Books and Learning

Buku-Buku yang Lagi Saya Incar

Pagi ini saya mengecek daftar buku terlaris di Amazon dan New York Times.Secara berkala saya mengikuti perkembangan buku internasional dari sana atau berdasarkan rekomendasi dari blog-blog yang rajin saya sambangi seperti Joe Vitale, Stephen Shapiro, Tom Peters, Seth Godin dan sebagainya.

Beberapa buku menarik dan masuk dalam list incaran saya di antaranya:

1. The Speed of Trust dari Stephen M.R. Covey (putranya Stephen Covey). Menurutnya, keperyaan itu akan meningkatkan kinerja bisnis yang meningkatkan kecepatan dan efisiensi.

Ini menarik. Saya sendiri telah membuktikannya. Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan seorang mitra di mana kami telah bertransaksi berulang kali tanpa pernah bertemu muka sekali pun! Bahkan dia pun kaget ketika mendapati saya yang ternyata masih muda, jauh dari bayangannya. Saya disangkanya bapak-bapak.

Saya melakukan transaksi dengannya hanya dalam hitungan hari langsung deal. Jelas, transaksi yang dilandasi trust yang tinggi ini begitu menghemat waktu dan uang dalam prosesnya.

Warren Buffet mengkuisisi sebagian besar saham Wal Mart hanya dalam waktu 23 hari. Biasanya bisa berbulan-bulan. Buffet percaya dengan kredibilitas perusahan itu.

Ini buku penting. Bangsa ini terpuruk karena runtuhnya trust di kalangan warga negaranya. Lihatlah, segala sesuatunya berbiaya mahal di negara ini. Rendahnya kepercayaan mengakibatkan ekonomi biaya tinggi.

Maka tepatlah saat ini di TDA, komunitas yang tengah saya bangun ini mulai dicanangkan yang namanya”high trust community”. Jika ini terbangun, hasilnya bakalan dahsyat sekali.

Oleh karena itu, buku ini menjadi prioritas incaran saya.

2. Increase Your Financial IQ dari Robert Kiyosaki (RK). Buku ini juga masuk top ten NY Times. Ini buku kudu di beli, untuk melengkapi koleksi buku RK saya. Saya belajar banyak dari RK.

Dari pengalaman saya mengelola bisnis, ternyata kepiawaian mengelola bisnis tidak sama dengan financial IQ. Omzet bisnis boleh hebat, tapi belum tentu si pengelola bisnis itu pintar mengelola uang.

Banyak sekali saya dapati para pebisnis yang hebat yang akhirnya terjungkal karena sembrono dalam mengelola uang. Banyak pebisnis yang tidak mampu mengelola uang atau tidak memiliki Financial IQ yang memadai.

Buku ini juga penting dikoleksi dan dipraktekkan ilmunya.

3. Buku-buku dari Eckhart Tolle. Penulis ini lagi naik daun. Dibicarakan di mana-mana. Masuk dalam Oprah Book Club berulang kali. The Power of Now dan A New Earth: Awakening Your Life Purpose masuk di jajaran best seller Amazon.

The Power of Now sudah saya miliki tapi masih menunggu giliran dibaca. Saya suka dengan ide bagaimana menikmati hidup saat ini, bukan besok atau kemarin. Soalnya, banyak orang yang sibuk mengkhawatirkan masa depan dan menyesali masa lalu. Kenapa tidak menikmati hari ini?

Buku ini rada mirip dengan The Present-nya Spencer Johnson, cuma lebih kuat dimensi spiritualnya.

4. A Thousand Splendid Suns, sebuah novel karya Khaled Hosseini. Setelah membaca novel pertamanya – The Kite Runner – rasanya novel keduanya tidak akan kalah serunya.

Membaca novel sastra itu penting, untuk mengasah “mata hati” kita. Saya selalu berusaha membaca fiksi untuk mengimbangi buku-buku bisnis.

Saat ini saya hampir menamatkan The 4 Hour Work-Week-nya Tim Ferris. Ini buku yang mengguncang pikiran juga. Tapi bagi saya ide dibuku ini bukanlah hal baru. Saya sudah mempraktekkan sebagian pemikiran Tim Ferris ini sejak lama.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim


NB 2: Selamat berlibur ya…Nikmati hari ini!. Saya mau makan ketupat sayur Padang di Benhil. Salah satu favorit saya di Jakarta.

Di tahun 90-an ada film TV favorit saya, Twin Peaks. Ada kata-kata menarik di film itu yang saya praktekkan sampai sekarang: “Everyday, bring yourself at least a present, even though it’s just a cup of coffee”, kata Agen Dale Cooper. Kopi itu kan bisa diganti dengan “sepiring ketupat sayur”. Hehe…

Standar

4 thoughts on “Buku-Buku yang Lagi Saya Incar

  1. Taufan berkata:

    pak kal gak salah ada 5 dari buku itu mengenai increase your financial IQ

    Lima dari buku baru T Kiyosaki

    1. Pertajam bagaimana cara mencari uang
    2. Cari ilmu bagaimana memproteksi harta kita
    3. Ketahui bagaimana mengatur apa yang sudah kita peroleh
    4. Pelajari bagaimana mengungkit uang yang sedikit dan mengubahnya menjadi banyak
    5. Cari informasi terkini mengenai keuangan

    Bermanfaat????

    Semoga

    Suka

  2. zidni agni berkata:

    @ adli
    Tim Ferris ada di Gramed kok pak,
    tapi bahasa Indonesia.
    Terjemahannya agak kacau, istilah Internet Marketingnya kacau 😛

    Suka

  3. Badroni Yuzirman berkata:

    @Zidni: Ya, memang terjemahannya agak kacau. Tapi mendinganlah, daripada beli yang bahasa Inggris. Lagian, belum ada di Indonesia, sepengetahuan saya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

