Business, Mindset

Prinsip Parkinson: The Power of Urgency

Seperti saya janjikan kemarin, setelah mengetahui dan menggunakan Prinsip Pareto, akan semakin dahsyat kalau kita juga menggunakan prinsip yang satu lagi, yaitu Prinsip Parkinson.

Udah ada yang pernah dengar?

Kalau anda saya berikan suatu tugas rumit yang harus diselesaikan dalam waktu 1 x 24 jam, itulah Prinsip atau Hukum Parkinson.

Alumni Workshop TDA Entrepreneur Maker di tantang untuk harus memulai usaha dalam waktu 90 hari, itulah Prinsip Parkinson.

Prinsip Parkinson adalah tentang Sense of Urgency.

Seseorang yang diberikan tugas dengan batas waktu sangat singkat akan berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan tugas itu.

Otaknya dengan otomatis mencari solusi supaya tugas itu selesai tepat pada waktunya.

Otaknya dengan otomatis akan terkonsentrasi, fokus dan mampu memilah-milah mana yang prioritas mana yang tidak.

Akhirnya tugas tersebut selesai pada waktunya dengan baik.

Coba bandingkan dengan tugas serupa dengan batas waktu yang lama, misalnya 1 minggu. Ia akan cenderung bersantai dulu. Mengerjakan yang tidak penting. Membesar-besarkan hal yang sepele. Akhirnya tugas itu pun diselesaikan dengan tidak maksimal.

Pengunaan Prinsip Pareto membatasi pekerjaan hanya untuk yang penting-penting saja dan dapat menghemat energi (waktu, tenaga, pikiran), istilahnya Stephen Covey adalah “first thing first”.

Penggunaan Prinsip Parkinson akan mempersingkat waktu kerja, fokus, membatasi pekerjaan kepada yang penting-penting dan urgent saja.

Di dalam bisnis, penggunaan pendekatan sinergis antara Prinsip Pareto dan Prinsip Parkinson dampaknya akan dahsyat sekali.

Identifikasi beberapa tugas yang sangat penitng dan paling berkontribusi terhadap pendapatan perusahaan, jadwalkan tugas-tugas tersebut dan batasi penyelasaiannya dalam waktu sesingkat mungkin.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

QUOTE: Kecintaan akan kesibukan bukanlah produktivitas. – SENECA

NB: Mau mengintip apa yang dilakukan oleh Mastermind TDA Cipasera tanggal 3 Mei lalu? Silakan baca di sini


NB 2: Saya selalu mencari dan menambahkan blog menarik di feed blog ini. Akhirnya ketemu blognya Uni Evi Indrawanto, member TDA yang kebetulan juga sekampung dengan saya. Isinya menarik, tulisannya kuat dan inspiratif. Coba deh tengok di sini.

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s