Books and Learning

Ini Dia, Koleksi Buku Terbaru Saya

Penasaran, saya bertanya kepada Pak Try Atmojo, salah seorang pembaca setia blog ini. Rekomendasi apa sih yang biasanya diikuti dari blog ini?

“Buku Pak”, jawabnya. “Setiap buku yang Pak Roni rekomendasikan selalu saya cari di toko buku”.

Rasanya sudah cukup lama juga ya, saya tidak sharing mengenai buku koleksi terbaru di perpustakaan saya. Ini dia listnya. Karena sudah cukup lama, maka listnya jadi cukup panjang. Topiknya tidak hanya bisnis, tapi juga human interest, sastra dan kesehatan.

1. The Star Principle dari Richard Koch. Ini adalah buku ketiga dari penulis ini yang saya baca. Ia adalah penulis buku terkenal The 20/80 Principle. Dipilihnya buku ini punya cerita cukup panjang. Saya menemukannya pertama kali di Kinokuniya KLCC, Kualalumpur. Tapi saya putuskan untuk tidak membelinya. Tapi pikiran saya tidak bisa lepas dari buku itu. Akhirnya saya menyerah. Kalau terus kepikiran, artinya pasti ada sesuatu di buku itu. Di Kinokuniya Plaza Senayan, saya beli juga akhirnya.

Buku ini bercerita tentang ‘star business’, yaitu bisnis yang tumbuh pesat dan menjadi pemimpin di segmen industrinya. Bagi para entrepreneur dan investor, mengenali ciri-ciri dari star business adalah sangat penting. Saya kira ini adalah salah satu buku terbaik dalam koleksi saya tahun ini. Saya merekomendasikannya.

2. Profitable Growth Is Everyone’s Business dari Ram Charan. Sosok ini sering saya tulis juga di blog ini. Ia adalah konsultan kelas dunia dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. Pikiran-pikirannya canggih namun sederhana, aplicable, common sense. Saya suka dengan pemikir-pemikir yang bisa menyederhanakan pikirannya seperti ini. Recommended lah.

Buku ini saya beli di toko buku diskon “Success Shop” di Plaza Peninsula, Singapura. Saya dapatkan setelah bermenit-menit membongkari tumpukan buku lawas yang tak laris lagi di sana. Ia salah satu penulis favorit saya.

3. The Next Millionaires dari Paul Zane Pilzer. Salah satu penulis favorit saya juga pikirannya futuristik. “A vast amount of wealth is being created over the next ten years. Here’s why – and how – you ccan be part of it”. Demikian provokasinya yang sulit buat saya untuk tidak memilih buku ini ketika di Singapura.

Ia adalah seorang profesor dan pernah menjadi penasehat ekonomi dari dua presiden Amerika. Bukunya yang terakhir, The Wellness Revolution sempat membuat saya terpukau, karena memang itulah yang saat ini terjadi.

4. The 7 Laws of Happiness dari Arvan Pradiansyah. Tujuh rahasia hidup yang bahagia. Saya suka penulis ini sejak buku pertamanya Life is Beautiful. Sejak itu saya aktif mengikuti tulisan-tulisannya di majalah SWA. Mencerahkan dan mengisi sampai ke relung jiwa. Jika anda ingin mencari keseimbangan dalam hidup, mencari makna hidup sesungguhnya, jangan lewatkan buku ini. Ini salah satu koleksi terbaik saya tahun ini.

5. New Wave Marketing oleh Hermawan Kartajaya. Seperti saya tuliskan kemarin, buku ini penting sebagai peluru marketing bisnis kita tahun depan. Bedanya dengan buku-buku HK terdahulu, yang ini lebih down to earth dan murah untuk diterapkan. Belum saya baca sih, tapi konsepnya sudah saya pelajari dengan cukup intens. Recommended juga.

6. Crowd dari Yuswohady. Marketing Becomes Horizontal, katanya. Ini sebagai pelengkap dari bukunya HK. Menarik, sederhana dan mudah dimengerti. Saya suka, karena banyak ilustrasi gambarnya.

7. The Answer dari John Assaraf (Guru The Secret) dan Murray Smith. Tadinya saya tidak begitu tertarik dengan buku ini. Saya sudah cukup kenyang dengan ide-ide dari para penganjur The Secret. Tapi ketika buku ini muncul di list terlaris Amazon, pendirian saya goyang juga. Apalagi setelah dikomentari “brilliant!” oleh Stephen Covey dan “masterpiece” oleh Jack Canfield. Buku ini bertutur tentang bagaimana mencapai sukses bisnis, meraih kebebasan finansial dan memiliki hidup yang berkelimpahan. Woow…

8. The Last Lecture, karya Randy Pausch, profesor di Carnegie Mellon. Buku ini masuk list terlaris juga di Amazon. “Siapa yang membaca buku ini akan tertular semangat menakjubkan Randy. Perjuangannya menyentuh hati dan menginspirasi banyak orang’, komentar Andy F. Noya.

Jutaan orang dicuri perhatiannya. Lebih dari 6 juta orang mengakses Youtube dikuras air matanya. Saat dokter mengatakan 10 tumor di levernya membuat hidupnya tinggal beberapa bulan lagi seorang profesor sekaligus ayah bagi tiga anak yang masih kecil ini justru mewariskan peninggalan yang belum pernah diberkan oleh siapa pun sebelumnya…

9. Ide Gila Marketing Tung Desem Waringin oleh Hermawan Aksan. Tadinya saya juga kurang tertarik dengan buku ini. Pasalnya, saya merasa lebih kenal Tung DW ketimbang penulis ini. Tapi, setelah saya buka-buka halamannya ternyata ada satu bab yang membahas tentang saya, muridnya TDW yang terbilang sukses. Lumayan, publikasi gratis sekalian menyalurkan hasrat narsis saya. Hehe…

10. The Miracle of Enzyme, karya Hiromi Shinya, MD. Ia adalah Guru Besar Kedokteran Albert Einstein College Medicine, AS. Saya suka tertarik dengan penemuan-penemuan terbaru di bidang kesehatan. “Membuka paradigma baru tentang diet dan pola hidup sehat”, demikian komentar Siti Faradilah Supari, Menkes kita.

11. Maryamah Karpov, novel tetralogi terakhir dari Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, penulis cerdas yang saya kagumi sampai ke ubun-ubun. Benar, pembaca. Coba saja nikmati sendiri. Saya jamin ketagihan. Jalinan kata-katanya begitu cerdas, luas dan lincah menari-nari. Kadang sedih, kaget dan terbahak-bahak menikmati lembar demi lembarnya. Novel terakhir ini begitu dinantikan setelah Edensor. Dalam bilangan hari saja, sudah cetakan kedua yang saya dapati. Luar biasa.

Selain itu ada beberapa buku gratisan yang saya terima, yaitu SEFT Spiritual Emotional Freedom Technique, Cara Tercepat dan Termudah Mengatasi Masalah Fisik dan Emosi karya Ahmad Faiz Zainuddin dan The Secret To Be More Succes dari Ongky Hojanto. Enak juga ya jadi blogger, suka dapat buku gratisan. Hehe…

Saat ini ada 3 buku yang saya baca berbarengan yaitu The Star Principle, The 7 Law of Happiness dan Maryamah Karpov. Tentu, waktu membacanya tidak berbarengan. Agar tidak bentrok, topik-topiknya saya pilih yang berbeda.

Membaca buku merupakan pengalaman dan petualangan tersendiri buat saya. Pikiran selalu ter-trigger dengan membaca buku. Tidak hanya menjadi lebih berisi otaknya, membaca buku juga membuat hidup saya lebih baik dalam banyak hal. Coba deh…

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

NB: Setelah Vito pintar berjalan, ngeblog rutin di pagi hari tidak lagi semudah dulu. Saya harus mencuri-curi waktu darinya yang selalu meminta saya untuk bermain dengannya. Ia sangat ‘tidak rela’ melihat Papanya duduk diam di depan laptop atau membaca buku. So, harap maklum ya….

Standar

10 thoughts on “Ini Dia, Koleksi Buku Terbaru Saya

  1. Badroni Yuzirman berkata:

    @Zidni: No 10* biasa aja. Mungkin krn sy sdh tahu biografinya Pak Tung.

    Sy juga ikut Goodreads, tapi gak aktif. Di Facebook juga ada Visual Bookshelf. Tapi jarang sy update juga. Males, hehe…

    *Sekarang jadi no 9. Sori, nulisnya kurang teliti…

    Suka

  2. herryhasibuan berkata:

    maryamah karpov.. kmrn pagi saya naik transjakarta, satu orang wanita membacanya sambil duduk,, satu orang lagi ternyata mebacanya juga,, sambil berdiri!
    turun di halte.. ada lagi yg baca buku tersebut.. sambil duduk menunggu!
    gila juga virusnya! hehehe

    Suka

  3. Yodhia Antariksa berkata:

    Outliers – The Story of Succes karya Malcolm Gladwell harus juga segera dinikmati. Bisa dibeli di Periplus, PIM. Sekarang no. 1 di NYT Best Seller dan Amazon.

    Saya barusan mengulasnya di blog Strategi + Manajemen.

    Suka

  4. Rahmat Fadli berkata:

    betul kata pak Try, saya banyak mendapatkan referensi buku bermutu dari blog ini, tp sekarang lagi rada sedih nih, update blognya udah nggak tiap hari lagi, padahal blog ini adalah blog wajib di buka di pagi hari sebelum jam kantor di mulai

    Suka

  5. Badroni Yuzirman berkata:

    @Yodhia: Saya sudah baca kemarin di blog anda. Saya rasa akan segera melengkapi koleksi saya. Tapi di Amazon saya baca, review-nya tidak semantap buku sebelumnya ya…

    @Rahmat: Alasannya, spt sy utarakan di NB tadi plus mungkin krn energi tersedot ke Facebook. Jadi rada malas ngeblog. Hehe, jadi pembenaran.

    Insya Allah, sy tetap konsisten kok. Tks atas apresiasinya.

    Suka

  6. RentCo berkata:

    Boleh ya saya juga merekomendasikan buku.
    Penulisnya Guy Kawasaki
    Bukunya : The Art of the Start

    Ini buku bagus, tipe strateginya marketing evangelist.

    Suka

  7. ihsan berkata:

    Kalau sy, masih sekadar semangat mengoleksi buku. Sangat menarik ketika belum di tangan. Sesudah sampai rumah, memenuhi rak.
    *sedih*

    Bisa berbagi, bagaimana tips-nya meluangkan waktu untuk membacanya?

    Terima kasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

