Business

Persiapan Menyambut Peak Season


“Wah, lagi sibuk ya Pak? Biasanya kalau saya ke sini nggak sesibuk ini”, tanya James keheranan melihat karyawan dan model yang lalu lalang di kantor Manet kemarin.

“Ya, hari ini memang ada sesi pemotretan untuk koleksi terbaru yang sekaligus koleksi lebaran”, jawab saya.

James hari itu sedang berkunjung ke Manet. Saya dan James memang selalu menyempatkan diri untuk bertemu dan berdiskusi tentang bisnis dan properti.

Manet memang tengah sibuk berat mempersiapkan diri menyambut momentum setahun sekali yang merupakan ajang panen raya di bisnis fashion dan apparel seperti ini. Tidak kurang dari 70 disain terbaru akan ditampilkan di edisi menyambut hari raya ini.

Di bisnis seperti ini, puncak penjualan terjadi di kuartal ketiga. Ini adalah momen “make or break”. Sekitar 50-60% omzet penjualan dihasilkan dalam tiga bulan kuartal penting ini.

Jadi, semuanya harus dipersiapkan dengan matang. Mulai dari disain, proses sampling, pemesananan bahan baku, produksi, quality control, sampai delivery ke tangan pelanggan.

Namun, namanya bisnis tidak semuanya berjalan sesuai rencana. Biasanya ada saja kendala dan tantangannya. Itu adalah “makanan sehari-hari” kita sebagai pebisnis.

Selalu saja ada “unpredictable factors” yang muncul. Mulai dari bahan baku yang tiba-tiba habis dari pasaran, harga bahan baku yang tiba-tiba naik gila-gilaan.

Belum lagi masalah di penjahit. Penjahit biasanya suka jual mahal di saat peak season ini. Mereka tidak mau menjahit model yang susah. Mereka sering mengeluh disain Manet terlalu rumit untuk dikerjakan. Ya, terpaksa harus mengalah.

Namun, sekali lagi itu adalah menu sehari-hari kita sebagai pebisnis. Kalau tidak mau masalah ya jangan bisnis dong… Ya, nggak gitu juga…

Masalah itu akan selalu ada. Sekarang tergantung cara pandang dan cara kita memaknai masalah itu.

Dari pengalaman, saya yakin dan bisa berkesimpulan bahwa di balik masalah itu selalu ada peluang. Peluang untuk bertumbuh, peluang untuk perbaikan, peluang untuk peningkatan bisnis.

Jadi, masalah itu sebenarnya adalah semacam sinyal atau warning: Hei, kamu mau naik kelas nggak? Nih selesaikan dulu ujian ini…

So, untuk anda yang bergerak di bisnis fashion dan apparel seperti saya, sudah sejauh mana persiapan anda menyambut peak season ini? Mudah-mudah lebih baik dan lebih siap lagi dibanding tahun lalu ya…

Manfaatkan momentum sekali setahun ini dengan sebaik-baiknya.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

NB: Saya menerima beberapa keluhan mengenai pelayanan Manet belakangan ini. Terus terang, ini salah satu masalah yang tengah terus perbaiki saat ini. Pesanan begitu tinggi, sehingga tidak semua terlayani dengan baik, bahkan tidak sempat dilayani. Mohon maaf. Insya Allah kami akan terus berbenah diri.

NB 2: Siang ini saya akan menemani pengurus TDA yang akan bertemu dengan pihak Bank BNI yang rencananya akan mensponsori seluruh kegiatan TDA, baik yang online (portal) maupun offline. Mohon doanya. Semoga lancar dan membawa manfaat bagi member TDA.

NB 3: Setelah itu saya akan menghadiri TDA IT Forum: TDA Goes Open Source di Hotel Sofyan Betawi. Acara ini akan hadir pembicara tamu Bpk. Andry S. Huzain, Deputy General Manager IT, PT. Agranet Multicitra Siberkom (Detikcom). Di acara ini juga akan dicanangkan program “TDA Goes Open Source” oleh Direktur TDA, Pak Iim Rusyamsi.

NB 4: Hari ini jam 14-16 akan ada TDA Business Conference via Yahoo! Messenger dengan topik Bagaimana Pindah Kuadran dari TDB menjadi TDA oleh Pak Hadi Kuntoro. Informasi dan pendaftarannya silakan dapatkan di milis TDA.

NB 5: Wah, banyak juga NB-nya. Tapi ini penting. Saya tertarik untuk mengusulkan membuat Gerakan Pay It Forward di TDA seperti yang dituliskan oleh Penasehat TDA, Pak Jamil Azzaini di blognya ini. Bagaimana pendapat anda?

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s