Business, Motivasi

Saya Ingin Melihat Agung Sukses

Ass WW. Ini Agung waktu di seminar UI Depok. Mo nanya, besok selasa saya boleh bertemu Pak Roni ke ruko? Apakah Pak Ronii masih di ruko? Maaf ganggu…

SMS itu masuk tanggal 1 Desember, 2 hari setelah seminar saya di FTUI, Depok. Agung, jelas saya ingat sekali nama itu. Agung yang dari Bandung. Agung yang tidak bisa berbicara. Agung yang menyodorkan tulisan berulang kali ke arah saya untuk mengutarakan pertanyaannya.

Langsung saya jawab SMS itu dengan mengiyakan dan memintanya datang hari Selasa jam 10 di kantor saya.

Di pagi hari Selasa saya meng-SMS lagi untuk memastikan kehadirannya tepat jam 10. Namun, SMS itu tidak dibalasnya. Saya berpikir, apakah Agung tidak jadi datang?

Akhirnya saya memutuskan untuk berangkat ke toko buku Kinokuniya, Plaza Senayan. Saya mencari buku-buku disain grafis. Saya ingin membuat logo dan citra baru untuk Manet tahun depan.

Tiba-tiba masuk SMS dari staf saya yang mengabari bahwa ada tamu namanya Agung sudah menunggu. Saya minta disampaikan agar Agung menemui saya di food court Plaza Senayan.

Agung datang bersama istri dan seorang putranya berusia 2 tahun. Kepada saya, istrinya bertutur bahwa ia telah memulai bisnis busana muslim lewat internet. Tapi hasilnya masih jauh dari harapan.

Agung, dalam tulisannya mengutarakan niat yang sama. Berkonsultasi dengan saya bagaimana memulai dan mengembangkan bisnis lewat online.

Beberapa pertanyaan diajukannya di atas kertas. Saya jawab satu persatu secara lisan. Kadang-kadang Agung terlihat bingung dan tertanya kepada istrinya, apa maksud perkataan saya. Rupanya saya berbicara terlalu cepat baginya. Ia kerepotan mengikuti gerakan mulut saya.

Ia terlihat masih bingung menentukan produk apa yang akan dijualnya di internet. Saya hanya memberikan beberapa poin sebagai panduan. Bahwa produk yang ingin dijual hendaklah ada pasarnya, ada peminatnya. Kedua, harus ada margin atau keuntungan. Ketiga, harus bisa di-handle dengan mudah.

Untuk membuat dan mengelola website juga jangan mikir susah-susah. Gunakan prinsip ATM, Amati Tiru Modifikasi. Lihat beberapa website yang menarik, coba perhatikan bagaimana tampilannya, caranya transaksinya dan pelayanannya. Kalau perlu, coba lakukan transaksi untuk mengetahui bagaimana pelayanannya.

Saya memberikan beberapa contoh dari member TDA yang sukses berbisnis secara online bahkan hanya dari blog gratisan. Yang penting bukan kecanggihan dan keindahan estetika dari website, tapi yang penting Show Me The Money!

Website yang baik mengandung unsur AIDA, Attention, Interest, Desire dan Action. Buat sedemikian rupa sehingga pengunjung menjadi tertarik, tumbuh keinginannya dan akhirnya take action untuk membeli.

Satu lagi rekomendasi saya adalah agar membaca dan mempraktekkan isi bukunya Tung DW, Marketing Revolution. Intinya pemasaran online dan offline sama saja. Internet hanya mempermudah dan mempercepat saja. Yang penting, kata Pak Tung, produk atau jasa itu harus punya nilai tambah, dikomunikasikan kepada orang yang tepat dan dalam jumlah yang banyak (faktor kali).

Saya pun menambahkan bahwa mengelola toko online sama juga seperti mengelola toko offline. Kita harus serius di ‘dapurnya’. Artinya harus serius dalam pelayanan, stok barang dan sebagainya. Dan yang penting juga, harus jujur dan menjaga kredibilitas. Berikan yang bisa kita janjikan. Jangan janjikan apa yang tidak sanggup kita penuhi.

Terlihat Agung merasa puas dengan jawaban saya. Saya pun memberinya PR dan tantangan. Saya ingin melihatnya sukses di bisnis online ini. Saya ingin sekali ia bisa menjadi bukti bahwa keinginan kuat saja tidak cukup, harus dibarengi dengan massive action plus strategi yang tepat. Apalagi bagi Agung memiliki keterbatasan secara fisik ini.

Mudah-mudahan. Insya Allah. Kita tunggu beberapa bulan lagi…

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

NB: Hari ini jam 11 saya akan sharing pengalaman bisnis di hadapan lebih dari 6.000 peserta seminar Financial Revolution, di JITEC Mangga Dua Square.

Standar

One thought on “Saya Ingin Melihat Agung Sukses

  1. birojasakendaraan berkata:

    Subhanallah..dengan kekurangan nya agung siap fight dengan pemain2 bisnis garmen yang mapan..
    jadi inget bontot ku yang autis..
    smoga Allah juga memberikan semangat juang yang tinggi seperti mas agung

    Suka

Tinggalkan Balasan

