Komunitas TDA

Prinsip Pareto di TDA

Action Members,

Saya yakin anda semua sudah tahu ya yang namanya prinsip Pareto atau prinsip 80/20.

Prinsip ini berlaku di mana saja, termasuk di TDA.

Jadi, dari 100% member TDA, saya yakin hanya 20% yang berhasil.

Maksud saya, bukan berarti yang 80%-nya gagal, tapi mungkin lebih lambat perkembangannya dibandingkan yang lain.

Apa pun usaha yang kita buat, ya seminar, ya workshop, ya mastermind, ya focus group discussion, dan sebagainya…prinsip 80/20 itu pasti selalu berulang.

Yang bisa kita lakukan hanyalah memaksimalkan ikhtiar saja.

Saya dan teman-teman yang peduli dengan TDA selalu berpikir dan berupaya merancang program yang bisa “menyentuh” seluruh membernya yang sudah mendekati 2.000 ini.

Untuk membalikkan prinsip pareto itu saya rasa adalah utopia. Tidak mungkin. Polanya akan selalu begitu.

Cuma, satu hal yang menurut saya sangat efektif untuk meningkatkan rate of success member TDA adalah program mastermind. Rate of successnya jauh lebih tinggi dibanding program-program lain. Makanya, tahun 2008 dan ke depan ini program utama dan andalan TDA adalah mendorong supaya membernya ikut ber-mastermind.

Sudah banyak member yang mengakui “kesaktian” program mastermind ini.

Tapi, itu semua kembali kepada pribadi masing-masing ya. Di sini tidak ada jaminan apa pun. Kita hanya terus mencari cara apa pun yang dianggap berhasil dan kemudian mengembangkannya.

Oya, semua orang mengakui kedahsyatan prinsip Pareto ini. Tapi ada lagi prinsip yang juga dahsyat yang kalau digabungkan dengan prinsip ini hasilnya akan lebih dahsyat lagi. Apa itu? Insya Allah besok-besok saya sambung lagi.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

NB: Tulisan terkait dengan prinsip Pareto ini sudah pernah saya posting di blog ini. Tapi cari sendiri ya. Saya lagi males nyari link-nya nih. Sori ya…

NB 2: Apa saja kunci sukses membangun komunitas? Silakan baca tulisan Mbak Iim Fahima di sini. Studi kasusnya adalah TDA. Hehe…

NB 3: FYI, bagi yang tertarik dengan bukunya Roger Hamilton: Your Life Your Legacy, sekarang sudah ada terjemahannya. Kemarin saya lihat di Gramedia Matraman.

Standar

Tinggalkan Balasan

