Books and Learning, Business, Komunitas TDA

Saya Adalah Pencari dan Penebar Hikmah*

Alhamdulillah, akhirnya sempat ngeblog lagi. Maklum, laptop masih error. Insya Allah pekan depan sudah normal lagi dan bisa ngeblog seperti biasa.

Nggak ngeblog sehari aja, rasanya ada bagian dari diri saya yang ‘hilang’ (segitu addictednya…).

Ya, saya suka sharing. Suka cerita apa saja dengan teman-teman. Jadi, ngeblog rasanya seperti bercerita dengan teman. Misalnya, saya ada sesuatu yang baru didapat, rasanya pingin segera sharing dengan teman dekat. Cerita apa aja…

Makanya, rasanya blog ini jadi ‘sempit’ kalau hanya cerita soal bisnis doang. Tapi, katanya blog itu temanya harus segmented, harus ada niche pembacanya. Saya percaya itu, tapi kadang-kadang saya tidak peduli itu. Blog ini jangan mengintimidasi kita, mengendalikan kita. Blog itu harus “membebaskan”. It’s supposed to be FUN!…

Beberapa hari ini saya banyak di luar, off line. Urusannya macam-macam. Ya bisnis, keluarga, olah raga, ke dokter. Macam-macam.

Jadi, kalau mau diceritain satu satu susah juga. Soalnya, menarik semua. Paling tidak bagi saya. Saya ini kan seorang “pembelajar”, atau “pencari hikmah”. Ke mana aja, indera saya selalu waspada terhadap “hikmah” yang tercecer itu. Pasti akan saya pungut.

Kemarin lusa ketemu teman yang sudah cukup lama nggak ketemu. Kami berbagi cerita. Namun, ceritanya lebih menarik.

Waktu terakhir ketemu, dia adalah seorang pebisnis yang baru saja bangkrut. Kondisinya, minus 2,5 miliar hutang. Itu kurang lebih 2 tahun yang lalu. Sekarang bisnisnya macam-macam. Yang paling fenomenal adalah bisnis rumput lautnya yang tersebar di 13 propinsi dan menghasilkan profit 10 miliar tahun kemarin. Waw!

Itu baru salah satu bisnisnya. Bisnis yang lain adalah sebagai franchise operator dari sebuah perusahaan semen dan furnitur. Angkanya juga gila-gilaan.

Dia menyimpulkan, utang 2,5 miliar itu nggak ada apa-apanya. Dia sudah buktikan setelah bangkit kembali dalam waktu singkat dan menghasilkan jauh lebih besar dari pada bebannya itu.

Kemarin ketemu teman yang sampai sekarang masih takut mulai bisnis lagi dan tetap jadi TDB. Dia pernah bangkrut dan rugi 100 juta. Itu 5 tahunan yang lalu.

Menurut saya dia rugi lebih dari 100 juta. Waktu 5 tahun itu nilainya lebih dari segitu. Mentalnya sulit untuk bangkit lagi. Menurut saya, dia rugi total. Ya rugi uang, ya rugi mental.

Jelas sekali perbedaan antara teman saya yang pertama dan kedua. Yang pertama ini tipe “badak” menurut saya. Kulitnya tebal. Punya utang 2,5 M baginya hanya angka saja. Nggak mengganggu mentalnya. Beda dengan tipe teman yang kedua. Dia lebih suka mencari jalur yang aman. Baginya, kerugian itu begitu memukul sehingga membuatnya enggan bangkit selama bertahun-tahun. Padahal, dia juga nggak kalah pinternya. Seluk beluk bisnis begitu dipahaminya dari berbagai seminar dan buku. Knowing is something, but action is everything kata Pak Tung.

Demikian sedikit hikmah dari pertemuan saya kemarin. Sebenarnya masih banyak yang mau saya sharing. Nanti deh, saya cicil.

Kemarin juga saya menghadiri undangan dari Sucofindo yang mengadakan gathering dengan mitra binaannya. Mata saya jadi terbuka. Ini bisa jadi peluang buat member TDA untuk ikut jadi mitra binaannya. Sucofindo hanyalah salah satu dari BUMN yang melakukannya. Sayang, kalau TDA tidak memanfaatkannya.

Salam FUUUNtastic!
Tetap semangat. Make your day a masterpiece!

Wassalam,

Roni,
Owner, Manet Busana Muslim

* Judulnya rada maksa. Soalnya saya nggak tau postingan ini mau diberi judul apa 🙂

NB – Selamat menempuh hidup baru buat Bu Doris. Semoga jalan yang dipilih ini bisa membawa anda mencapai impian. Ya, besok adalah hari terakhirnya menjadi TDB dan lusa adalah hari pertamanya sebagai seorang yang bebas merdeka, seorang TDA.

Standar

2 thoughts on “Saya Adalah Pencari dan Penebar Hikmah*

Tinggalkan Balasan

