Books and Learning, Business

Find Your Best and Highest Use

Andy Birol memperkenalkan sistim PACER Processs (Process for Acquiring Customers and Enhancing Retention) yang cocok untuk owner driven company yang menghadapi masalah klasik seperti kecenderungan pemilik untuk menjadi hero, melakukan segalanya.

Seluruh tanggung jawab dan tugas ada di pundaknya. Ia terobsesi dengan segala detil dan tetek bengeknya. Lama kelamaan ia akan merasa stress, lelah, dan menjadi toleran terhadap segala kekurangan.

Menurut Birol, pemilik bisnis yang bergaya seperti ini akan membuat perusahaannya menjadi biasa-biasa saja (mediocre) dan jalan ditempat.

Salah satu alat bantunya adalah dengan menemukan Your Best and Highest Use (BHU). Pendekatan ini bisa membantu pemilik bisnis untuk mengenali siapa dirinya dan apa saja kelebihannya. Sehingga nantinya ia bisa fokus dengan kelebihannya itu untuk membesarkan bisnisnya.

Langkah pertama: Temukan Best and Highest Use anda.

Jawablah pertanyaan di bawah ini:

  • Bidang pekerjaan apa yang menjadi keunggulan anda?
  • Apa yang disukai pelanggan dari bisnis anda?
  • Secara spesifik, masalah pelanggan apa yang berhasil dibantu oleh perusahaan anda?

Setelah melakukan proses BHU ini, akan diketahui apa saja kelebihan anda dan perusahaan anda, kebutuhan pelanggan anda. Jujurlah dan spesifik.

Langkah kedua: Identifikasi target market anda.

Target market adalah sekumpulan prospek yang berpotensi untuk menjadi pelanggan terbaik anda.

Pendekatan BHU akan menangkal sindrom “melayani segalanya untuk semua orang”.

Jawablah pertanyaan ini:

  • Siapa saja pelanggan terbaik anda?
  • Kenapa mereka membeli dari perusahaan anda?
  • Dapatkah anda mengidentifikasi mereka dengan detil seperti jumlahnya, frekuensi belanja, rata-rata pembelian, margin per pelanggan?

Langkah ketiga: Dekatkan Kesenjangan (gap) dari langkah pertama dan langkah kedua

Langkah pertama menjawab apa keunggulan anda dan bisnis anda. Langkah kedua menjawab apa saja kebutuhan pelanggan dan perilaku mereka.

Langkah ketiga adalah mendekatkan kedua kesenjangan itu. Semakin dekat kesenjangan antara dua sisi itu akan semakin baik.

Dari dua langkah pertama akan ditemukan masalah-masalah apa yang dihadapi pelanggan (customer’s pain) dan peluang dibalik itu (customer’s opportunity).

Perusahaan anda akan menjadi customer driven company dengan dilandasi oleh BHU.

Operasional perusahaan menjadi lebih sederhana karena fokus kepada keunggulannya, bukan kelemahan.

Semoga bermanfaat.

Have A FUUUNtastic Monday!

Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

NB: Ada tawaran menarik untuk TDA yang sayang untuk dilewatkan.

NB 2: Saya menambahkan 3 “mainan baru” di sidebar blog ini, yaitu slide, Twitter update dan polling. Semoga bermanfaat dan have more fun…

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s