Business, Komunitas TDA

Richard Branson: Kerjakan Saja!

Saya baru saja diwawancara oleh wartawan dari tabloid Peluang Usaha. Katanya hasil wawancara ini akan dimuat di edisi khusus yang akan terbit tanggal 5 Oktober nanti. Beli ya…

Topik wawancaranya sama aja dengan yang sudah-sudah. Soal bagaimana saya memulai Manet, cerita saat nyaris bangkrut dan bangkit lagi. Lama-lama bosen juga ya. Setiap wawancara selalu mengulang cerita ini.

Tapi, saya ingat Om Bob Sadino yang sudah sepuh itu. Di setiap seminar dan wawancara selalu ditanya bagaimana memulai usahanya. Meskipun ia mungkin sudah bosan, tapi tetap saja diulang-ulangnya cerita itu. Ya, memang harus begitu nampaknya.

Yang menarik adalah topik wawancara tidak hanya soal bisnis saya. Tapi juga melebar kepada Komunitas TDA. Rupanya, si wartawan telah membaca blog saya dan tertarik dengan ide TDA dan ingin diceritakan langsung oleh saya.

Ya sudah, saya ceritakanlah TDA itu dari awal sampai sekarang. Bla…bla…bla….

Sebenarnya tidak ada yang aneh di TDA ini, kata saya. Banyak komunitas serupa di jagad maya ini. Cuma, TDA punya ciri khas yang “action oriented”.

Take action lebih penting dibandingkan diskusi, adu konsep dan tukar wacana saja.

Orang-orang hebat banyak sekali, bejibun jumlahnya di mana-mana. Tapi, berapa orang yang take action mewujudkan ide-idenya itu?

Nah, TDA ini muncul menawarkan kebalikan dari itu. TDA tidak banyak berwacana, berdiskusi dan bikin konsep. TDA lebih senang menguji coba semua ide dan konsep itu di lapangan. TDA isinya adalah implementator, orang lapangan. Kalau ada konsep-konsep yang bagus, TDAlah yang akan mengujinya di lapangan.

Begitu…

“Oooo…begitu ya Pak”, sahut si wartawan.

Lantas, sebagai penutup, saya diminta memberikan pesan kepada pembaca.

Kemudian saya ambil sebuah buku di meja saya berjudul “9 Prinsip Sukses dari Richard Branson, CEO Virgin Group”.

Dari kesembilan prinsipnya itu saya kutip prinsip pertama:

Kerjakan saja!

Percaya bahwa apa pun dapat dikerjakan
Tetapkan sasaran
Nikmati hidup sepenuh mungkin
Jangan pernah menyerah
Buat persiapan sebaik mungkin
Percaya kepada diri sendiri
Saling membantu

Kata-kata itu pun dicatat oleh si wartawan.

Memang, semuanya berawal dari itu. Take action. Seribu langkah dimulai dari satu langkah pertama.

Salam FUUUNtastic!
Bersama TDA Menebar Rahmat

Wassalam,

Roni,
Owner, Manet Busana Muslim
Founder, Komunitas TDA

Standar

One thought on “Richard Branson: Kerjakan Saja!

  1. Adzan W. Jatmiko berkata:

    Richard Branson: Kerjakan Saja!
    Adzan : Just Action!

    wah2 ga beda jauh hihihi…
    jadi ge-er ah…

    btw nice article pak!

    Suka

Tinggalkan Balasan

