pak Roni,
    aku tertarik dengan istilah pak roni “Scientific Advertising”. Boleh nggak dikasih contoh
    penerapannya yang pernah Bapak lakukan. Maklum nih agak-agak tell me.
    Thank u pak roni.
    Salam,

    Mulia Sj

    Suka

  7. Pak Roni, tulisannya menarik sekali.
    Saya ingin bertanya tentang Scientific Advertising, tidak terlalu
    jelas saya lihat pada pargraph di atas. Bisa diberikan contohnya ?

    salam,

    -bank al-

    Suka

  8. YTH Pak Roni,

    Salam kenal sebelumnya.
    Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan yang mungkin bapak atau teman2 bapak pernah punya pengalaman.

    Saya ingin mencoba berusaha dibidang penjualan buku dan majalah, namun saya mengalami kesulitan karena minimnya pengalaman dan modal yang saya dan teman2 saya miliki.

    yang kami tahu untuk membangun sebuah toko buku pasti sangat besar modalnya, sehingga kami berniat untuk mencoba menjadi distributor dari berbagai penerbit, nah apakah bapak punya pengalaman dibidang ini, apakah modal yang diperlukan besar dan adakah trik2 yang harus kami lakukan untuk menjalin kerjasama dengan para penerbit?

    atau secara simpel pertanyaannya, apa yang harus kami lakukan untuk memulainya??

    Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

    PS: Buku Rujukan Scientific Advertising ada dalam bentuk bahasa Indonesia ngga pak?

    Roby Nurismartian

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s