Life

Simple Life, Uncluttered Life

Dari semalam saya disibukkan dengan memindahkan file-file digital di laptop ke portable hard disk yang baru saja dibeli.

Saya melakukan ini karena semakin banyaknya “sampah digital” yang ngendon di hard disk.

Kenapa saya sebut sampah? Karena sebagian besar file tersebut tidak saya gunakan. Saya tumpuk begitu saja dan hampir tidak pernah dibuka.

Luar biasa, berjam-jam waktu saya habis untuk itu.

Sekarang sebagian besar sudah dipindahkan. Laptop sekarang sudah “enteng” lagi.

Saya yakin sebagian besar kita punya kebiasaan menumpuk apa pun. Baik itu buku, majalah, koran bekas, perabot, souvenir, pakaian, sepatu, barang kenang-kenangan, dan sebagainya.

Akhirnya rumah pun jadi gudang penumpukan barang. Padahal, mungkin hanya 20% dari barang itu yang kita gunakan. Rumah pun jadi gudang.

Sekarang ini tengah berkembang gaya hidup minimalis, rapi, simple atau uncluttered life (tidak berantakan).

Konsepnya adalah fungsional. Segala hal yang tidak fungsional harus disingkirkan. Segala hal yang mengundang kerepotan, menguras energi dan waktu, dienyahkan.

Adalah Jamie Lee Curtis, seorang artis top Hollywood yang tengah gandrung dengan gaya hidup simple atau uncluttered ini.

Bahkan dia memilih jalan yang menurut saya agak ekstrim.

Dia memutuskan untuk tidak memakai make up lagi. Tidak lagi mengecat rambutnya yang sudah berwarna grey. Tidak lagi melakukan diet ketat yang merepotkan.

Pakaian pun dikuranginya. Dalam setahun dia hanya membeli 3-4 potong pakaian. Warnanya putih atau hitam yang dirotasi pemakaiannya untuk setiap acara yang dihadirinya. Celana jeansnya cuma satu. Seluruh perhiasannya diberikannya kepada orang lain, karena ia tidak lagi menggunakannnya.

Agak ekstrim memang. Tapi menarik.

Saya mau coba gaya hidup uncluttered ini.

Saya melirik sudut-sudut rumah. Banyak barang yang sebenarnya berkategori tidak fungsional.

Banyak sekali baju tidak terpakai. Tumpukan majalah menggunung di sudut ruangan. Harus segera “dienyahkan” nih…

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

NB: Kemarin telah dilakukan pengambilan gambar oleh Astro TV. Insya Allah koleksi rajut Manet akan dipakai oleh Okky Asokawati di acara yang akan ditayangkan sekitar bulan Juli itu.

Standar

2 thoughts on “Simple Life, Uncluttered Life

  1. Fajri Kurniawan berkata:

    tapi pak gmn klo bs memfungsionalkan barang yg tidak fungsional? mungkin menarik juga.
    sy paling semangat klo membaca RSS dari blog bapak. sudah lama sy langganan. sy sndiri blum blum bisa n blum nyoba jadi TDA hehe.. trims

    Suka

  2. Faizin berkata:

    Numpang lewat pak Roni… saya masukin ke blogroll ya?
    Oh ya… kalo di manufacturing, anda sedang menerapkan prinsip 5S yang pertama yaitu Sort/Seiri yaitu memilah barang yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak perlu.
    Tinggal melangkah ke S yang ke dua pak, hehehehe….

    Suka

Tinggalkan Balasan

