Dibantu Mentor, Bisnis Jadi Lebih Gampang

Anda malas untuk memikirkan bisnis tapi ingin sukses? Anda baru belajar bisnis dan ingin langsung sukses? Anda berbisnis sambil kerja tapi bisnis tetap jalan dengan sukses? Jawabnya: cari mentor bisnis!

Istilah mentor bisnis atau business coach baru dikenal dalam dunia bisnis belakangan ini. Padahal prakteknya sudah lama dilakukan secara tidak sengaja di lingkungan bisnis. Mentor bisnis adalah seorang pelaku bisnis yang telah berpengalaman kemudian membagikan ilmunya kepada pebisnis yang baru mulai usaha. Di masyarakat kita banyak dipraktekkan misalnya seorang ayah yang membimbing anaknya atau seorang paman membimbing keponakan.

Kenapa kita perlu mentor?
Dengan bimbingan seorang mentor si pemula bisa belajar dan menduplikasi dari pengalaman sukses sang mentor. Jadi si pemula bisa mengurangi risiko kesalahan bila melakukan dengan caranya sendiri melalui coba-coba. Dengan demikian dia bisa menghemat waktu, uang dan tenaga yang terbuang bila harus coba dan gagal (trial and error).

Dalam dunia bisnis modern, cara ini banyak dipraktekkan. Contohnya dalam bisnis pemasaran jaringan atau multilevel marketing dan bisnis waralaba. Di bisnis MLM, keberhasilan seseorang sangat ditentukan dari sejauh mana ia bisa mencontoh dari seniornya yang sudah lebih dulu berhasil. Begitu pula di bisnis waralaba. Kita tinggal mencontoh sistim bisnis yang telah teruji berhasil selama ini.

Bagaimana caranya mencari mentor?

Belajar kepada kerabat dekat atau atasan.
Cara ini banyak dipraktekkan di masyarakat kita. Misalnya seorang kemenakan belajar kepada pamannya, atau seorang pengusaha yang sudah sukses kemudian membimbing karyawannya. Biasanya orang yang sudah sukses dengan suka rela membagikan ilmunya. Orang yang sudah sukses biasanya punya sifat keberlimpahan (abundance). Dia senang bersedekah, memberi ilmu kepada orang lain dan sebagainya. Cara belajar inilah yang paling efektif, karena belajar secara langsung. Sudah banyak kita saksikan contoh sukses melalui cara ini.

Mempunyai mentor pribadi
Sudah menjadi tren belakangan ini, yaitu mempunyai mentor pribadi yang bertindak sebagai guru pribadi yang akan mengajari kita seluk-beluk bisnis yang tidak kita ketahui. Dengan pertemuan rutin, seorang mentor akan membimbing selangkah-demi selangkah muridnya untuk menjalankan bisnis. Sudah ada beberapa lembaga dan pribadi yang melakukan hal ini di Indonesia, seperti: Tung Desem Waringin, Action International (Brad Sugars), Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI), Entrepreneur University, PT. Menara Kadin Indonesia, dll. Bisnis saya kembali sehat setelah dibimbing secara pribadi oleh Bapak Tung Desem Waringin. Terima kasih Pak Tung!

Melalui buku, kaset atau internet
Bisa melalui buku-buku, audio book atau website dari orang yang telah sukses kita bisa memperoleh banyak pelajaran berharga. Contohnya: Jay Conrad Levinson (Penulis buku Guerilla Marketing), Michael E. Gerber (Penulis buku E-Myth), Anthony Robbins (Penulis Awaken the Giant Within), Harvey Mackay, Brian Tracy, Zig Ziglar, dll. Saat ini di radio juga banyak mentor yang siaran melalui radio seperti di SmartFM, Pas FM, Ramako dll.

Melalui seminar atau pelatihan
Hampir tiap minggu seminar bisnis dan pengembangan pribadi banyak diselenggarakan di Indonesia. Kita bisa memperoleh banyak pelajaran darinya. Seminar-seminar dan pelatihan yang diselenggarakan oleh pembicara seperti Tung Desem Waringin, James Gwee, Kafi Kurnia, Hermawan Kartajaya, Ary Ginanjar, Mario Teguh, Rhenald Kasali, begitu diminati saat ini.

Apakah menggunakan mentor pasti sukses? Tidak, kalau nasihat mentor tersebut tidak anda lakukan. Pada saat mulai mentoring , saya banyak menganalisa dan membantah. Saya sering mengatakan bahwa idenya mentor itu mustahil atau tidak masuk akal. Akhirnya setelah saya mulai ‘nurut’, nggak banyak mikir dan punya sikap mau mencoba, maka hasilnya mulai terlihat.

Kesimpulannya, saat ini begitu gampang untuk menjadi sukses, karena sumber-sumber ilmunya berlilmpah. Buku, internet, majalah, radio, seminar, pelatihan mengenai pembelajaran bisnis banyak tersebar. Tinggal dipungut. Tidak seperti dulu, waktu saya kuliah, sangat sulit mencari sumber-sumber pengetahuan bisnis praktis seperti saat ini. Untungnya, saya sempat ikut MLM yang cukup banyak membantu saya mengembangkan pribadi dan wawasan bisnis.

19 pemikiran pada “Dibantu Mentor, Bisnis Jadi Lebih Gampang

  1. kalau baca blognya pak Roni apa gak salah pakai judul “The Indonesian
    Lazy Man’s Way to Riches”, mosok pemalas rajin banget hingga sempet
    bikin2 blog 🙂

    Tapi makasih mau share, bagi saya bagus banget buat memperkuat
    motivasi wirausaha….

    thx,
    muflih

    Suka

  2. terima kasih mas ronny tulisan anda saya sebarkan juga
    ke kawan-kawan lainnya. tulisan ini sangat bermanfaat
    wasalam

    Rezki Hakiki

    Suka

  3. kalau baca blognya pak Roni apa gak salah pakai judul “The Indonesian
    Lazy Man’s Way to Riches”, mosok pemalas rajin banget hingga sempet
    bikin2 blog 🙂

    Tapi makasih mau share, bagi saya bagus banget buat memperkuat
    motivasi wirausaha….

    thx,
    muflih

    Suka

  4. Perkenalkan jg nama saya Hendy Setiono, punya Bisnis usaha Kebab Turki Baba Rafi.

    Saya mungkin bisa disebut sebagai fans Berat Mr.Tung, saya telah mengikuti seminarnya LEBIH DARI 20X. Baik yg free maupun yg bayar, mulai dari turning trash into cash, hingga financial revolution di puncak. Dan kesan saya selama mengikuti seminar beliau, LUAR BIASA dan tidak pernah membosankan, walaupun kadang saya sudah hafal ucapanya dalam setiap seminarnya.

    Dan bagi saya yg masih berumur 22th, mengikuti seminarnya dan mengaplikasikannya adalah hal yg luar biasa. hingga bisa menghasilkan income “maaf” rata2x diatas 30jt/bulan, adalah hal yg tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Saya jg berhasil melipatgandakan asset saya.

    Demikian sukses story yg dpt saya berikan, smoga dapat memberikan hal positif ini kpd yg lain.

    Hormat saya

    Hendy Setiono

    Suka

  5. Halo Mas Roni,

    Selamat ya, anda akhirnya bisa bangkit lagi dari
    kegagalan.. memang keberhasilan tidak ditentukan pada
    saat sukses, namun pada saat gagal, apakah kita bisa
    bangkit lagi..

    mari kita bersama-sama saling mendukung, melawan
    keraguan, melawan rasa pesimis, melawan rasa takut,
    melawan musuh bersama kita… kegagalan.

    salam,
    Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
    —————————————
    Franchise Consultant
    TALENT BOX
    Mall Ciputra LG-06
    Grogol, Jakarta Barat
    Tel. (021) 560 6528

    Suka

  6. Pak Roni, kira-kira mentor bisnis tuh kalau ga gratis artinya kita harus
    bayar berapa pak ??
    kira-kira kalau posisi saya di Surabaya, ada ga ya mentor bisnis yang
    bisa membantu ?

    Stefanus

    Suka

  7. Sebelumnya saya jg salute to mr.rony yg berhasil mengembangkan toko busana muslimnya mannet vision hingga seperti saat ini, terus terang saya jg mengaplikasikan ilmu yg diterapkan oleh p.rony yg sering diajarkan p.tung dlm seminarnya marketing revolution. Dijadikan contoh pd seminarnya p.tung berarti anda pasti mempunyai bisnis yg luar biasa.

    Saat ini saya sedang menggeluti usaha kebab turki baba rafi, dan telah berkembang hingga 23 outlet di surabaya, gresik, sidoarjo, malang, dlm waktu 2 tahun. Dan nantinya akan terus berkembang dikota2x besar lainnya di seluruh indonesia.
    Sedang dirancang dlm konsep waralaba yg saat ini saya meng-hire konsultan franchise, the bridge, untuk dikonsepkan bisnis yg lebih baik lagi.

    Bisnis Saya jg pernah diliput oleh majalah pengusaha 4/2005, tabloid jjmedia, radio pas fm, radio jjfm, dll.

    Yah mudah2xan, saya bisa sukses seperti yg lainnya di millis MLC ini. Salam kenal jg buat yg lain, terutama Mr.Goen

    Hendy setiono

    Suka

  8. Halo pak Roni, selamat ya, Anda sudah dapat mengimplementasikan apa yang para pakar bisnis tuliskan. Apa yang Anda tulis adalah pengalaman Anda yang sekaligus membuktikan bahwa apa yang ditulis oleh Robet Kyosaki, Anthony R, Tung DW, dll bukan omong kosong.
    Semoga dengan pengalaman anda, dapat memperkaya wawasan bisnis para entrepreneur dan calon entrepreneur.
    Sukses buat Anda.

    Suka

  9. Our network has been looking for a Multilevel business like yours to list in our World Directory & our forum.

    Hey, there is no cost and it will only take a few minutes for you to register!

    Your Silver Fox Business Building Team helping build your Multilevel business!

    Suka

  10. Informasi Peluang Bisnis QI GROUP

    Sifat Dasar Usaha : Franchise

    Sistem Usaha : FLAT Marketing

    Divisi Usaha :
    1. Telekomunikasi
    2. Pariwisata
    3. Kesehatan
    4. Perhiasan
    5. Tiket & Tour
    6. Otomotif

    Penjelasan Ringkas :
    Baru ingin berbisnis atau Anda memang ingin menjadi pengusaha muda (Entrepreneur)? Tapi tidak ingin repot dengan segala urusan stok barang, pengiriman, sewa toko, gaji pegawai, dan lain2. Maka Peluang Bisnis QI Group tepat untuk Anda! Bisnis QI menerapkan peluang bisnis E-Commerce sama halnya seperti Amazon.com yang merupakan Toko Online terbesar di dunia. Bisnis QI pun membuka Toko Online yang dapat di akses hingga ke 180 negara di dunia, dengan memfokuskan bisnis pada 5 divisi usaha yaitu ; Telekomunikasi, Pariwisata, Kesehatan, Perhiasan, Tiket & Tour. Anda berkesempatan untuk mempromosikan produk – produk QI, dengan potensi penghasilan US$ 250 – US$ 15,000/Week (Komisi per-produk adalah US$ 42/Unit).

    1. Biaya Investasi relatif terjangkau (mulai Rp.100ribu s/d Rp.2,9Jt), sudah termasuk Virtual Office (Toko Online Pribadi)
    2. Komisi Flat (sama rata) US$ 42/Unit
    3. Kantor perwakilan QI berlokasi di pusat bisnis WTC Sudirman Jakarta, melayani Customer Service 24 Jam
    4. Kantor bisnis QI menyediakan exclusive room untuk meeting & presentasi
    5. Tingkat resiko bisnis yang rendah
    6. Tersedia mentor pembimbing

    Info lebih lanjut : http://infofranchise.blogspot.com
    Contact person : 0856.9922.596 (Benny Wicaksono)

    Suka

  11. saya lagi berusaha dalam perdagangan di kantor dadandasaya ingin kantor saya berkembang karena bisnis kaos danlain-lain tetapi kadang saya terkendala dg pemasaran dam dengan semua masalah yang ada disini, makasih

    Suka

  12. Mentor memang sangat berguna untuk membantu kita dalam mengembangkan bisnis. Akan tetapi, hati-hati dalam memilih mentor bisnis karena sekarang banyak sekali orang yang menjadi mentor bisnis padahal mereka senidri tidak pandai berbisnis.

    Suka

  13. Terima kasih ya tulisannya, memang untuk memulai dan mengembangkan bisnis, apalagi dalam bisnis online kita memerlukan seorang mentor yang sudah pengalaman. Sukses ya untuk bisnisnya, terima kasih sudah berbagi. Salam sukses dari mentoring bisnis online

    Suka

  14. Terima kasih untuk tuliannya yang sangat berguna dan inspiratif. memang kususnya pemula penting memiliki seorang mentor bisnis. Sukses buat bisnis nya ya gan. Salam sukses dan salam kenal dari mentoringbisnisonline

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s