Books and Learning, Life

Dari Blog Segera Menjadi Buku

Setelah lebih dari 2 tahun, akhirnya (hampir) terwujud juga cita-cita saya.

Blog ini insya Allah akan menjadi buku dalam beberapa bulan lagi.

Awalnya, saya memang berkeinginan kuat untuk membuat buku.

Saya selalu teringat kata-kata bijak yang mengatakan, seseorang itu harus meninggalkan buku sebagai warisannya kepada dunia.

Kata-kata itu selalu terngiang-ngiang di benak saya.

Saya punya keinginan kuat untuk membuat buku.

Tapi, caranya bagaimana? Siapa yang kenal saya pada saat itu? Apa yang ingin saya tulis?

Saya suka banyak hal. Tidak hanya bisnis.

Minat saya cukup luas. Saya suka baca tentang seni, sastra, musik, kebudayaan, politik, keislaman, bisnis, pengembangan diri bahkan misteri tentang Segitiga Bermuda dan UFO pun tak luput dari perhatian saya.

Luasnya minat itu membuat saya kesulitan mengidentifikasi apa yang akan saya tulis.

Namun, satu hal yang saya suka lakukan adalah sharing atau berbagi cerita.

Dalam berbagai kesempatan saya sering berbagi cerita dan pengalaman kepada teman yang datang ke tempat saya. Kebanyakan sharing itu terkait dengan bisnis dan pengembangan diri.

Rata-rata mereka merasa terbantu dengan masukan dan ide-ide dari saya.

Apalagi saat itu Pak Tung Desem Waringin sering menceritakan perihal saya di berbagai seminar dan talkshownya.

Mulai banyak orang yang mengontak saya untuk meminta nasihat dan pendapat.

Saya kemudian berpikir. Saya memahami tentang “faktor kali”. Kalau pemikiran saya ini tersebar melalui sebuah media yang bisa dijangkau oleh banyak orang, tentu akan lebih banyak yang mendapat manfaat.

Ketika itu saya tidak “ngeh” dengan yang namanya BLOG. Saya tahu blog, tapi itu masih jauh dari perhatian saya.

Kemudian saya perhatikan beberapa blog yang isinya kurang lebih sama dengan pemikiran saya. Dalam hati saya berkata,”kalau begini, saya juga bisa bikin blog”.

Maka mulailah saya menulis blog tanggal 15 November 2005.

Dan satu kata yang bisa saya katakan tentang blog. Blogging is MIRACLE for me.

Dunia saya berubah total setelah ngeblog. Benar-benar total.

Saya dapat banyak teman baru, berdirinya Komunitas TDA, diwawancara berbagai media baik cetak, online maupun televisi, tawaran bicara di berbagai seminar, mendapat penghargaan dari SWA, dan tentu rupiah yang masuk ke dalam kocek saya pun bertambah. Beberapa teman bahkan menggelari saya “selebritis”.

Buat saya, selama ngeblog adalah masa-masa penuh MIRACLE.

Kalau ada yang tanya satu kata yang sangat berarti bagi hidup saya saat ini akan saya jawab: BLOG.

Nah, keasyikan menulis blog dan mengelola Komunitas TDA membuat saya lupa dengan tujuan awal menulis buku.

Awalnya, blog ini saya jadikan sarana untuk menampung ide-ide yang berserakan sebelum diorganisir menjadi buku.

Eh, yang terjadi malah keasyikan ngeblog dan lupa dengan bukunya.

Beberapa penerbit yang pernah mengontak saya dan menyatakan minatnya untuk membukukan blog ini tidak terlalu saya hiraukan. Saya lebih asyik ngeblog saja.

Beberapa waktu lalu, Pak Isdiyanto, Pemred majalah Wirausaha dan Keuangan yang juga member TDA menyatakan minatnya untuk membukukan blog ini.

“Tim saya siap menyortir dan mengedit tulisan-tulisan Pak Roni dan buku siap diluncurkan bulan April nanti”, demikian tulisnya di email kepada saya.

Wah, kalau penawarannya seperti ini saya tinggal terima beres dong…

Kurang lebih seperti itulah penawarannya.

Awal Maret ini saya akan bertemu dengan Pak Is untuk membicarakan teknis dan finalisasinya.

Salah satu urgensi terbitnya buku ini adalah “pemerataan” informasi. Maksudnya, selama ini hanya mereka yang punya akses internet saya yang bisa menikmati tulisan saya. Bagaimana dengan mereka yang tidak bisa akses internet? Mereka juga berhak dong mendapat pencerahan. Kira-kira begitulah misi dari terbitnya buku ini.

Insya Allah. Kalau semuanya demi manfaat buat orang lain, saya siap.

Hidup ini harus memberi manfaat bagi orang banyak.

Life is to love, to learn and to leave a legacy, kata Stephen Covey. Mudah-mudahan buku sederhana itu akan menjadi legacy saya buat dunia.

Salam FUUUNtastic!

Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA


NB: Ini ada tulisan tentang TDA di blognya Pak Nukman Luthfie. Silakan baca di sini. Pak Nukman, terima kasih atas perhatian dan apresiasinya terhadap TDA. Mudah-mudahan kerja sama kita segera terwujud.

NB 2: Saya dapat info film terbaru nih. Judulnya The Opus. Katanya film ini bakal menyusul The Secret. Pemainnya juga sebagian sama dengan The Secret, seperti Joe Vitale, Jack Canfield, Mark Victor Hansen. Silakan lihat linknya di sini. Mudah-mudahan di TDA kita bisa menyaksikannya duluan, seperti The Secret dulu.

Standar

3 thoughts on “Dari Blog Segera Menjadi Buku

  1. djokomukti berkata:

    Subhanallah ! Ini kabar yang ditunggu banyak orang tidak hanya member TDA. Sudah waktunya emang, dan Insya Allah akan menjadi Best Seller!

    Suatu saat Insya Allah saya akan menyusul (amin 1000x), keyakinan saya bahwa say bisa membaca, maka Insya Allah saya juga mampu MENULIS !

    Belum banyak yang saya tulis, tapi saya memulai dari http://djokomukti.blogspot.com/

    Suka

  2. Rahmat Fadli berkata:

    Ini yang saya tunggu-tunggu pak, walaupun Insya Allah dari pertengahan tahun 2006 saya udah rajin mampir disini en Insya Allah baca semua artikel bapak, tentu akan sangat bermanfaat kalo ilmu2 disini di sarikan menjadi sebuah buku, ohh ya pak tema yang di ambi di buku ini apa?, bisnis, musik, atau apa ??

    Suka

  3. Aviantara B.Prasetyo berkata:

    Wah, hebat kang Roni!!
    Saya cukup senang bila isi blog ini dibukukan karena “diam-diam” anda telah menginspirasi saya untuk bisa berbuat dan menjadi TDA.

    Walaupun saya tidak join dalam komunitas atau milis TDA (sudah coba tapi butuh referensi rupanya 😦 )tapi tetap saya baca tulisan kang roni di blog- mulai dari format blogger dulu loch 🙂

    salam,
    aviantara
    http://abpras.blogspot.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

