Buku-buku yang Mengubah dan Melejitkan Bisnis Saya

Sejak kecil saya akrab dengan buku. Semua bacaan saya lahap, mulai dari komik Tatang S, petualangan Enid Blyton, Alfred Hitchcock sampai dengan buku-buku sastra Danarto, Umar Kayam, Paulo Cuelho atau buku agama Sayyid Qutb, Aidh Al Qarni yang serius. Tapi saya tidak suka baca buku pelajaran sekolah. Tidak menarik.

Dibandingkan teman-teman sebaya saya yang suka bermain di luar rumah, saya lebih senang meringkuk di kamar saja, menghabiskan waktu berjam-jam dengan membaca. Orang tua saya sering komplain, bahwa saya ini pemalas. Waktu disuruh jaga toko (orang tua saya adalah pedagang ritel), saya lebih suka duduk diam membaca, bukannya melayani pembeli.

Sebagai seorang yang selalu mencari jawab terhadap pertanyaan-pertanyaan yang saya hadapi, saya cenderung mencari jawabnya dari buku. Termasuk saat saya menghadapi persoalan-persoalan dalam bisnis yang saya jalankan.

Berikut ini adalah daftar buku yang telah mengubah kehidupan saya, khususnya dalam berbisnis. Kriteria saya adalah bila buku tersebut terus saya rujuk setiap mengadapi permasalahan. Jadi buku itu bisa saya baca berkali-kali.Tidak banyak buku yang memenuhi kriteria ini. Mungkin hanya 5% dari total buku saya.

Ini dia buku-bukunya:
1.The Seven Habits of Highly Effective People karya Stephen R. Covey. Semua orang sudah tahu betapa powerfulnya isi buku ini. Saya kenal buku ini waktu masih kuliah tahun 1994 dan sampai sekarang masih terus mempelajari dan berusaha mempraktekkan isinya.

2. Unlimited Power oleh Anthony Robbins. Buku ini saya beli dari pedagang buku loak yang sedang bazaar di kampus saya tahun 1998. Tahun 2002 saya berkesempatan mengikuti seminarnya Unleash the Power Within di Singapura bersama Pak Tung Desem Waringin. Di sinilah saya bertemu beliau. Beliau juga telah membantu menjadi pelatih bisnis saya.

3. Benih-benih Kebesaran oleh Denis Waitley. Saya beli tahun 1994. Saya pikir buku ini cukup komprehensif dibandingkan buku sejenis pada saat itu.

4. Quantum Learning oleh Bobbi DePorter & Mike Hernacki. Buku ini mengajarkan bagaimana belajar dengan lebih menyenangkan. Sayangnya buku ini saya beli tahun 1999, setelah lulus kuliah dengan nilai yang pas-pasan.

5. Rich Dad Poor Dad dan The Cashflow Kuadran oleh Robert T. Kiyosaki. Saya beli tahun 2001 secara tidak sengaja. Sampai sekarang saya sudah mengoleksi selusin buku serinya, meskipun belum banyak yang saya praktekkan.

6. The One Minute Millionaire karya Mark Victor Hansen dan Robert G. Allen. Buku ini juga sangat powerful. Inspiring dan praktis juga.

7. Kekuatan dari Fokus oleh Jack Canfield, Mark Victor Hansen dan Les Hewit. Buku ini semacam peta (road map) bagi saya. Aplikatif.

8. Who Moved My Cheese? Oleh Spencer Johnson MD. Buku ini telah berhasil memprovokasi saya. Saya tutup tiga toko saya di Tanah Abang dan akhirnya berbisnis dari rumah saja.

9. Seri Buku dari Brad Sugars. Ada sekitar 8 bukunya yang saya koleksi di antaranya: Instant Leads, Instant Sales, Instant System, Instant Team Building, dll. Buku-buku tersebut telah berhasil membuat bisnis saya menjadi lebih mudah dijalankan.

10. The E-Myth Revisited karya Michael Gerber. Buku ini adalah ‘suhu’nya dari segala buku small business. Buku wajib.

11. Tipping Point oleh Malcolm Gladwel. Ternyata hal-hal kecil yang kadang kala tidak kita perhatikan justeru menjadi faktor perubahan besar dalam kehidupan dan bisnis kita.

12. Piece of Mind oleh Sandy MacGregor. Buku ini telah mengubah saya yang sebelumnya sibuk nggak karuan menjadi lebih santai, tenang dan easy going.

13. Instant Cashflow oleh Mark G. Nolan. Meskipun saya dapat secara gratis, E-book ini telah mengubah bisnis saya menjadi seperti sekarang ini. Terima kasih, Mark Nolan.

Daftar ini mungkin akan bertambah terus. Tapi, untuk mendapatkan buku-buku dengan kriteria tersebut di atas cukup sulit. Dari ratusah koleksi saya, tiga belas ini lah yang memenuhi kriteria saya.

Anda juga punya buku-buku yang seperti ini? Kalau ada dan saya belum tahu, tolong beri tahu saya ya…

22 pemikiran pada “Buku-buku yang Mengubah dan Melejitkan Bisnis Saya

  1. Hi Mas Roni,
    saya tidak kenal Mas Roni,
    saya tahu blog ini karena ada yg posting tulisan Mas di milis iaitbjakarta.

    sangat menarik tulisan2nya Mas, Inspiring….

    Mudah2an blog ini terus2an hidup ya, biar bisa menginspirasi orang banyak….

    salam, Mikail

    Suka

  2. Terima kasih Pak Mikail. Saya senang bila tulisan tersebut bermanfaat bagi orang banyak dan bisa dipraktekkan.

    Salam,

    Roni

    Suka

  3. Pak Roni kayaknya kita mirip deh… saya plg malas kalo belajar cmn kalo masalah nilai jgan tanya dech saya selalu the best sampai lulus kuliah. Yg membedakan sekarang Pak Roni sukses tapi saya belum. tapi saya TDA jg sekarangs setelah kerja di Batam dan ikut konimex solo.
    Saya jg senang membaca buku kayak pak roni. lima sekawan, trio detective, agatha cristie sampe harry potter. juga bukunya David Swarch Berpikir dan berjiwa besar, Bermimpi Besar, trus Dale Carnegie, Andrias Harefa itu yg mengubah mindset saya. tp blum berhasil sukses jg kenapa yah ?….

    salam

    Arif Wijaya

    Suka

  4. hi,mas roni saya teguh dari penerbit erlangga,
    saya punya banyak koleksi buku2 tentang motivator
    klo tertarik call me di 08122099398 or 02292461564 or
    or 02276050407

    Suka

  5. Thanks atas sharingnya mas.

    Salam kenal dari saya Made Sariada di Bali. Saat ini buku yang telah menginspirasi saya banyak yaitu Financial Revolution dan tengah mendalami (memahami) buku Berpkir dan Berjiwa Besar dan juga Bagaimana Mewujudkan Impian Anda…Lumayan provokatif.

    Keep inspiring.

    Made

    Suka

  6. Saya juga pencinta buku bisnis. Koleksi saya baru sekitar 70an. Semoga saya bisa TAKE ACTION dan sukses spt Mas Roni yaa.. 🙂

    Suka

  7. Ass.
    Wah sdh 3 posting sy klik disini dalam 1 mlm he he
    soalnya blog ini walah wuakeh isine rek n full inspirasui.
    trus soal buku atau apa ehm …kebanyakan kok dibisnisin ya
    saya baca ESQ eh ujung2nya ngajak workshop yang duiaynya ehm alamak….quantum ikhlas apalagi mhn maaf kl dari investasinya bisa gak ikhlas walau emang banyak hal yg saya dapatkan.Cuman lagi-lagi hanya kita aja yg punya duit yg bisa beli n baca buku.Nah tukang becak n yang lain gmnn?
    si quantum ikhlas ada ungkapan yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin yah jelas tho lha untuk tahu buku ini mana ada kaum papa yang sanggup beli …
    makanya saya kok agak tertarik dengan TDA n forum ini pas aya baca seminar biaya 75rb wah mendekati lha ..insyaALLAH tukang ojek sanggup ikut dari pada yg lain EU,Action Coach dll dsb.
    Maaf ini kegelisahan saya saja mas… makanya agak panjang.
    So…gmn jika forum TDA lebih berkiprah lagi kedaerah n investasi seminar lebih ditekan lagi biar warga yang pas bisa ikut juga kalau perlu bikin acara dilapangan terbuka.GRATIS !!!
    saya kok jadi kangen sama AA GYM ya he he…
    mediasinya 50:50 ada yang gratis ada yang berbayar juga.
    kalau sekarang beliau gak laku kata orang tapi haqul yakin masih banyak yang kangen sama sentuhan qalbu.
    Tks mas untuk tumpangan uneg2nya.

    wassalam,
    silaturahmi

    Suka

  8. Assalamualaikum Mas Roni,
    salam kenal, saya pertama kenal mas Roni setelah liat link AST Laundry kebetulan mau terjun ke bisnis itu. sangat tertarik membaca blog Mas Roni, sunggung inspiring!!
    Kalo saya salut dengan bacaan mas Roni di atas karena memang buku tsb top banget sebagian sudah pernah saya baca. Saya rasa semua buku pada intinya bagus apabila kita mampu melihat manfaatnya.
    semoga selanjutnya bisa bersilahturahmi dengan mas Roni, kalo di Surabaya.

    Terima kasih

    Suka

  9. Bravo ! hanya ini yang bisa saya ucapkan. thanks. hampir tiap hari saya berkunjung ke blog anda, marilah kita beramal dengan membagi ilmu secara cuma-cuma. Bangsa kita sudah sangat sakit perlu obat. Membagi ilmu tidak kalah penting dengan membagi sembako, malah lebih penting karena bisa dipakai selamanya. sembako 1 atau 2 jam sudah berganti tempatnya.

    Suka

  10. Assalamu’alaikum mas Roni yuz yuz maknyuz.
    Hehehehe…ma’af bos kalau kt baru kenal sdh main pleset plesetan. biar tetep happy gitu.
    Selamat pagi & salam silaturrahmi nan sukses buat “mbah guru entrepreneur” sy yg br. yang jelas sy akan langsung “action” ilmu2 yg mbah guru sampaikan.
    Maturnuwun
    WINARSO, SPL
    Alumni EU 1 Tegal.

    Suka

  11. Review yang menarik sekali, Mas Roni 🙂
    Kalau saya boleh tambah satu lagi,
    “Alchemist, oleh Paulo Coelho”

    Tentang seorang pemuda yang mengejar impiannya, banyak kata-kata bijak di dalamnya.

    Salam,
    Nadya Fadila

    Suka

  12. Tulisan2 mas Roni ni emang selalu attractive..
    Wise word-nya mas Roni: “Words can inspire, thougths can provoke, but only action brings you closer to your dream..Take action miracle happen, no action nothing happen” ini masih tertempel di meja kerja saya hingga hari ini (4-thn). Setiap teman yang lewat pasti akan membaca dan bertanya tentang sosok Roni Yuzirman ini sehingga menjadi idola saya?

    Warm regards from Tripoli, Libya.

    Suka

  13. terima kasih atas informasinya ,insya ALLAH isi dari buku2 tersebut akn sya praktekkan agar bisnis yg saya jalankan sekarang lebih berkembang…AMIN…
    saya lagi jalani bisnis yg dasyat nich,kita bangun keSUKSESan bersama……..
    kalau ada yg berminat hubungi saya di 087817190840
    ”JANGAN PERNAH BERHARAP KESUKSESAN AKAN MENJEMPUT KITA,TAPI JEMPUT LAH KESUKSESAN ITU DENGAN KERJA KERAS DAN KEULETAN TANPA MENGENAL LELAH,,SUKSES ITU SULIT TAPI JAUH LEBIH SULIT KALAU KITA TIDAK SUKSES”

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s