Life, Mindset, Money and Investing

Pendapatan Absolut versus Pendapatan Relatif

Ada dua orang pengusaha atau TDA, sebut saja Harry Connick, Jr dan Chris Botti.

Harry berpenghasilan Rp. 2 miliar per tahun atau Rp. 38 juta per minggu dan Chris memperoleh Rp. 1 miliar per tahun atau Rp. 19 juta per minggu.

Bedanya, Harry bekerja 80 jam per minggu sedangkan Chris bekerja 10 jam per minggu.

Siapa yang lebih kaya di antara mereka?

Kalau diukur dari sisi pendapatan absolut – di mana hanya 1 variabel yang diukur yaitu uang – jelas Harry lebih kaya dibandingkan Chris.

Kalau diukur dari sisi pendapatan relatif – di mana yang diukur adalah 2 variabel yaitu uang dan waktu – maka Chris-lah yang lebih kaya.

Harry bekerja 80 jam per minggu atau mendapatkan Rp. 475 ribu per jam. Sedangkan Chris hanya bekerja 10 jam per minggu atau mendapatkan Rp. 1,9 juta per jamnya.

Ingat, kita harus sepakat bahwa kaya itu diukur dari pendapatan (uang) dan juga waktu.

Konsep pendapatan absolut “per tahun” itu sering menjebak kita. Di balik pendapatan yang besar itu, banyak sekali energi dan pengorbanan yang terkuras.

Namun, pendapatan relatif itu juga harus mencapai jumlah minimalnya. Jumlah itu harus bisa membiayai gaya dan kualitas hidup yang kita inginkan.

Isn’t that interesting?

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

QUOTE: Saya tidak bisa memberi anda rumusan yang pasti untuk sukses, namun saya bisa memberi anda rumusan untuk kegagalan: cobalah selalu menyenangkan semua orang. – Herbert Bayard Swope (peraih Pulitzer)

NB: Buku saya yang materinya diambil dari blog ini insya Allah akan selesai 2 bulan lagi, kata Pak Isdiyanto (pemred Majalah WK). Buku itu tengah disusun oleh editor yang “merangkai” setiap postingan di blog ini supaya lebih menarik dan saling berhubungan. “Buku ini akan lain dari yang lain, Mas Roni’, kata Pak Is lagi. Seperti apa ya? Ditunggu aja…

NB 2: Pagi ini saya menambahkan 2 lagi blog feed member TDA yang sayang sekali kalau dilewatkan. Silakan tengok catatan inspiratif dari Pak Mukhlisin dan Pak Yusuf Iskandar ini.

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s