Business, Motivasi

Alfi, Sosok Entrepreneur Pemberani, Spekulatif dan Unik

Saya merasa surprise juga mendapati dimuatnya profil paman saya ini di SWA terbaru edisi nomor 5, 6-18 Maret 2008 ini.

Pasalnya, selama ini ia selalu menolak untuk diwawancarai.

Beberapa kali saya menyampaikan permintaan wartawan melalui saya selalu ditolaknya.

Ketika Mas Affif dari SWA menyampaikan hal serupa juga saya jawab demikian. Tapi tetap akan saya coba, janji saya ketika itu.

Eh, ternyata ia mau. Saya kurang tahu kenapa. Mungkin karena SWA selama ini memang dianggap sebagai majalah bisnis yang paling bonafid di Indonesia.

Banyak hal menarik dari kisah perjalanan pebisnis outdoor dan safety equipment dengan bendera Tandike ini terungkap di majalah ini. Saya sendiri sebagai keluarga dekat tidak banyak mengetahuinya.

Sebagaimana juga diangguki oleh teman-teman di pertemuan TDA 11 Digit Club kemarin, Pak Alfi ini adalah seorang yang punya keunikan tersendiri.

Ia punya keberanian yang jarang dimiliki oleh kebanyakan orang, daya juang yang tinggi, ulet, spekulatif dan juga unik. Ia tidak mau disamakan dengan orang lain.

Salah satu contoh keberaniannnya adalah ketika ia berani mematahkan “jaringan kekuasaan” dari distributor regional di Singapura dan membeli langsung ke prinsipal produknya di Perancis. Sebagai taruhannya, ia berani menanggung kerugian selama 3 tahun.

Daya juang yang tinggi. Ia tidak kenal putus asa untuk menembus batas-batas yang menurut sebagian orang tidak mungkin.

Saat ini salah satu produknya tengah dalam proses menjadi standar dari Nokia/Siemens untuk perlengkapan safety dalam pembangunan tower-tower di seluruh Asia Pasifik.

Hal ini dilaluinya dengan proses yang panjang dan melelahkan. Prinsipal dari Perancis pun didatangkannya untuk presentasi di hadapan pelanggan besarnya ini.

Kabarnya, ia mempertaruhkan semua reputasi dan assetnya guna menembus proyek besar dan menantang ini.

Spekulatif dan punya nyali besar. Saat ia mulai merintis menjadi importir beberapa merek dari Eropa, diawalinya dengan spekulasi tinggi.

Ia mengirim uang beberapa ratus juta ke perusahaan-perusahaan yang hanya dikenalnya melalui internet dan email. Selama 3 bulan, katanya ia tidak bisa tidur karena produk pesanannya belum sampai di Indonesia.

Unik dan selalu ingin tampil beda. Hal ini memang melekat pada citra dirinya. Ia tidak pernah mau disamakan dengan orang lain.

Beberapa waktu lalu saya menanyakan keinginannya membeli mobil Hummer impiannya. Saya ingin tahu apakah mobil gede itu jadi dibelinya. Pasalnya, lemari di rumahnya banyak dipenuhi replika mobil berpenampilan garang a la militer itu.

“Sekarang ngggak lagi. Soalnya udah banyak yang pakai di Jakarta. Maetek (paman) lagi coba nawar Cadillac“, jawabnya enteng.

Saat ini ia tengah membangun toko baru di samping toko lamanya di bilangan Cipulir.

“Konsepnya adalah one stop outdoor sport terbesar se Asia Pasifik”, jelasnya bersemangat.

Ini adalah impiannya yang lain. Tanah seluas lebih dari 1.000 meter telah dibebaskannnya. Targetnya adalah sekitar 2.500 meter.

Namun, di tengah kekaguman saya kepada sosok sukses ini, ia pun terus terang mengakui juga banyak belajar dari saya, keponakannya.

Wah, jadi mekar juga hidung saya.

Kami selama ini memang saling belajar, saling membantu dan saling mengisi satu sama lain.

Jadi, ia pun sepaham dengan saya. Kalau bisa kita itu sukses bersama-sama. Jangan sendiri-sendiri.

Salam FUUUtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

Standar

One thought on “Alfi, Sosok Entrepreneur Pemberani, Spekulatif dan Unik

  1. Butik-Ceria berkata:

    Salam Pak Roni

    Terus terang saya kagum dengan keluarga pak Roni, semua bisnis mulai dari Manet, Siomay sampai Perlengkapan Outdoor ini dilahap habis ..

    Apa ada resep rahasianya pak, mohon sharing ilmunya karena sampai skr saya tidak bisa join di milist TDA ..

    Best Regards

    Inu Arya A
    http://www.butik-ceria.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

