Mindset

Berpikir Sederhana

Ini cerita lanjutan dari postingan sebelumnya.

Ceritanya ada di salah satu pabrik pembuatan pesawat televisi*.

Adalah masalah yang bikin pusing manajer produksi dan segenap karyawan di sana.

Pasalnya, setiap pengiriman barang selalu saja ada kardus yang kosong tak berisi pesawat televisi.

Untuk mengatasi masalah itu, sang manajer produksi membuat satu tim khusus yang dipimpinnya sendiri untuk mengatasi masalah itu.

Maka dikajilah masalah ini dari berbagai sudut dan keluarlah solusi canggih yang telah memakan waktu berbulan-bulan dan biaya mahal.

Diputuskan untuk memasang sebuah alat detektor seperti scanner yang dipasang di sisi ban berjalan. Detektor itu akan menyensor setiap kardus yang melewatinya dan mendeteksi apakah kardus itu terisi atau kosong.

Ketika keputusan itu diumumkan kepada seluruh karyawan, ada satu orang karyawan biasa yang angkat bicara.

Menurutnya, solusi itu terlalu mahal dan belum tentu efektif.

Dia mengusulkan solusi sederhana. Yaitu dengan meletakkan kipas angin berkekuatan besar di samping ban berjalan. Jadi, kalau ada kardus yang kosong, otomatis akan terbang terpental dari barisan itu.

Masalah pun selesai dengan begitu sederhana dan murah….

Lain lagi cerita di NASA, Amerika.

Para peneliti NASA kebingungan untuk menemukan alat tulis yang bisa dipakai di luar angkasa.

Bertahun-tahun dilakukan kajian dan tentu saja dengan biaya besar.

Akhirnya, ditemukanlah sebuah alat yang canggih itu.

Ternyata di Rusia juga mengalami masalah yang sama. Mereka pun kesulitan menggunakan pulpen di luar angkasa.

Tapi mereka tidak melakukan riset dan penelitian seperti di NASA.

Mereka hanya mengganti pulpen dengan……PENSIL.

Semoga bermanfaat.

Wassalam,

Roni,
Owner, Manet Busana Muslim

* Ada yang meralat, yang benar adalah kotak sabun. Ya benar, mungkin saya salah dengar. Whatever lah, yang penting ceritanya. The song baby, not the singer 🙂

NB – Kemarin saya diwawancarai oleh Koran Tempo tentang aktivitas ngeblog dan bisnis yang saya jalani. Jangan lupa ya, minggu depan baca korannya. Katanya akan terbit dalam sebuah suplemen tentang internet gitu deh. Hari terbitnya nggak tau. Jadi coba beli aja tiap hari. Hehehe…

NB 2 – Jangan lupa, setiap Jumat jam 17 ada live talkshow bersama Tung Desem Waringin di Radio SmartFM 95,9. Lumayan, buat men-charge semangat. Biar bisnisnya makin DAHSYAT!

Iklan
Standar

One thought on “Berpikir Sederhana

  1. M. Andri Setiawan berkata:

    perasaan bukan kotak TV deh, tapi kotak sabun (beradasr yang beredar di milis2), soalnya kalau kotak TV sampe kosong, tentu kebangeten banget tuh. Kan ya bisa mbedain ketika ngangkut kotak TV yang kosong dengan yang isi. Kalau kotak sabun, nah baru itu bisa bermasalah

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s