Business

Dari Mana Datangnya Mitra dan Pelanggan Anda?

Sebuah survei online terhadap 4.000 orang dilakukan oleh BNI.com. 73 persen menjawab bahwa mereka mendapatkan sebagian besar berasal dari networking dan referral activities.

Hanya 12 persen yang menjawab mendapatkan dari advertising dan kurang dari 10 persen mendapatkan pelanggan dari cold calling.

Pentingnya networking dan referral activities berulang kali ditekankan oleh Brad Sugars dalam buku Instant Referral dan Instant Business Series-nya.

Jay Conrad Levinson dalam The Guerrilla Marketing Series-nya juga kurang lebih menyarankan hal serupa.

Intinya, networking dan referral adalah aktivitas yang low budget but high impact, meminjam istilahnya Hermawan Kartajaya.

Pemilik bisnis kecil atau start-up perlu cara-cara kreatif dalam membesarkan bisnisnya. Ketatnya kapital membuat mereka harus kreatif memutar otak untuk melakukan kegiatan yang murah meriah tapi punya deep impact.

Saya pun melakukannya. Ketika Manet mencoba bangkit lagi di awal 2004, saya berpikir keras untuk mengalokasikan sumber daya yang sangat terbatas ketika itu.

Salah satu aktivitas low budget high impact saya adalah karena kedekatan dengan Pak Tung Desem Waringin. Ia selalu mempromosikan Manet di setiap event seminar dan talkshow-nya.

Saya teringat ketika Pak Tung berulang kali mempromosikan Manet di Smart FM yang disiarkan di 8 kota. Tak sedikit calon pelanggan yang terjaring dari promosi gratis tapi high impact ini.

Dalam sebuah seminar Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) DKI, oleh Pak Tung yang menjadi ketua saat itu, saya sempat di daulat berdiri dan diperkenalkan di hadapan pengusaha-pengusaha “kakap” yang hadir di sana. Seluruh mata memandangi saya. Nama saya terangkat.

Tak sedikit pula di antara mereka yang kemudian mengajak berkenalan dan berminat menjadi mitra.

Saya ingat sekali dengan kata-kata yang sering diulang-ulang oleh Pak Tung ketika itu: nasib anda lima tahun mendatang tergantung kepada 2 hal, yaitu apa yang anda masukan ke dalam kepala (maksudnya ilmu) dan siapa yang mengenal anda.

Kata-kata itu benar adanya.

Semua itu kembali lagi adalah berkat the power of networking dan referral. Kalau di TDA istilah itu saya ganti dengan the power of silaturahim. Silaturahim membuka rezeki.

So, masih enggan ber-networking? Apalagi sekarang sudah ada Facebook. Networking jadi lebih menyenangkan, mudah dan murah.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

Standar

2 thoughts on “Dari Mana Datangnya Mitra dan Pelanggan Anda?

Tinggalkan Balasan

