Indonesiaku

Indonesia Bisa!

Tadi malam saya kagum melihat acara akbar dan kolosal yang digelar di Gelora Bung Karno.

Yel-yel semangat kebangsaan diteriakkan berulang kali membuat hati saya tergetar.

Tanpa saya sadari, sudah lama saya merindukan hal seperti ini. Sejak keterpurukan ekonomi dan reformasi, semangat kebangsaan itu terasa kian menipis.

Nyaris tidak terdengar lagi yel-yel penuh semangat itu seperti saat saya masih SD dulu. Itu yang saya rasakan.

Hal berbeda saya alami ketika berkunjung ke negara tetangga, Malaysia. Saat itu bertepatan dengan HUT Malaysia.

Semangat kebangsaan dan kebanggaan terhadap negara begitu terasa di sana. Di seantero kota bertebaran bendera dan tulisan: Malaysia Boleh! atau Kerenamu Malaysia.

Saat perayaan puncak, jalan protokol ditutup. Rakyat berbondong-bondong ke pusat kota menyaksikan atraksi spektakuler, gemerlap penuh kemeriahan.

Acara kenegaraan diselenggarakan di pusat pemerintahan, Putra Jaya. Hebat luar biasa. Beda jauh dengan di sini.

Pada saat itu saya merasa iri. Ada yang hilang di bangsa kita. Semangat kebangsaan dan harga diri sebagai bangsa kita sedang menurun.

Maka, momentum 100 tahun Kebangkitan Nasional ini menjadi sangat penting. Apalagi bangsa kita terus-menerus diuji ketahanannya belakangan ini.

Indonesia Bisa!

Saya suka slogan ini.

Dari mana kita memulai? Saya selalu merujuk pendekatannya Aa Gym. Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, mulai saat ini.

Banyak hal yang bisa kita lakukan. Prioritasnya adalah di “lingkaran pengaruh” kita. Diri sendiri, keluarga, lingkungan, bisnis dan komunitas.

Indonesia Bisa! (sambil menuliskan ini, badan saya merinding)

Salam FUUUNtastic!

Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

NB: Satu hal yang membanggakan saya adalah produk Manet begitu diminati di Malaysia. Bahkan ada 2 orang peminat berebut ingin menjadi distributor tunggal Manet di sana. Indonesia Bisa! Manet Bisa!

NB 2: Tampilan blog ini saya sederhanakan. Alasannya supaya lebih sederhana dan ringan diakses. RSS Feed saya hilangkan karena nantinya akan menjadi konten portal TDA yang dalam waktu dekat akan diluncurkan.

Standar

Tinggalkan Balasan

