Life

Dang Bulan Nan Julang

Berlayarlah Malikus Saleh ke tanah ini
Memadu matahari dan rembulan
Merecuplah cendana hati di tanah ini
Aceh berkibar mengepak dunia

Di antara musibah dan segala bencana
Tersedia kaidah jua hikmah
Tanah ini bak kuntum mekar dan perkasa
Ali Mughayat Syah sang perdana itu

Itulah sebagian lirik lagu yang sedang saya gandrungi saat ini. Judulnya Awan Juwita (Dedicated to Aceh).

“Sedekah dari tanah Melayu untuk Aceh yang jelita dan perkasa, tersebab musibahkar haru dan sirah. Tanah ini bertembok gagah dari segi tamadun, ketika Malikul Saleh mendatanginya dengan cinta. Dari sini, tersulam matahari dan rembulan di timur, di atas punggung bangsa Melayu”, demikian kutipan pengantar lagu yang ditujukan untuk memompa semangat dan motivasi rakyat Aceh untuk bangkit lagi dari keterpurukan.

Lagu ini pertama kali saya dengar saat mendengar radio CNJ di mobil. Wah, asyik banget nih lagu. Iramanya menghentak khas Melayu, lengkap dengan suara akordion yang selalu menjadi ciri khas musik Melayu.

Ternyata saat itu tengah berlangsung siaran live talkshow dengan grup musik pembawa lagu ini. Namanya Geliga. Geliga? Kayak merek balsem aja.

Rupanya Geliga itu adalah sebuah grup musik asal Riau yang tengah naik daun saat ini. Grup ini populer di Riau, bahkan sampai Malaysia. Bahkan, beberapa sekolah seni di Sumatera menjadikan musik grup ini sebagai bahan studinya.

Kita sudah sering mendengar musik modern dengan irama etnik Sunda, Jawa, Bali, dan sebagainya. Tapi kalau irama Melayu? Nah, Geliga telah menjawab kerinduan itu.

Album kedua keluaran Indie Jazz ini berisi 13 lagu, yaitu: Awan Juwita, Galaxy, Mannasalwa, Navy Blue, Senja Sentarum, Main Gasing, Rona Merona, Selasar, Cerutai, Tampuk Ranggi, Promised Land, Tunjuk Langit dan Tanjung Katung (lagu rakyat).

Mau coba dengar salah satu lagunya? Silakan klik di sini.

Setelah membaca trilogi Laskar Pelangi yang fenomenal itu, saya jadi gandrung dengan karya sastra atau seni yang berbau Melayu. Salah satu pelepas dahaga itu, saya temukan dalam musiknya Geliga ini. Mudah-mudahan nanti bisa tampil di Jak Jazz 2007 bulan November nanti.

Wassalam,

Roni

NB – Saya sudah daftar untuk hadir di Pesta Blogger 2007. Nampaknya akan hadir juga perwakilan-perwakilan dari komunitas blogger. Bagaimana dengan perwakilan blogger TDA?

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s