Business, Komunitas TDA

TDA Goes To IBM INTRADE, Kuala Lumpur 12-15 November 2008

Bertempat di lantai 12 Plaza Mutiara, Kawasan Mega Kuningan, kemarin, saya dan 20-an anggota TDA menghadiri undangan briefing dari MATRADE mengenai keberangkatan kami ke Incoming Buying Mission (IBM) INTRADE Malaysia 2008.

MATRADE itu mirip dengan Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) di Indonesia. Cuma ia lebih independen dibandingkan BPEN. Sehingga lebih lincah dan agresif bergerak ‘menjemput bola’, mendatangkan para calon buyer untuk membeli produk-produk Malaysia.

Bayangkan, para calon buyer nanti jumlahnya sekitar 800-an dari seluruh dunia. Semua akomodasi selama di Kuala Lumpur ditanggung oleh MATRADE ini.

TDA bisa ikut serta dalam rombongan ini karena informasi dan rintisan yang telah lama dilakukan oleh Pak Agustav Alvie, salah satu anggota TDA yang aktif mengikuti pameran-pameran di luar negeri.

Jadi, dalam acara kemarin kami dibekali hal-hal yang penting untuk diketahui selama di sana. Mengenai akomodasi, transportasi, pakaian, do’s and don’t selama di sana, program-program selama di pameran, dan segala hal terkait dengan kegiatan dan keberadaan kami selama di KL. Seorang pendamping disiapkan khusus untuk rombongan TDA.

Acara akbar tahunan itu akan dibuka oleh Perdana Menteri Ahmad Badawi. Ini adalah kegiatan berskala internasional. Ada sekitar 500 peserta pameran yang hadir dari 50 negara. Malaysia memang terkesan lebih serius dan profesional dalam menjual produk-produk UKMnya. MATRADE sendiri telah membuka perwakilan di 36 negara, termasuk Indonesia.

Meskipun ini adalah buying mission, tapi tetap terbuka kemungkinan bagi kami untuk saling kontak dan juga mencari mitra pembeli dari seluruh dunia. Karena nanti kami akan saling bertemu dan berkenalan dengan para visitor dari seluruh dunia.

Mungkin saja nanti ada yang tertarik dengan produk Manet, misalnya. Untuk itu, kami disarankan juga membawa material informasi secukupnya tentang produk kami sendiri. Di sana, kami akan difasilitasi untuk saling kontak dalam acara khusus yang namanya personal business matching.

Selepas briefing, kami bersepakat untuk bertemu lagi membicarakan hal-hal terkait yang perlu dipersiapkan oleh para member TDA. Kami pun meluncur ke restoran Chowking di Mal Ambassador. Kami memilih Pak Hantiar dan Pak Agustav sebagai koordinator rombongan ini.

Kami membicarakan mengenai keberangkatan, pembuatan kaos TDA, rencana city tour, pembuatan spanduk dan sebagainya. Menurut Pak Hantiar, tercatat sekitar 28 perusahaan dari TDA yang ikut serta dalam rombongan ini. Satu perusahaan diwakili oleh 1-2 orang, sehingga total rombongan mungkin mencapai 40-an orang.

Ini adalah kali pertama TDA ‘keluar kandang’, maksudnya ke luar negeri secara berkelompok. Saya yakin, langkah pertama ini akan diikuti oleh langkah berikutnya. Mungkin saja nanti TDA akan berpameran di Malaysia, Singapura, Dubai, atau Eropa. Who knows. Perjalanan ini akan menjadi portofolio awal buat TDA.

Bravo TDA,

Kuala Lumpur, We are coming…..

Salam FUUUNtastic!
Bersama TDA Menebar Rahmat

Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

Iklan
Standar

3 thoughts on “TDA Goes To IBM INTRADE, Kuala Lumpur 12-15 November 2008

  1. Ping-balik: TDA Goes To IBM INTRADE, Kuala Lumpur 12-15 November 2008 | TDA Goes To Global

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s