Life

Dhafer Youssef Membuat Saya ‘Terhipnotis’

Musisi asal Tunisia satu ini sudah lama membuat saya penasaran. Saya sudah membaca beberapa resensi mengenainya tapi belum pernah mendengar permainannya.

“Coba dengarkan “Malak”, “Electric Sufi” dan “Divine Shadows”. Keempat album tesebut dipastikan membuat bulu kuduk anda berdiri. Semua aransemen ciptaannya menjadi unik karena menggabungkan unsur mistis sufisme Islam yang tidak pernah gagal menghipnotis para pendengarnya”, demikian tertulis di booklet Java Jazz mengenai musisi berkepala plontos ini.

Dan memang benar. Saya dan seluruh penonton yang memadati Assembly Hall 1 terhipnotis selama pertunjukannya.

Musiknya menghipnotis. Membuat saya ‘melayang’.

Standing applaus membahana di akhir pertunjukannya.

Dhafer Youssef adalah salah satu favorit saya di hari ketiga kemarin.

Selain itu saya juga menyaksikan saksofonis Najee, Franco D’ Andrea dari Italia dan ‘mengintip’ Bhaskara 2008 dari Indonesia.

Penampilan Latin Funk Encounter featuring Marc Antoine (guitar) and Brian Simpson (keyboard) juga perlu mendapat catatan khusus.

Ini berkat rekomendasi Mas Agus Setiawan Basuni dari Warta Jazz yang saya temui di sela-sela padatnya pertunjukan.

Kalau yang memberi rekomendasi adalah seorang dedengkot Jazz, tentu saya mengamini saja.

“Selain itu, apa lagi yang bagus Mas?”, tanya saya. Malu bertanya, sesat di jalan, kan? Makanya biar aman, saya ikuti saja rekomendasinya.

Maka saya pun direkomendasikan untuk menyaksikan Michiel Borstlap dari Belanda dan Julien Wilson Trio dari Australia.

Berbicara dengan Mas Agus ini harus sabar, karena ia selalu bertegur sapa dengan para musisi jazz yang kebetulan melewati kami. Wah, enak juga kenal dengan Mas Agus, bisa kenal banyak musisi. Selagi kami ngobrol, saya sudah berkenalan dengan Jackie Pattiselano (drummer) dan Dewa Budjana (gitaris).

Terima kasih, Mas Agus atas rekomendasinya.

Namun, dari semua panggung saya tonton di hari terakhir kemarin, saya memilih Dhafer Youssef dan Latin Funk Encounter sebagai favorit saya.

Salam FUUUNtastic!

Wassalam,

Roni

Standar

Tinggalkan Balasan

