Life, Renungan

Memberi Arti di 2008

Suatu peristiwa itu sifatnya “netral”, tergantung bagaimana kita memberi “arti” kepadanya.

Kata-kata dari Anthony Robbins itu selalu saya ingat sejak mengikuti seminarnya di Singapura tahun 2002 lalu.

Ditipu orang?

Bisnis bangkrut?

Keluarga bermasalah?

Salah mengambil keputusan?

Itu semuanya adalah kondisi “netral”. Respon kita atas peristiwa itulah yang menjadi persoalan.

Bagaimana kita memaknai kejadian itu? Itu yang lebih penting.

Dua orang wanita yang pernah menjadi korban perkosaan, memaknai pengalaman itu dengan berbeda.

Wanita pertama merasa hidupnya tamat, tak berarti lagi, masa depan hampa. Ia akhirnya bunuh diri.

Wanita kedua memberi arti berbeda terhadap peristiwa itu. Ia yakin banyak juga wanita lain yang menjadi korban seperti dia. Ia tidak ingin hal ini terjadi terhadap orang lain.

Kemudian ia melakukan kampanye pencegahan dan melakukan advokasi hukum terhadap kaumnya yang mengalami nasib serupa.

Anda melihat perbedaannya kan?

Kejadiannya sama. Tapi kedua orang itu memberi “arti” dan respon yang berbeda terhadap peristiwa itu.

Begitu juga dengan gegap gempitanya penyambutan tahun 2008 ini.

Angka 2008 itu adalah netral.

Pertanyaannya adalah: arti apa yang ingin kita berikan untuk angka 2008 ini?

Tahun perjuangan?

Tahun penuh tantangan?

Tahun untuk memberi dan melayani?

Tahun untuk berkontribusi?

Tahun kasih sayang?

Tahun pergerakan?

Tahun kepedulian?

Tahun perubahan?

Tahun pertumbuhan?

Tahun penuh suka cita?

You name it…

Saya sendiri lagi mikir-mikir. Arti apa yang ingin saya berikan di 2008 ini…

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

NB – Lahirnya TDA ini adalah berkat arti yang saya berikan terhadap “waktu luang”. Saya kemudian mengisinya dengan membuat blog. Maka lahirlah TDA yang menurut saya juga telah memberi “arti” bagi banyak orang.

Standar

One thought on “Memberi Arti di 2008

  1. Mohammad Hambali berkata:

    Fun..Fun Anthony Robbin ini memang bisa dikenali dengan tulisan-tulisannya..
    bahkan walaupun bapak ngga’ nyebutin namanya pun saya juga akan tahu..

    seperti halnya Bapak Tung Desem Waringin dan Bapak Alvin Yudistira yang sudah bener-bener “gendeng berat” terhadap Anthony Robbins..

    saya salut dengan orang-orang itu, termasuk juga anda yang sudah sering take inspiring action, sehingga berubah kehidupannya..

    bila melihat saya sendiri..
    saya sering sedih juga melihat diri saya belum sering take inspiring action sehingga miracle pun belum datang kepada saya..

    di tahun 2008 ini saya sudah berkehendak untuk memberikan arti “Tahun Take inspiring Action”..

    Suka

Tinggalkan Balasan

