Komunitas TDA

Hilman Dale: Panduan "Gila" Menghadiri Milad TDA

Panduan ini saya buat berdasarkan pengalaman ikut berbagai event seminar, untuk mendapatkan output yang sangat-sangat-sangat MAXimal!

Ongkos ratusan ribu yang teman2 keluarkan untuk menghadiri milad TDA menjadi tidak bernilai bila teman2 bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari event ini.

Panduan 1 – datang pagi-pagi banget biar gak telat. Trus kenalan dengan panitia. Sok akrab aja. Lalu pelajari medan pertempuran, diantaranya, jalur masuk dan keluar pembicara…biar bisa dihadang untuk bangun hubungan. Pelajari peta penempatan panitia, lagi-lagi agar misi membangun jaringan yang buanyak bisa berjalan mulus.

Panduan 2 – sebelum masuk seminar, keliling dulu ke stand2 pameran. Biarpun masih beres2, langsung kenalan aja. Biasanya yang punya bisnis masih ada dilokasi. Pelajari dengan cepat produk mereka, sehingga pas istirahat sudah tau stand mana yang akan dituju, dan tidak menghabiskan waktu berjubel-jubel distand yang kurang diminati.

Panduan 3 – berkenalanlah sebanyak mungkin kepada peserta sebelum event dimulai. Umumnya peserta akan membentuk kelompok2 kecil obrolan. Segera tinggalkan kelompok yang senang memperbincangkan hal2 yang negatif, atau kurang bermanfaat. Hati2, kelompok ini seringkali perbincangannya terkesan seru, tetapi tidak berisi. Bergabunglah dengan kelompok yang perbincangannya berbobot, yang sesuai dengan tujuan teman2 hadir di event ini.

Panduan 4 – asosiasikan diri teman2 dengan hal yang mudah diingat, sehingga orang lain mudah ingat. Contoh, “halo nama saya Hilman, inget aja Lupus…kira-kira saya sama asyiknyalah dengan Lupus :)”

Panduan 5 – siapkan draft sms yang berisi nama anda, no. hp, email, web, dan hal2 lain yang memudahkan orang menghubungi anda. Kalau perlu, cantumkan nama usaha anda. Dan bila teman2 bertemu dengan orang yang berpotensi menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan teman2, segera minta no. hpnya, dan langsung sms draft yang telah anda siapkan tadi. Gunanya, agar no. kontak teman2 langsung di save di hpnya, sehingga lainkali ia butuh sesuatu, ia akan menghubungi teman2.

Panduan 6 – upayakan berkenalan dengan pembicara sebelum event dimulai, atau duduklah didepan, agar teman2 dapat dikenal oleh pembicara. Pembicara umumnya hanya dapat mengingat 3-5 nama baru yang akan ia ulang-ulang dalam seminarnya. Upayakan nama anda yang paling sering di ulang, fungsinya agar anda cepat akrab dengan pembicara dan peserta lainnya, meskipun mereka tidak mengenal anda.

Panduan 7 – upayakan nama teman2 diingat banyak orang, terutama pembicara. Caranya, bila ada sesi tanya jawab, berikan pertanyaan yang membangun. Dan kalau bisa, berikan pendapat teman2 yang menambahkan pendapat pembicara.

Panduan 8 – bila teman2 bertemu dengan peserta yang berpotensi saling menguntungkan, tunjukkan antusiasme teman2. Lalu kalau bisa atur jadwal bertemu, diluar event. Setidaknya utarakan keinginan teman2 untuk menindak lanjuti perkenalan ini.

Panduan 9 – selalu bertanya,”apa yang bisa kita kerjasamakan ya?” kepada orang lain. Atau katakan,”pak, saya butuh bantuan anda” kepada orang yang ingin teman2 jadikan “mentor”.

Panduan 10 – selalu hubungi kembali orang-orang yang baru teman2 kenal itu, termasuk pembicara, setelah event berlalu. maksimal 1 minggu setelah event, anda telah menghubungi mereka kembali. Sebaiknya telepon langsung, atau setidaknya sms. Dengan menanyakan kabar saja sudah cukup. Kemudian ulangi kembali 2 minggu setelahnya.

Panduan pemungkas – jangan pulang tanpa bawa sesuatu yang bermanfaat. Klo perlu pulang kerumah teman atau pembicara yang baru anda kenal, agar anda bisa meminjam bukunya, cd motivasinya, audio booknya, mendapat rahasia2 bisnisnya, mendapat kerjasama bisnis dengannya atau syukur2 mendapat barang dagangan yang bisa langsung anda jual besok.

Ada satu jargon menarik yang bisa teman2 jadikan panduan dalam menghadiri milad besok “Pantang pulang tanpa bawa susu”. Ya, bisnis ini adalah untuk anda, pasangan anda, dan anak anda. Moga jadi motivasi utk teman2.

Hilman
http://HilmanDale.com | Strategi sukses bisnis dan Peluang bisnis
http://WebUtama.com | Solusi utama website anda

Iklan
Standar

3 thoughts on “Hilman Dale: Panduan "Gila" Menghadiri Milad TDA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s