Business, Life, Mindset

Sekarang adalah Era Generation-C. Are You Ready for It?

Seharian kemarin saya online dan mengaktifkan status Yahoo! Messenger (YM). Saat ini saya dan tim tengah membenahi pelayanan webstore Manet. Banyak pelanggan mengeluhkan pelayanan webstore ketinggalan dibandingkan pelayanan via SMS atau fax.

Saya sempat chatting dengan Pak Tonton Taufik, pemilik RattanLand yang pernah dapat penghargaan presiden itu. Ia sekarang sedang merintis sebuah portal direktori bisnis Trade World yang berambisi menjadi Alibaba.com-nya Indonesia.

Saya mendapat banyak ilmu dan pencerahan darinya. Ternyata, ia membuat portal ini dengan melakukan global outsourcing, sampai ke India. Mirip yang dilakukan oleh Tim Ferris penulis buku The Four Hours Workweek, yang bahkan meng-outsource kehidupannya ke negeri Gangga tersebut. Untuk memesan tiket pesawat, kamar hotel, janji meeting, dilakukan oleh asistennya di Banglore sana dengan bayaran Rupee.

Datang lagi sapaan dari Pak Bagus Arianto, member TDA Surabaya dan pemilik Kerudung Taaj. Ia bercerita bahwa bisnisnya baru saja diliput oleh Majalah SWA dalam topik industri kreatif. Hebat, kata saya. Saya aja butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa masuk ke SWA, sedangkan Pak Bagus saya rasa hanya butuh waktu kurang dari setahun saja.

Sambil terus bekerja melalui chatting dengan developer web Manet di ujung sana, saya tetap bisa berkomunikasi dengan teman-teman saya, baik itu di Facebook, Twitter dan milis TDA. Teman saya di Facebook sudah lebih dari 1.000 sekarang. Beberapa orang di antaranya menjadi teman dekat dan bahkan sudah mulai mengarah ke kerja sama bisnis. Saya banyak bertukar pikiran dan ide dengan teman-teman di Facebook ini.

Sekali-sekali saya mengecek status teman-teman dan kadang-kadang mengomentarinya. Sebuah pesan pun saya terima dari seorang teman yang menyampaikan terima kasih atas endorsement saya untuk bukunya yang akan terbit.

Kira-kira seperti itulah pergaulan saya sehari-hari. Saya bertukar pikiran, mendapat ide-ide dan inspirasi dari teman-teman di sekeliling yang tidak perlu bertemu secara fisik. Kami bertemu kalau sudah mau deal bisnis saja.

Nah, orang-orang seperti saya, Tim Ferris, Pak Tonton, Pak Bagus, dan developer web Manet itu, katanya, adalah orang-orang yang mewakili Generation C.

Apa itu Generation C? Apa bedanya dengan Generation X, MTV Generation atau Baby Boomer?

Menurut situs Trend Watching, Generation C inilah yang akan jadi mewarnai tren ke depan. Bedanya dengan Baby Boomer yang lahir di era tahun 60-an, Generation C tidak terkait dengan tahun kelahirannya.

Mereka diidentifikasi berdasarkan behaviornya, gaya hidup, cara berpikir dan cara beraktivitasnya. Mereka adalah orang-orang yang berpikir kreatif, mandiri, bebas dan adaptif terhadap perubahan. Mereka tidak hanya sebagai konsumen, tapi juga produsen. Mereka menggunakan teknologi sebagai bagian dari kesehariannya. “YOU are the actor” adalah mantranya.

Nah, pagi ini saya akan diwawancara mengenai hal ini. Sebuah buku mengenai Generation C akan diterbitkan oleh salah seorang teman saya.

So, apakah anda siap menyambut era Generation C ini?

Apa saja peluangnya untuk bisnis? Ini yang perlu kita telusuri bersama.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim

Standar

One thought on “Sekarang adalah Era Generation-C. Are You Ready for It?

  1. renorain22 berkata:

    Salam kenal pak Roni.

    Saya termasuk yang sering membaca artikel-artikel mindset yang bapak tulis.

    One of it adalah slowmovement 🙂

    Generasi C yang bapak maksud nampaknya merupakan kependekan dari generasi Change.

    Generasi yang tidak bisa diam melihat kemapanan..utamanya dirinya sendiri. Selalu berusaha untuk menjadi lebih baik..

    Salam,

    Suka

Tinggalkan Balasan

