Wealth = Value x Leverage

Masih ingat cerita tentang penangkap kupu-kupu dengan jaring dan taman?

Tulisan ini ada kaitannya dengan cerita itu.

Di awal blog ini (November 2005) saya juga pernah cerita yang kurang lebih sama maksudnya, yaitu tentang faktor kali atau pengungkit atau leverage.

Leverage sangat dibutuhkan dalam bisnis, sebagai percepatan dalam segala hal.

Tapi, jangan lupa, anda harus mempunyai value yang ditawarkan. Jangan hanya sibuk melakukan leverage aja.

Orang yang sibuk meleverage, kira-kira nasibnya akan berakhir seperti si penangkap kupu-kupu dengan menggunakan jaring.

Orang yang melakukan penambahan dan pengembangan nilai akan bernasib seperti si penangkap kupu-kupu dengan membangun taman yang indah.

Mau contoh konkretnya lagi?

Ingat kisah tentang berdirinya perusahaan Kino? Itu lho, yang bikin permen Kino yang sekarang telah berkembang pesat menjadi beberapa perusahaan.

Dulunya grup Kino itu adalah sebuah perusahaan distributor besar produk consumer goods di Kalimantan. Salah satu produk andalannya adalah penyegar Cap Kaki Tiga dari Sinde Budi Sentosa.

Singkat cerita, entah kenapa tiba-tiba kedistributorannya dicabut secara sepihak oleh principalnya dari pusat.

Habislah perusahaan itu, lantaran semua upaya telah dilakukan untuk membesarkan merek prinsipalnya itu.

Dari cerita ini terlihat, bahwa perusahaan distributor itu punya keunggulan dalam melakukan leverage. Hampir seluruh wilayah Kalimantan berhasil dikuasainya.

Tapi, celakanya value (nilai) tidak dimilikinya. Value dimiliki oleh si principal di Jakarta. Ketika hak kedistributorannya dicabut atau dipindahkan ke pihak lain, matilah dia.

Hal ini juga terjadi dalam kasus kedistributoran handphone merek Samsung. Distributor tunggal yang tadinya bersusah payah membangun merek ini dari awal, nasibnya pun berakhir kurang lebih sama dengan kasus Kino di atas.

Pelajaran apa yang bisa diambil dari kedua kasus itu?

Ya, kedua perusahaan itu sibuk melakukan leverage saja, namun lupa membangun value. Sementara perusahaan principal adalah pemegang value dan menggunakan mereka sebagai leveragenya.

Jadi, ketika anda berbisnis, jangan hanya sibuk me-leverage aja. Bangun juga value secara bersamaan.

Ingat rumus ini, WEALTH = VALUE X LEVERAGE.

Salam FUUUNtastic!

Wassalam,

Roni,
Owner, Manet Busana Muslim

NB – Agenda TDA Minggu ini: TDA Bussiness Conference at Y!M akan dilaksanakan :Hari : Sabtu 4 Agustus 2007Pkl : 14.00 – 16.00Materi : ” Bagaimana berubah dari manusia 1 % menjadi 101 % “Narasumber : Bapak James Sastrowijoyo ( Property ). Silakan daftar ke irfan_andriana.

NB 2 – Agenda TDA Resouces: Workshop Ritel Busana Menyambut Bulan Puasa. Hari Minggu 5 Agustus 2007, jam 14- selesai. Tempat: tentative. Keterangan: Fully booked!

NB 3 – Agenda TDA 11 Digit Club: Pertemuan Rutin Bulanan, Senin 6 Agustus 2007, jam 10.00 – selesai (bisa sampai malam). Tempat: VIP Room Primavera Cafe, The Bellezza Shopping Arcade. Khusus untuk member TDA 11 Digit Club. Ket: Fully Booked.

NB 4 – Agenda TDA Management: Evaluasi dan Perencanaan TDA Management menyambut Milad ke-2 TDA dan regenerasi pengurus TDA-M. Jumat, 3 Agustus 2007, jam 18.30 – selesai, tempat RM Ciganea, dekat Jl. Sabang. Ket: Khusus pengurus TDA-M dan Founder TDA.

NB 5 – Update perkembangan kerja sama TDA – Tip Top. Kemarin diputuskan untuk tidak mengambil tawaran space di Tip Top Depok karena terbatasnya waktu dan kurangnya member di wilayah itu. Diputuskan untuk mengajukan tawaran ke untuk Tip Top Pondok Gede dengan menawarkan sebuah konsep baru yang tengah digodok oleh tim TDA (Pak Rosihan, Pak Anto, Pak Didin, Pak Hantiar).

Satu pemikiran pada “Wealth = Value x Leverage

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s