Books and Learning, Business

Mencoba Meneropong Peruntungan Bisnis di 2009

Hari ini seharian penuh sampai malam saya akan menghadiri perhelatan akbar marketing di Indonesia. The MarkPlus Conference 2009 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Kabarnya, 3.500 peserta akan hadir.

Beberapa agenda yang penting menurut saya di antaranya: special presentation by Hermawan Kartajaya: Riding The New Wave, Are You Ready to Take-Off?

New Wave Marketing, sebuah era marketing baru yang belakangan kerap didengung-dengungkan maestro marketing Indonesia ini. Apa itu new wave marketing? Apa dampaknya terhadap bisnis saya? I’m courious to know…

Belakangan ini saya memang sedang mencoba ‘meneropong’ tren bisnis dan marketing apa sih yang bakal hot di tahun 2009? Apalagi di tengah krisis global yang mau tidak mau juga bakal dirasakan oleh pebisnis Indonesia, tentunya perlu ‘peluru’ yang baru dan cukup untuk menghadapinya.

Kemarin, saya bertemu dan berdiskusi dengan Sumardy Ma dari Octobrand di Senayan City. Ia adalah salah seorang rising star di bidang marketing dan branding, the next Hermawan Kartajaya. Ada beberapa ide dan insight menarik yang ditawarkannya kepada saya. Entrepreneur marketing, word of mouth marketing, adalah beberapa di antaranya. Ternyata, kedua topik itu sekarang sudah jadi studi tersendiri di Kellog atau Harvard.

Melengkapi senjata untuk ‘penerawangan’ saya, maka beberapa majalah pun saya sambar di Toko Gunung Agung. SWA, Marketing dan Entrepreneur terbaru memberikan beberapa insight dan kunci untuk menaklukkan ‘gelombang’ bisnis tahun depan.

Majalah Marketing menawarkan prospek 2009: tren pemasaran, periklanan dan perilaku konsumen. SWA menjajakan tren Marketer 2.0 di tengah maraknya media sosial, menjamurnya komunitas, mobile lifestyle dan lahirnya channel alternatif.

Sementara Entrepreneur, majalah yang saya baca sejak di bangku kuliah ini menawarkan lucrative opportunities in a down economy. Apa saja? Green related business, fitness, online, organic, web apps, energy and anti-aging.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah menyiapkan teropong dan peluru untuk 2009?

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

Standar

5 thoughts on “Mencoba Meneropong Peruntungan Bisnis di 2009

  1. birojasakendaraan berkata:

    hihih..ternyata ga cuma Mama Laurent dan Ki joko bodo ya yang keluarin release buat 2009..pelaku ekonomi juga harus bisa nerawang apa dan bagaimana yang harus di lakukan 2009 nantiii..keep fight

    Suka

Tinggalkan Balasan

