Business, Life

Blog Ini adalah Corporate Blogging

“Blognya Mas Roni itu termasuk corporate blogging”, kata Pak Nukman Luthie saat bertemu dengan saya dan teman-teman TDA minggu lalu.

“Mas Roni itu ngeblog sekaligus jualan Manet-nya”, lanjut Pak Nukman.

Oooo, begitu to…

Saya termangu sesaat. Kalau yang memberi label ini adalah seorang Pak Nukman yang dikenal luas sebagai pakar internet marketing dan branding di Indonesia, tentu saya harus percaya.

Kebetulan di blognya Pak Nukman juga dibahas mengenai corporate blogging.

Pak Nukman menulis bahwa sebagian perusahaan kecil dan menengah juga telah mulai melakukannya. Mungkin contoh konkritnya adalah perusahaan saya.

Kalau diperhatikan prosesnya, blog ini memang berawal dari personal blogging.

Kemudian bertransformasi lebih luas menjadi community blogging, yaitu Komunitas TDA.

Selain itu dampak lain yang saya rasakan cukup signifikan adalah terhadap bisnis saya.

Pembaca tentu ingin tahu apa dan bagaimana bisnis saya. Bagi yang tertarik, kemudian menjadi mitra pemasaran Manet.

Akhirnya, memang blog ini mau tidak mau mengarah ke corporate blogging juga.

Jadi, kalau Pak Ono bertanya blogging for fun or money? Saya jawab, dua-duanya. Hehe…

Pak Nukman sendiri bercerita bahwa ia banyak mendapat klien yang berasal dari pembaca blognya.

“Saya dapat miliaran dari situ lho Mas”, ujarnya. Woow…

Isn’t that interesting?

Tapi saya sendiri tidak ingin terpaku dipengkategorian itu saja. Saya tetap menikmati blogging sebagai salah satu sarana menyalurkan passion saya untuk sharing cerita dan pengalaman melalui tulisan.

Saya akan tetap menulis dengan fun, dengan enjoy karena passion saya dari awal adalah ingin sharing dan cari teman.

Kalau nantinya berkembang ke mana-mana, termasuk menjadi corporate blogging, personal branding ya alhamdulillah. It’s a blessing in disguise buat saya.

Tapi yang jelas, saya ingin mengatakan bahwa dengan “take action” memang “miracle happen”. Saya sudah membuktikan sendiri.

Salam FUUUNtastic!

Roni

Standar

One thought on “Blog Ini adalah Corporate Blogging

Tinggalkan Balasan

