Mindset

Masalah Laptop Itu…

Postingan ini saya buat jam 23.30, dari internet kafe di Pasar Festival, sambil menemani istri yang menunggu giliran dokter kandungan di RS MMC.

Dua hari lalu, laptop sudah selesai diperbaiki dan fresh kembali.

Namun, saya tetap tidak bisa koneksi internet dengan IndosatM2.

Masalahnya modem PCMCIA tidak bisa masuk ke slot di laptop. Setiap dimasukkan selalu mentok, seolah-olah ada yang mangganjal. Maka saya bawalah permasalahan ini ke kantor pelayanan Indosat terdekat.

Setelah dicek, ternyata tidak ada masalah dengan modemnya. Berarti, kemungkinan masalah ada di slot laptopnya.

Saya pun bersegera ke tempat service untuk memeriksakan slot laptop itu.

Ternyata, tidak ada masalah dengan slot itu. Jadi, ya tidak ada masalah di kedua-duanya. Artinya, masalahnya adalah karena tidak ada masalah (?).

Hmmm…

Tapi, saya sudah dua minggu lebih tidak terkoneksi internet. Sementara argo bulanannya jalan terus….

Tadi sore saya kembali ke kantor Indosat. Minta solusi. Saya minta modem tersebut ditukar saja dengan yang pakai USB.

Tidak bisa, katanya. Tidak bisa diganti. Masalah bukan ada di pihak kami, jawabnya.

Jadi tidak ada solusi. Kalau saya masih penasaran, silakan datang ke kantor pusat besok.

Besok pagi saya akan datang ke kantor pusatnya. Mudah-mudahan ada solusi terbaik buat saya.
Kalau tidak, ya terpaksa ganti laptopnya…

Wassalam,

Roni,

————————

Pagi ini, jam 9 saya melesat ke kantor pusat Indosat.

Di perjalanan saya berpikir. Membikin rencana. Kalau ternyata masalahnya tidak ada solusinya, terpaksa saya ke Mangga Dua untuk membeli slot PCMCIA ekternal, atau beli laptop baru, seperti saran Pak Iim.

Sesampai di IndosatM2, Saya ceritakan semua permasalahan kepada customer servicenya. Kesimpulannya, adalah bahwa modem itu tidak bisa masuk slot PCMCIA laptop saya dan tidak ada masalah dengan kedua hardware tersebut.

Saya juga ceritakan bahwa sudah 2 minggu lebih saya tidak bisa koneksi internet.

Si petugas cuma tersenyum dan menjawab dengan kalem, “Coba saya lihat”.

Modem saya serahkan dan diperiksa olehnya.

“Coba laptopnya dihidupkan, Pak”, pintanya.

Saya turuti perintahnya. Kemudian ia memasukkan modem itu ke slot laptop saya. Dan…, Subhanallah…..bisa masuk!

Mata saya terbelalak. How come?

“Ini Pak, ada besi di ujungnya melenting sedikit. Jadi, saya tekan-tekan aja”, jawabnya ringan.

How come? It’s so simple….

Masalah selesai. Saya bisa koneksi lagi. Hilang semua kepeningan dan gundah gulana selama berhari-hari ini. Ternyata, cuma ditekan-tekan dikit doang.

Padahal, semua orang yang saya temui tidak bisa menemukan solusinya yang ternyata sangat sederhana ini.

Saya jadi mau ketawa sendiri.

Kadang masalah yang kita anggap berat, njlimet, rumit, besar itu ternyata tidak perlu solusi yang sophisticated sama sekali.

Ternyata, saya dan mungkin banyak di antara kita selalu berpikiran rumit. Selalu mencari solusi yang canggih untuk setiap permasalahan yang kita hadapi. Padahal, tidak selalu begitu. Justru orang yang pintar adalah yang bisa menemukan solusi sederhana dalam setiap permasalahan.

Contohnya adalah si customer service yang kalem ini….

Saya jadi ingat tentang cerita astronot Rusia. Nanti deh saya ceritain…

Salam FUUUNtastic!

Wassalam,

Roni

NB – Apa agenda anda akhir pekan ini? Banyak agenda menarik yang bisa diikuti, di antaranya ada Jazz Cross Over nanti malam di Senayan City. Besok ada seminar Adam Khoo dari Singapura, yang insya Allah akan saya hadiri. Selain itu juga ada pameran properti dan tekstil dan garmen di JCC.

NB 2 – Website TDA sedang error. Katanya ada yang iseng meng-hack.

Standar

One thought on “Masalah Laptop Itu…

  1. BlogWriter berkata:

    Selamat pak roni, laptopnya sudah beres 🙂

    Saya juga punya pengalaman yang mirip. Dulu ketika baru beli komputer, gak tahu kenapa keyboardnya tak bisa dipake.

    Karena penasaran, saya coba beli keyboard baru, siapa tahu memang keyboardnya yang rusak.

    Tapi setelah keyboard baru dipasang, ternyata keyboard tetap tak bisa dipakai.

    Saya pun tanya ke teknisi. Dia malah bilang motherboardnya mungkin perlu diganti. Waduh! Padahal baru beli.

    Saya pun datang ke toko yang menjual komputer tersebut, meminta mereka mengganti motherboard, mumpung masih garansi.

    Setelah diutak-atik, ketahuan bahwa motherboard masih bagus. Jadi tak perlu diganti.

    Si teknisi malah bilang, “coba windowsnya diinstal ulang. sepertinya da software yang bentrok.”

    Karena bingung, saya minta bantuan seorang teman yang ahli komputer. Jika komputernya harus diinstal ulang, tak apalah, pikir saya.

    Setelah si teman menyelidiki, ternyata masalahnya hanya sederhana:
    Beberapa waktu lalu, tanpa sengaja menginstal sebuah software (entah software apa, hingga kini belum ketahuan) yang menyebabkan fungsi keyboard terkunci.

    Si teman akhirnya cuma mengutak-atik sedikit menu di control panel… dan keyboard bisa berfungsi seperti sedia kala.

    hehehehe.. benar-benar sebuah masalah yang sangat sederhana, tapi sempat bikin stress beberapa hari.

    Jonru

    Suka

Tinggalkan Balasan

