Books and Learning, Business

Google: Besar karena Mengurusi yang Kecil

Saya terkesima dengan presentasi dari Derek Callow, Marketing Lead Google untuk wilayah Asia Tenggara.

Dari presentasinya yang disajikan dihadapan ratusan hadirin yang menghadiri Seminar Memanfaatkan Internet untuk Pengembangan Bisnis di Ritz Carlton, Pacific Place kemarin, saya menyimpulkan bahwa Om Google ini menjadi besar karena mengurusi yang kecil.

Google menggurita dan nyaris sulit dikejar oleh pesaing mana pun karena ia jeli menangkap peluang dari bisnis “long tail” recehan yang dikumpulkan sen demi sen dari para pemasang iklan kelas UKM di seluruh dunia.

Jutaan orang telah merasakan berkah dollar dari Google Adsense, Google Adwords dan produk-produk lainnya yang nyaris tidak dilirik oleh pemain lainnya.

Akhirnya, mereka terperangah. Yahoo! terseok-seok penghasilannya. Microsoft “ketingalan kereta” menyaksikan peta dunia bisnis internet seperti dibelah-belah oleh Google. Mungkin mereka terserang penyakit “marketing miopia” yang sering diderita oleh pemain besar yang hanya melihat ke langit dan melupakan bumi yang dipijaknya.

Di Indonesia, Google berkolaborasi dengan raksasa lokal, DetikCom. Luar biasa. Ini ibarat botol ketemu tutupnya. Saya sampai ‘ngeri’ membayangkan dahsyatnya hasil dari kolaborasi kedua kekuatan ini.

Salut untuk Detik yang terus bergerak, mewarnai dan peta dunia internet Indonesia. Detik menjadi salah satu penentu arah dan wajah internet di Indonesia masa depan, seperti sering diungkapkan oleh Mas Andrias Ekoyuono setiap kali berbincang dengan saya.

Kami dari para pengusaha UKM Indonesia, tentu menyambut hanya kolaborasi yang bakal ikut mendongkrak bisnis kami di ranah online ini. Manet yang telah merasakan nikmatnya berkah bisnis online selama ini juga tentu akan memanfaatkan peluang ini.

Apalagi setelah diyakinkan oleh “kesaksian” Pak Irwanto, salah satu contoh sukses pengusaha yang memanfaatkan Detik AdPoint, salah satu produk DetikCom yang menyasar pasar UKM ini.

Acara yang digelar di hotel megah yang dihadiri oleh para pemasar era “new wave”, blogger ngetop dan pengusaha UKM ini menawarkan harapan dan peluang yang menjanjikan di bisnis internet.

Bagi yang sudah memulainya, seriuslah mengolah peluang ini. Sudah 27 juta orang netter di Indonesia saat ini. Bagi yang belum, masihkah anda perlukan banyak bukti sukses lagi? Kenapa tidak anda saja yang menjadi bukti itu?

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

NB: Terima kasih kepada Mas Andrias dan DetikCom atas undangannya untuk TDA. Makan siangnya enak. Rasanya ‘nendang’. Nggak salah pilih, Ritz Carlton memang oke. Semoga sinergi TDA dan Detik makin erat dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.

NB 2 : Sampai jumpa di TDA Forum Special Soft Launching The All New Portal TDA dan seminar bersama Nukman Luthfie. Be there. Jadilah saksi sejarah tonggak penting di TDA ini.

Iklan
Standar

6 thoughts on “Google: Besar karena Mengurusi yang Kecil

  1. Badroni Yuzirman berkata:

    @Tips: Insya Allah. Mohon doa dan dukungannya. Terima kasih.

    @Taufan: Makanya, jangan ditunda-tunda Pak…Tks

    Suka

  2. Eka Riyadi berkata:

    Wahhhh HEBAAAATTT bila Google sudah melirik Indonesia… Semoga dari jalur bisnis internet makin banyak pengusaha muda (netPreneur) yang sukses… yaahhh minimal 85% Sukses semua laaahhh… 15%nya sukses luarrrr biasaaaaa… dan mereka dapat membangun bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat…

    Suka

  3. Admin berkata:

    wah coba saja saya gak lalai, mungkin saya pasti ikut…

    dan yg paling menggembirakan dari hasil seminar ini (dengar2), kalau2 adsense + paypal akan full support buat bangsa kita ini “Indonesia”

    merdeka…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s