Business, Mindset

Dapat Ide, Langsung Eksekusi

Universe likes speed, demikian kata-kata dari film The Secret yang saya ingat.

Kalau dalam konteks bisnis, maksud dari film ini adalah agar jangan lama-lama memendam ide atau rencana. Langsung saja dieksekusi secepatnya.

Kecepatan dalam mengeksekusi ide ini adalah salah satu poin penting yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur atau TDA.

Saya perhatikan, orang-orang sukses di sekitar saya, para street smart, memang punya kemampuan mengeksekusi ide yang didapatnya dengan cepat.

Tidak usah jauh-jauh. Pak Haji Ali, sesepuh TDA itu adalah contoh terdekat.

Kemarin, beliau menelpon saya memberitahukan bahwa ia baru saja membuka bisnis baru yaitu pusat olah raga dan olah jiwa di 5 mal berbeda.

Konsepnya adalah tempat bermain futsal plus layanan kesehatan dan spiritual. Untuk sisi spiritualnya, beliau dengan cerdik menggandeng Pak Ary Ginanjar, pendiri ESQ itu.

Yang menarik adalah, pendirian ini tidak lama sejak beliau menginformasikan rencana ini kepada saya. Kalau tidak salah, sekitar 1-2 bulan lalu. Cepat sekali kan.

Pak Haji memang dikenal seorang yang sangat action oriented. Tidak bisa tinggal diam. Selalu ada saja sesuatu yang baru dibuatnya.

Dulu, waktu awal merantau dari Bukittinggi ke Palembang, begitu pagi hari sampai, siangnya beliau langsung buka dagangan, tanpa istirahat dulu.

Waktu awal TDA berdiri, para member ditawari kios gratis. Dalam satu minggu, sejak 22 Januari 2006 ke 12 kios itu pun telah terisi penuh di 1 Februari 2006.

Dari Pak Haji Ali, kami para member TDA belajar soal kecepatan mengeksekusi ide ini

Kecepatan dalam eksekusi adalah salah satu kunci sukses, menurut saya.

Kemarin saya menghadiri Festival Ekonomi Syariah di JCC. Saya hadir karena undangan dari Pak Agustav, member TDA yang ikut berpameran di sana.

Dari tulisan di stand-nya sendiri saya melihat sudah beda. Di situ tertulis: www.salonmuslimah.com. Sementara yang lain tidak ada yang pakai alamat web seperti itu.

“Kata Hermawan Kartajaya, tahun 2008 ini bisnis lewat internet akan booming. Makanya saya langsung pasang www.salonmuslimah.com di stand saya”, jawabnya.

Saya kagum dengan Pak Agustav ini. Menurut saya, ia termasuk orang cepat dalam mengeksekusi ide.

Pertama kali berkenalan dengannya adalah ketika saya mengisi seminar peluang bisnis busana muslim di Istora Senayan tahun 2006 lalu bersama owner dari Dannis Collection.

Waktu itu Bu Tati, pemilik Dannis membuka kesempatan kepada peserta untuk menjadi “tukang jahit” produknya.

Beberapa bulan kemudian Pak Agustav yang telah bekerja di Bank Indonesia selama 18 tahun dan tanpa latar belakang jahit menjahit itu telah berhasil menjadi pemasok utama Dannis dengan kapasitas produksi minimal 3.000 potong per bulan.

Setahun kemudian saya bertemu lagi dengannya. Kondisinya sudah berubah bumi dan langit.

Selain menjadi pemasok Dannis, ia juga membuat brand sendiri, membuka salon muslimah, berpameran ke Malaysia, beli properti, beli mobil baru dan bahkan sudah punya bisnis properti dengan membangun kompleks town house di daerah Depok.

Luar biasa. Saya belajar banyak dari Pak Agustav ini. Meski pun ia berlatar belakang 18 tahun sebagai pegawai, tapi ia bisa keluar dari pola pikir pegawai. Ia bisa langsung masuk dan fit in menjadi seorang entrepreneur.

Saya sendiri terheran-heran. Sama sekali tidak terlihat latar belakang pegawainya ketika ia berbisnis. Seolah-olah ia telah berbisnis puluhan tahun saja.

Kuncinya, kembali saya simpulkan adalah kecepatannya dalam mengeksekusi ide itu. Ia tidak tergolong kreatif dan inovatif, menurut saya. Ia hanya meniru dan mempraktekkan ilmu-ilmu atau ide yang didapatnya dengan CEPAT.

Memang era sekarang akan dimenangkan oleh mereka yang cepat, bukan yang besar. Bill Gates, Michael Dell, adalah orang yang sukses menjadi terkaya di dunia dengan mengusung ide ini.

Salam FUUNtastic!

Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

NB: Kemarin saya ditelepon Pak Iim memberitahukan hasil rapat kerja TDA IT di kantornya Pak Rosihan yang akhirnya sepakat membentuk badan usaha dengan nama TDA IT Solution. Bravo, untuk TDA IT! Selamat bekerja dan berkarya. Kalau mau jual sahamnya, ajak-ajak saya ya….

NB 2: Alhamdulillah, Sabtu kemarin ibu dan adik saya sudah kembali dari Tanah Suci dengan selamat. Kami semua bersyukur dapat berkumpul lagi. Mudah-mudahan semangat haji ini dapat membawa berkah bagi kami sekeluarga dan lingkungan sekitar. Menjadi haji yang mabrur. Insya Allah…. Amiiin…

Standar

One thought on “Dapat Ide, Langsung Eksekusi

  1. Keren Bang! Membaca blog Abang saya jadi termotivasi diri. Terus memberi wawasan bermakna. Biar banyak orang yang tercerahkan dan orang-orang makin optimis menatap masa depan!!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

