Books and Learning, Komunitas TDA, Mindset

Member TDA, Belajarlah Memenuhi Komitmen, Sekecil Apapun (Catatan dari Roni’s Book and Learning Club Ke-1)

Alhamdulillah, Roni’s Book and Learning Club pertama telah berjalan dengan lancar dan cukup produktif. Dengan duduk lesehan di taman depan rumah, kami membahas buku The 4 Hour Work Week dari Tim Ferris, Made To Stick dari Chip & Dan Heat, dan One Minute Entrepreneur dari Ken Blanchard.

Terima kasih kepada 7 orang yang telah hadir di tempat saya. Kenapa cuma 7 orang, bukannya 15 orang? Yah, itulah kenyataan di TDA, dari 15 orang yang konfirmasi, ternyata hanya setengah yang hadir. Sayang memang, mengingat saya sudah menyiapkan konsumsi untuk 20 orang, dan menolak banyak peminat serius lain karena sudah fully booked. Akhirnya makanan pun menjadi mubazir.

Saya juga mendapat kabar di acara nonton barengnya Bang Jay ternyata hanya dihadiri 20 orang, padahal yang mendaftar mencapai 40 orang. Saya tidak ingin memberi stempel bahwa inilah budaya di TDA. Tapi saya ingin memberi catatan soal komitmen.

Saya meyakini bahwa nasib saya, kehidupan saya sekarang ini adalah hasil dari komitmen-komitmen kecil yang saya buat. Contohnya adalah TDA ini. Mustahil TDA bisa menjadi besar seperti sekarang ini jikalau tidak ada komitmen-komitmen kecil dari para founder dan aktivis-aktivisnya. Mustahil bisnis saya bisa membesar dan menghidupi keluarga saya tanpa adanya komitmen dari saya selaku ownernya.

Dan kepada member TDA, saya ingin mengatakan bahwa mustahil bisnis anda akan berhasil kalau anda mengabaikan komitmen-komitmen kecil yang ada buat. Mungkin komitmen kecil itu adalah dengan karyawan anda. Mungkin saja dengan supplier anda atau dengan pelanggan anda. Mungkin saja dengan sesama member TDA lainnya.

Buat anda mungkin itu kecil tapi itu bisa jadi bermakna besar bagi orang lain. Saya pernah “ditegur” oleh karyawan saya karena lalai menepati komitmen kecil saya kepadanya.

Kalau dikaitkan dengan hubungan kerja sama bisnis. Bisa jadi si calon mitra bisnis anda akan menilai anda dari komitmen-komitmen kecil yang anda buat, meskipun tidak terkait langsung dengan bisnis. Komitmen kecil saja dilanggar, bagaimana dengan komitmen besar bernilai ratusan juta atau miliaran?

Khusus untuk RBLC selanjutnya, akan saya ubah formatnya. Hanya yang benar-benar berkomitmenlah yang saya harapkan untuk hadir di kesempatan mendatang.

Ayo, sebarkan energi positif di TDA, dimulai dari komitmen-komitmen kecil kita…

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

Standar

Tinggalkan Balasan

