Life

10.000 Steps A Day Keep The Doctor’s Away

An apple a day keep the doctor’s away. Ungkapan yang sudah cukup dikenal itu sekarang bisa diganti menjadi 10.000 steps a day keep the doctor’s away.

Dari postingan kemarin, banyak yang menanyakan tentang pedometer, alat penghitung langkah itu. Di mana belinya? Berapa harganya?

Saya belinya di Gramedia Matraman. Harganya Rp. 79.000.

Alat sederhana yang penggunaannya dilekatkan di ikat pinggang ini tidak hanya menghitung jumlah langkah, tapi juga jarak yang ditempuh (dalam kilo meter), jumlah kalori yang dibakar, total waktu yang ditempuh.

Cuma ada kelemahannya. Dari keempat unit yang saya beli, tidak semuanya akurat. Ada yang menghitungnya berlebih dan ada yang kurang. Misalnya, secara aktual kita melangkah 10 kali, tapi dihitung 12, berlebih. Ada juga yang malah kurang jadi 8 atau 9. Tapi, its okey lah. Yang penting bukan kearutannya, tapi manfaat dan dampak yang dihasilkannya.

Dari 4 unit yang saya beli itu, 3 di antaranya saya hadiahkan untuk ibu dan mertua saya yang kebetulan sedang di Jakarta. Satunya lagi untuk Pak Eko yang juga tengah mencari-cari alat itu.

Dampaknya, ibu mertua saya yang memang punya gejala jantung jadi lebih bersemangat untuk jalan pagi. Pagi-pagi sekali beliau sudah berkeliling komplek sambil menggendong Vito.

Saya sendiri juga merasakan dampak yang sama. Lebih bersemangat untuk jalan kaki. Setiap ada peluang untuk jalan kaki selalu saya manfaatkan semaksimal mungkin. Maklum, mayoritas aktivitas saya adalah duduk. Di rumah duduk sambil baca buku atau membuka laptop. Di perjalanan duduk lagi di belakang stir. Di kantor juga duduk di ruang kerja.

Makanya, kalau melihat tangga saya senang sekali. Bahkan di eskalator pun saya berjalan. Biasanya, ke Indomaret yang tidak jauh dari rumah selalu pakai mobil, sekarang jalan kaki.

Yang paling signifikan adalah jadi lebih rajin mengunjungi pusat kebugaran. Sebisa mungkin saya menggunakan treadmill. Di sela-sela jam kantor saya usahakan mampir ke pusat kebugaran. Lumayan, 20 menit di treadmill itu menghasilkan 3.000-an langkah.

Berikut ini adalah acuan hitungan langkah per hari:

Kurang dari 5.000 langkah = kurang

5.000 – 7.499 langkah = cukup

7.500 – 9.999 = aktif

10.000 atau lebih = sangat aktif

12.500 atau lebih = super aktif.

Om saya yang tinggal di Duri, Riau itu rata-rata 15.000 langkah per hari. Saya sendiri rata-ratanya masih di bawah 5.000 per hari.

Berjalan cepat di treadmill selama 20 menit itu menghasilkan 3.000-an langkah. Jadi, kalau mau mencapai target minimal 7.500 itu paling tidak harus berjalan cepat selama kurang lebih 50 menit.

Makanya, para pedagang keliling atau pemulung itu sehat-sehat lantaran setiap hari dihabiskannya dengan berjalan kaki.

Saya sih realistis saja. Target awal 7.500 saja dulu. Salah satu kuncinya adalah disiplin dan konsistensi. Insya Allah.

Semoga bermanfaat.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

NB: Saya ingin mengusulkan kapan-kapan TDA bikin acara jalan santai keluarga di hari Minggu. Jalan dari Senayan menuju Monas, atau di Pantai Ancol juga menarik.

NB 2: Banyak yang nanyain update foto Vito terbaru. Baru sekarang sempat saya update. Silakan dilihat di sini. Tks

Standar

One thought on “10.000 Steps A Day Keep The Doctor’s Away

  1. uta888 berkata:

    disiplin. mudah diucapkan tapi susah dilaksanakan. karena begitu banyaknya godaan.
    sekarang saya sedang belajar disiplin dan berpikir sistematis.
    doain ya… semoga saya berhasil.

    Suka

Tinggalkan Balasan

