Business, Komunitas TDA

Media Indonesia: Kisah Sukses Member TDA, Rp1 Juta Berbuah Pabrik Bioetanol

LULUS dua tahun lalu dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Adzan Wahyu, 24, mengaku belum punya pengalaman kerja.

Adzan memang belum pernah jadi karyawan, tapi kini ia telah punya 13 pekerja yang membantunya menjalankan deretan bisnisnya.

Usahanya mulai dari pengelolaan warnet yang kini jumlahnya sebelas hingga mendirikan perusahaan internet service provider. Saat ini dia juga menyediakan jasa RT-RW net atau fasilitas internet untuk kawasan permukiman, yang kini sudah memiliki 20 mitra.

”Selain itu saya juga main properti, ada beberapa kos-kosan, berdagang saham, dan sekarang set up pabrik bioetanol, semuanya terkoneksi via TDA,” kata pebisnis yang mengaku punya banyak kakak dan orang tua baru dari komunitasnya.

Adzan mengaku mengawali semuanya dengan uang Rp1 juta yang diambilnya dari laci orang tuanya saat mereka pergi ke luar kota. Ia memutarnya untuk jadi modal berdagang makanan ikan lohan.

“Saya jadi agen makanan ikan, satu (kota) Bekasi ngambil makanan lohan dari saya. Kebetulan pemilik perusahaan pakan itu kenal baik, uang satu juta itu akhirnya saya kembalikan ke laci seminggu kemudian, nilainya sudah berlipat,” kata lelaki yang menggemari lohan itu.

Dua buah warnet kemudian dibidaninya. Mentoring yang didapatnya dari para seniornya di TDA kemudian membuat langkah bisnisnya kian agresif. Proyeknya yang terbaru, pabrik bioetanol berbahan baku tebu yang didatangkan dari Cirebon, juga berawal dari interaksinya di dunia maya. Ia mendapat suntikan modal dari seorang pengusaha call centre asal Indonesia yang bermukim di Singapura.

“Insya Allah saya berkomitmen untuk terus aktif di TDA, silakan mampir di adzanwahyu.com atau *adzan101.blogspot.com*. Komitmen ini wujud terima kasih saya kepada para pendiri TDA,” kata pria yang baru mengakhiri masa lajangnya empat bulan lalu. (Iis/M-2)

Sumber: Media Indonesia, Minggu, 14 September 2008

Iklan
Standar

2 thoughts on “Media Indonesia: Kisah Sukses Member TDA, Rp1 Juta Berbuah Pabrik Bioetanol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s