Life

Start Your New Year with Clean Desk

Demikian tulis Leo Babauta, pengelola blog ngetop Zen Habits di status Twitternya.

Done!

Saya sudah mempraktekkan anjurannya beberapa bulan terakhir ini.

Lihatlah, sekarang meja kerja saya begitu rapi, bersih, dan minimalis. Hanya ada sebuah laptop dan beberapa buku yang sedang saya baca. Selain itu tidak ada apa-apa lagi di atasnya.

Ini kebalikan dari meja kerja sebelumnya yang begitu centang perenang, berantakan. Apa saja ada di sana. Ya tumpukan buku, kertas-kertas, laptop, alat tulis, CD, kaset, gunting, aneka kabel dan sebagainya. Nyaris tidak ada ruang tersisa.

Saya memang punya kebiasaan menumpuk buku-buku yang sedang saya pelajari. Misalnya, ketika saya ingin belajar tentang properti. Semua buku terkait dengan properti saya ambil di rak dan ditumpuk di meja kerja. Padahal, tidak semuanya dibaca. Masalahnya, tumpukan itu bisa bertahan selama berbulan-bulan karena sudah ditumpuk lagi dengan buku lain.

Akhirnya saya menemukan pencerahan di blog Unclutterer. Setiap pekan blog ini menampilkan foto-foto meja dan ruang kerja berkonsep minimalis, rapi dan enak dilihat.

Semakin sering saya melihat gambar-gambar itu, semakin tertekanlah saya. Meja saya kok seperti tidak beradab ya. Dan, kebanyakan benda-benda yang ada di atasnya, sekitar 80% nya, tidak saya butuhkan saat itu.

Dampak dari konsep meja kerja minimalis ini langsung terasa. Pikiran saya jadi lebih ringan, lebih fresh dan terarah. Selain itu juga jadi lebih betah duduk lama-lama di depan meja. Membersihkan meja pun jadi lebih gampang.

Lama kelamaan, saya jadi terbiasa dengan ritual harian membersihkan meja dan merapikannya. Sebelumnya, mungkin 3 bulan sekali saja. Sekarang, setiap selesai membaca buku saya kembalikan ke tempatnya. Demikian juga dengan alat-alat tulis dan sebagainya, selalu saya kembalikan ke tempatnya setelah dipakai.

Setiap pulang dari seminar atau pameran, brosur-brosurnya langsung saya sortir dan buang yang tidak perlu. Sebelumnya selalu teronggok di pojokan selama berbulan-bulan. Lama-lama, tanpa terasa, ini menjadi kebiasaan yang baru.

Untuk menambah semangat, saya bertanding dengan istri. Kami membagi “wilayah kerja”. Saya bertanggung jawab dengan kebersihan dan kerapihan ruang kerja, sementara istri saya bertanggung jawab dengan kamar tidur. Kami masing-masing juga punya laci sendiri-sendiri. Ruang mana yang paling rapi, itulah pemenangnya.

Saya memfoto setiap sudut yang menjadi targetnya. Meja-meja, lemari, rak saya foto dalam keadaan bersih dan rapi. Inilah standarnya. Kalau ada yang “melanggar” dari standar atau SOP ini harus dihukum. Minimal diledek sebagai “tidak rapi” atau “berantakan”. Ini memotivasi kami.

Menjadi lebih bersih dan lebih rapi adalah hal sederhana dan gampang sebenarnya. Sebuah ide menarik untuk dicoba di tahun 2009 ini. Yang penting konsisten.

Bagaimana dengan meja kerja anda? Mudah-mudahan jauh lebih baik dari pada meja saya ya…

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

Iklan
Standar

4 thoughts on “Start Your New Year with Clean Desk

  1. INES HANDAYANI berkata:

    Hehehe…semoga tdk hot-2 chicken— ya Pak.saya juga punya penyakit, tidak nyaman jika buku-2 yg sdg saya baca tdk berada di sekitar saya, alhasil buku-buku itu berserak mulai dari bawah bantal, rak rias,bawah kasur, meja kerja, tas.. apalagi saya suka baca sekian buku dalam satu waktu.dulu, semua buku itu bisa bersamaan selesai dibaca, sekarang hanya berserak saja…

    Suka

  2. Badroni Yuzirman berkata:

    @Herizaly: Ini juga sentilan buat saya sendiri, supaya konsisten. Ini kan semacam deklarasi ke publik, bahwa saya akan konsisten mempertahankannya.

    @Inez: Mudah2an bu. Kalau sudah berlangsung bbrp bulan, insya Allah ini akan jadi habit.

    Sama bu. Sy juga suka baca bbrp buku sekaligus. Tapi jenisnya beda2,misalnya bisnis, novel dan personal development, biar nggak bentrok. Bahkan ada buku yg khusus dibaca di kloset. Haha… I love reading….

    Suka

  3. Annisa berkata:

    hoalah pak.. baca posting ini, saya langsung ngelirik meja kerja saya dhewe.. heh he.. Tks u/referensi situs Uncluttered.

    Foto-fotonya ada yg saya print dan sy tancepin di “vision board” buat ngeset pikiran saya u/bisa lebih rapi:) abis, sumpek juga, kertas dan stick notes di mana2. haha..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s