Life, Renungan

Tes: Apakah Anda Bahagia dengan Hidup Anda Saat Ini?

Pembaca yang berbahagia (mirip khutbah Jumat ya), saya baru saja menonton Oprah Winfrey Show tentang topik menarik: kebahagiaan.

Apa pun yang kita lakukan, berbisnis atau apa pun tujuan utamanya pastilah kebahagiaan. Bisnis kita adalah sarana untuk mencapainya.

Di acara ini di undang seorang wanita usia 30-an, mantan wakil presiden sebuah bank. Ia sekarang berhenti di perusahaan itu dan memilih menjadi penari trapeze. Dengan pendapatan hanya tersisa 10% dari gaji semula, ia merasa lebih bahagia dibandingkan sebelumnya.

Robert Holden, seorang peneliti tentang kebahagiaan dari Inggris memberikan sebuah tes menarik untuk kita. Coba deh di sini, atau coba versi terjemahan saya di bawah ini.

Apakah anda puas dengan kehidupan anda saat ini? Jawablah 5 pernyataan di bawah ini dengan memberi skor tanda persetujuan 1 sampai 7. 1 artinya sangat tidak setuju, 4 artinya moderat dan 7 artinya sangat setuju.

1. Dalam banyak hal, hidup saya sudah mendekati ideal. Skor anda: ….

2. Kondisi kehidupan saya saat ini sudah sempurna. Skor anda: …..

3. Saya puas dengan hidup saya. Skor anda: …..

4. Saya telah mendapatkan hal-hal yang saya anggap penting dalam hidup saya. Skor anda: ….

5. Jika saya bisa mengulang lagi kehidupan saya, saya tidak akan mengubah apa pun. Skor anda: …..

Jika skor anda di bawah 15, artinya anda tidak puas dengan kehidupan anda. Jika skor anda 31 atau lebih, berarti anda puas dan bahagia dengan kehidupan anda.

Jika skornya di tengah-tengah, Dr. Robert Holden memberikan saran agar keluar dari “kecanduan sasaran” atau “destination addiction”, atau “tidak menikmati hidup saat ini” (living in the not now).

“Selalu ada sasaran baru “besok”, “tahun depan”. Selalu ingin “lebih”, “selanjutnya”, “di sana”…. Padahal hari inilah saat terbaik dalam hidup kita, bukan besok atau kemarin.

“Anda akan merasa bahagia kalau mencapai tujuan itu, padahal tidak”, kata Robert. “Karena setelah mencapainya anda akan terus menetapkan sasaran yang lebih tinggi dan lebih tinggi lagi, tanpa ada batasnya.

Mudah-mudahan test ini menjadi renungan dan evaluasi diri kita menjelang akhir tahun ini. Bahwa kebahagiaan dunia akhirat adalah tujuan utama kita.

Semuanya hanyalah alat, sarana untuk mencapainya. Dan, luar biasanya, ternyata kita bisa berbahagia saat ini juga, tidak perlu besok. Tidak perlu harus punya mobil Alphard dan rumah di Pondok Indah. Tidak perlu harus punya cabang sekian atau omzet sekian.

Selamat berbahagia. Selamat mensyukuri anugerah Allah yang sudah kita miliki, saat ini juga…

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

Standar

8 thoughts on “Tes: Apakah Anda Bahagia dengan Hidup Anda Saat Ini?

  1. FIRMAN GUNAWAN berkata:

    akhirnya muncul juga tulisan terbarunya..seminggu ini saya cek tiap hari..masih yang 10 blog terfavorit yang muncul…welcome back..mas roni

    Suka

  2. Yumono Labdo berkata:

    Setuju Pak Roni, bahwa hari ini adalah mimpi ( kebahagiaan ), tak perlu berlari mengejar mimpi yg tak pasti didepan.
    Mari mumpung hari ini masih bernafas dan masih diberi kenikmatan oleh Gusti Alloh, maka bersyukurlah…maka akan diberi nikmat berlebih.

    Salam Bahagia

    Suka

  3. Badroni Yuzirman berkata:

    @Firman: Terima kasih Pak. Jadi nggak enak nih, pake ditungguin segala 🙂

    @Yumono: Ya, orang banyak yg tidak bahagia krn selalu mensyaratkan utk bahagia: kalau sudah begini atau begitu, kalau sudah punya ini atau itu. Padahal itu salah. Bahagia harusnya tanpa syarat dan sekarang juga.

    Suka

  4. Dombu berkata:

    kata orang, bahagia itu waktu nya sekarang, bahagia itu saat ini dengan apa yg kita miliki sekarang, jadi kita lah yang menentukan kebahagiaan kita sendiri.. betul ya pak ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

