Business, Komunitas TDA

Road To Milad II TDA: Jalin Silaturahmi dengan Orang-Orang yang Sevisi dengan TDA

Di majalah Globe Asia terbaru halaman 50 dimuat profil Arfan Sofan, seorang tokoh pejuang UKM atau SME (Small Business Enterprise).

Beliau adalah seorang pebisnis sukses di bidang pertambangan batubara dengan bendera PT. Tovan Prima Hanurata. Diperkirakan tahun 2008 nanti, lahan konsesi pertambangannya di Kalimantan dapat meraih penjualan US $ 5 juta.

Sejak 1983, beliau bergabung di Kadin dan sampai sekarang secara aktif dan konsisten terus berupaya mempromosikan pengembangan UKM dan koperasi.

Pebisnis yang lahir di Solok, Sumatera Barat tahun 1955 ini memiliki obsesi untuk menciptakan 1 juta entrepreneur dalam 5 tahun mendatang.

Para entrepreneur itu akan ditumbuhkan dengan cara menyediakan para mentor di setiap propinsi di Indonesia. “Saat ini sudah adah 890 mentor. Setiap mentor akan mengawal 10 entrepreneur baru”, katanya.

Pekerjaan yang tidak ringan ini menuntut keseriusan dan kesungguhan. Beberapa program yang diluncurkannya pun sering terbentur dan gagal di tengah jalan.

Namun, Pak Arfan tidak menyerah. Dalam waktu dekat ini, bersama Kadin ia telah menjalin kerja sama pendanaan dari sebuah lembaga keuangan dari Amerika guna menyediakan dana murah bagi para entrepreneur.

“Amerika memiliki kepentingan terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. Jika ekonomi Indonesia runtuh, itu akan berdampak terhadap keseluruhan wilayah Asia”, lanjutnya seperti ditulis oleh Globe Asia.

Pak Arfan meyakini ada 3 faktor utama dalam menumbuhkan UKM. Pertama, kualitas sumber daya manusia dan dukungan teknologi; kedua, dukungan finansial; ketiga, akses pasar.

Dalam perjalanan panjangnya mengembangkan UKM di Indonesia, Pak Arfan banyak kecewa dengan pemerintah. Kebijakan pemerintah belum mendukung sepenuhnya sektor UKM. Menurutnya, pemerintah masih mengutamakan bisnis-bisnis besar.

Membaca artikel ini, saya terkesan. Aha, ternyata ini yang kita cari. Orang-orang yang punya visi sama dengan TDA dan telah mewujudkannya dengan tindakan konkrit, bukan hanya bicara saja, apalagi menjadikannya sebagai dagangan politik.

Saya meyakini, banyak orang yang punya visi seperti ini dan selaras dengan visi misi TDA. Orang-orang ini patut kita dekati dan mulai menjalin silaturahmi dengannya.

Kepada panitia Milad TDA, mungkin bisa membuat daftar nama tokoh-tokoh dan lembaga yang bisa kita undang untuk hadir di acara Milad nanti. Kita harus menjalin silaturahmi dengan mereka, guna mempercepat akselerasi dari TDA ini.

Salah satu usul dari saya adalah Pak Arfan Sofan ini.

Salam FUUUNtastic!
Bersama TDA Menebar Rahmat

Wassalam,

Roni,
Founder TDA

NB – TDA Health bekerja sama dengan klinik Online Ning Harmanto. Sabtu 10 Nov pagi ini jam 10.00 sd 11.00 akan diadakan seminar Online bersama dokter Yuni, topiknya kolestrol baik dan kolestrol jahat. Silahkan para anggota TDA Health bisa ikutan seminar gratis ini , yang belum jadi anggota bisa segera mendaftar ya. Anda bisa minta di invite oleh moderator kagecio@yahoo.com.

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s