Life

David Foster, Sang Maestro

Hari libur gini, enaknya nulis yang enteng-enteng aja ya…

Kebetulan pagi ini Bu Fauziah dari Semarang mengisi shoutbox saya yang mengatakan bahwa ia juga penggemar berat David Foster.

Sebagai informasi, Bu Fauziah yang kemarin datang di Milad II TDA ini ternyata adalah teman lama saya waktu aktif di Unit Kegiatan Seni Budaya Univ Trisakti tahun 92 lalu. Dan akhirnya kami bertemu lagi di TDA setelah belasan tahun tidak kontak. Ini salah satu miracle yang terjadi di TDA.

Saya mengenal David Foster sejak pertama kali mendengar Winter Games, salah satu “master piece”nya waktu saya masih SMP tahun 1988. Lagu instrumental penuh semangat ini adalah theme song olimpiade musim dingin di Calgary, Canada.

Lagu itu bahkan jadi theme song kemenangan saya. Waktu aktif di MLM dulu, saya memimpikan tampil di panggung diiringi lagu itu. Tapi tidak kesampaian.

Sekarang lagu itu saya jadikan salah satu theme song di Manet yang diputar untuk menyemangati kerja di sana. Di Milad pertama dan kedua TDA pun lagu ini sempat diputar.

David Foster adalah musisi besar dan banyak menginspirasi musisi lainnya. Di tahun 80 dan awal 90-an, hampir semua musisi Indonesia mengaku terinspirasi oleh David. Addie MS adalah salah satunya.

Tak terhitung artis dan grup musik yang sukses setelah disentuh oleh “tangan midasnya”. Celine Dion, Earth Wind and Fire, Air Supply, Natalie Cole, The Corrs, Chicago, Renee Olstead. Tony Braxton, Josh Groban, Michael Buble, Andrea Bocelli adalah beberapa contohnya. Renee Olstead katanya akan tampil di Java Jazz tahun ini.

Dari nama-nama artis di atas, terlihat David bisa masuk ke semua jenis musik. Mulai dari pop, jazzy hingga klasik.

Salah satu prestasinya adalah ketika menggarap album Natalie Cole: Unforgettable With Love. Di album ini David menemukan teknik canggih yang menggabungkan suara Natalie dengan suara almarhum ayahnya Nat King Cole. Album yang didukung oleh puluhan musisi jazz ini mendapat 8 grammy awards (kalau tidak salah). Hanya bisa ditandingi oleh prestasi Quincy Jones.

I am a man who will fight for your honour… adalah sebaris lirik dari lagu Glory of Love yang dilantunkan oleh Chicago sebagai sound track Karate Kid. Lagu ini merupakan lagu kenangan saya dan istri.

Suatu hari istri saya tiba-tiba menelpon saya saat berada di sebuah mal dengan adiknya. Ia teringat dengan saya karena di sana sedang diputar Glory of Love. How romantic…

Bahkan, waktu awal menikah dulu saya menghadiahkannya album Rechording yang berisi lagu-lagu hits David Foster versi instrumental. Album ini adalah favorit saya sampai sekarang. St Elmo’s Fire yang juga favorit Bu Fauziah ada juga di album ini.

Selain itu saya juga punya albumnya dalam bentuk orkestra berjudul The Symphony Session. Ini juga salah satu koleksi favorit saya. Sayang, sekarang kasetnya rusak. Water Fountain adalah salah satu komposisi favorit saya di mana David berkolaborasi bersama gitaris Lee Ritenour.

David Foster adalah seorang maestro. Ia sebanding dengan Stephen Spielberg di dunia film, Bill Gates di dunia IT, Donald Trump di properti, JK Rowling di dunia penulisan, Jay Abraham di dunia marketing, Tiger Woods di dunia olah raga.

Dari tangannyalah lahir “anak ajaib” bersuara emas, Josh Groban. Berkat sentuhannya juga Michael Buble sukses mengangkat jazz a la big band menjadi digilai pendengar muda, hingga ia digelari the next Harry Connick Jr.

Saya yakin di antara anda pasti ada yang suka atau pernah mendengar lagu dari tangan David Foster ini. Karena karyanya tersebar di mana-mana. Itulah pengaruh dan kualitas seorang maestro.

Informasi lebih lengkap soal David Foster bisa dibaca di wikipedia.

Wassalam,
Selamat menikmati hari libur bersama orang-orang yang anda sayangi…

Roni

NB: Beberapa album David Foster yang saya miliki: The Symphony Sessions (1988, rusak), David Foster – River of Love (1990, hilang), Rechordings (1991), Love Lights The World (1994),The Best Of Me: A Collection of David Foster’s Greatest Works (2000).

NB 2: Saya dengar sedang atau telah dibuat reality show tentang kehidupan keluarga David Foster. Ada yang tahu?

Standar

Tinggalkan Balasan

