Business, Peluang Bisnis

Peluang Itu (yang Tanpa Modal)

Ternyata banyak juga yang tertarik dan penasaran dengan peluang yang saya tawarkan kemarin. Beberapa email dan tanggapan di shoutbox masuk menanyakan hal ini.

Oke, sekarang saya jawab satu persatu dulu. Pertama, yang tanpa modal, kemudian yang modal sedikit dan yang modal lumayan (puluhan sampai ratusan juta). Penjelasannya akan saya bagi dalam 3 postingan berbeda.

Pertama, peluang tanpa modal.

Mungkin anda nebak, pasti ini ada hubungannya dengan jualan, menjadi perantara (middleman), calo atau makelar.

Jawabannya adalah: ya! Kurang lebih seperti itu.

Produknya apa? Imbal jasa, komisi atau fee-nya berapa?

Sebelum saya jawab, saya cerita sedikit dulu latar belakangnya.

Beberapa hari lalu saya bertemu teman lama. Usianya baru 32 tahun, belum menikah tapi secara finansial ia sudah freedom. Pensiun. Karena hasil dari bisnisnya sudah lumayan buatnya.

Teman ini – yang namanya belum bisa saya sebutkan karena ia katanya tidak mau dikenal banyak orang – juga seorang konsultan bisnis dari World Bank, Vice President dari salah satu perusahaan grup Bakrie dan satu lagi line bisnisnya yang unik: franchise operator.

Istilah franchise operator ini belum dikenal secara umum, karena istilah ini adalah penemuannya. Bedanya dengan franchise consultant, franchise operator ini terlibat hampir di seluruh aspek bisnis yang difranchisekan. Istilah lainnya adalah outsourcing. Jadi, si pemegang merek atau bisnis tidak usah repot-repot lagi, tinggal tunggu beres dari si operator ini.

Sekarang ini ia sedang mengoperasikan dua buah brand, yaitu Holcim (bahan bangunan, semen) dan Furnimart (furniture, grup Olympic).

Darinya saya baru tahu kalau Holcim itu dikembangkan secara franchise. Brandnya adalah Solusi Rumah. Konsepnya adalah menjadi solusi bagi orang yang ingin membangun rumah. Customer tinggal menceritakan apa yang diinginkannya, Solusi Rumah kemudian memberikan solusinya; mulai dari disain sampai jadi. Tentu saja akhirnya customer itu akhirnya menggunakan semen dan bahan bangunan dari perusahaan itu. Terbayang kan, berapa nilai dari transaksi itu?

Ini adalah konsep franchise terobosan baru, unik dan punya competitive advantage yang sulit ditiru oleh franchise lain yang kebanyakan bermain di sektor jasa, makanan, pendidikan dan sebagainya.

Saat ini, teman saya diberi tanggung jawab mengembangkan cabang di seluruh pulau Jawa. Targetnya sekitar 150 cabang. Nilai investasi per cabang, sekitar Rp. 2 miliar, termasuk franchise fee.

Nah, peluang yang ditawarkannya adalah menjadi channel pemasaran franchise opportunity ini dengan fee yang menawan tentunya.

Holcim adalah salah satu peluangnya. Selain itu ada juga peluang lain yaitu franchise Furnimart dan franchise pembuatan pabrik granit. Pabrik granit ini skala home industri tapi dengan teknologi tinggi dari Jerman dan sudah dipatenkan di puluhan negara. Teknologinya sederhana, tapi harga bersaing dengan yang sudah ada di pasar. Produk itu kualitasnya sama dengan granit buatan tapi harga di bawah keramik. Can you imagine?…

Mungkin sampai di sini dulu informasi awal dari saya. Informasi lengkapnya masih saya tunggu email dari teman saya ini yang sekarang berada di Pekalongan. Ya, ia selalu keliling pulau Jawa. Waktunya di Jakarta mungkin hanya 2-3 hari saja setiap bulannya.

Salam FUUUNtastic!

Wassalam,

Roni,
Owner, Manet Busana Muslim

NB – Maaf, email yang masuk ke alamat saya banyak yang tidak sempat saya balas saat ini karena laptop saya masih diperbaiki. Jadi saya online sekali-sekali aja, kalau sempat dan kalau ada komputer nganggur di kantor. Harap maklum…

Standar

5 thoughts on “Peluang Itu (yang Tanpa Modal)

  1. puspabali berkata:

    Yth. Pak Roni
    Saya sangat senang membaca tulisan Bapak ini….
    sesuai dengan apa yang sempat saya tulis di milis TDA… bahwa peluang ada dimana-mana
    Dan Pak Roni merangkumnya dengan lebih rinci dan terstruktur…
    saya tunggu lanjutan tulisan Bapak.
    Terimakasih banyak atas support Pak Roni bagi saya dan keluarga
    salam hormat, dayu puspa
    http://puspabali.blogspot.com

    Suka

  2. mastitok berkata:

    Luar biasa Pak Roni.
    He he he… saya baru baca blog pak Roni tentang Peluang USAHA yang satu ini. Saya terprovokasi berat… apalagi dengan kondisi saya sekarang yang benar benar sedang sangat bernapsu mencari peluang usaha !
    Salam selalu. dari Semarang.
    TitO

    Suka

  3. mikhael berkata:

    Hallo pak Roni
    salam kenal nih, saya dapat web ini dr googling buat cari pandangan untuk berwira usaha sendiri. saya tertarik sekali dg konsep TDA, juga kalo boleh tahu info lebih lanjut ttg franchise holcim dari artikel ” Peluang itu ( yang tanpa modal ) ke sipil98@gmail.com Terima kasih atas info bapak

    Suka

  4. fahmi berkata:

    peluang tanpa modal. kata yang menarik semoga benar adanya, dan cock buat saya yang sedang berusaha memenuhi kebutuhan dan modal cupet,mohon keterangan lebih lanjut. terima kasih sebelumnya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

