Business, Motivasi

Ooops! Maju Terus Pak Hadi!

Selain membacai blog yang berisi berita-berita gembira member TDA, saya juga menemukan berita tidak gembira dari Pak Hadi Kuntoro di blognya. Saya tertegun membaca ceritanya yang panjang lebar dan menyentuh. Saya turut prihatin terhadap kejadian ini. It could be happen to anyone. Masalah hukum, adalah salah satu dari segitiga bisnis yang perlu dikuasai, kata Robert Kiyosaki. Dalam bukunya ia juga bercerita tentang kegagalan bisnis pertamanya, Velcro Wallet yang terbentur masalah hukum ketika produknya dicontek habis oleh sebuah perusahaan di Taiwan dengan harga jual yang membuatnya terjengkang keluar dari arena bisnis dengan hutang menumpuk.

Teringat dengan pelatihan-pelatihan dari ACTION Coach bersama TDA dulu, ada istilah yang iconic di benak saya: Ooops! Teman-teman generasi awal TDA pasti akrab dengan istilah yang kerap disampaikan oleh Bu Mutia atau Pak Pri ini. Bencana, masalah hukum, kebakaran, pencurian dan sebagainya adalah hal-hal yang masuk dalam kriteria “Ooops” itu. Kejadian yang tidak kita sangka-sangka tapi bisa membuat bisnis kita “patah” dan duduk terdiam.

Saya pun pernah mengalaminya ketika menerima “surat cinta” dari pengelola Pasar Tanah Abang yang mengultimatum kami untuk keluar dari toko dalam waktu 4 hari saja di awal tahun 2004. Itu adalah “Ooops” buat bisnis saya (belakangan ini saya syukuri sebagai blessing in disguise). Pak Haji Alay, sesepuh dan inspirator TDA saya yakin juga akrab dengan “Ooops” ini, dan itu terjadi berkali-kali.

Maksud saya, it could happen to all of us, tanpa kecuali. Yang penting, Pak Hadi, segera sadarilah, aware, di mana posisi kita saat ini. Terimalah kondisinya dengan ikhlas, seperti saran guru kita Erbe Sentanu. Dengan berikhlas, insya Allah akan dibukakan jalannya, peluang-peluang yang insya Allah lebih dahsyat lagi.

Ada istilah “The Power of Kepepet” yang saat ini dipopulerkan oleh Mas Jaya Setiabudi. Dan betul, power seperti itu memang ada dan terjadi. Dengan kepepet, otak kita otomatis berputar lebih cepat mencari solusi-solusi dan segala kemungkinannya. Suatu saat otak itu akan berhenti dan muncul bola lampu di atasnya sambil berteriak, Aha! Ini dia mungkin jalan keluarnya!

Saya suka dengan istilah “saudagar”, kenapa? Karena, kata Pak Haji Alay, istilah itu merujuk kepada orang yang punya seribu akal. Saudagar itu seribu akalnya. Gak ada matinya. Itulah yang terjadi dengan beliau. Berulang kali, saya menyaksikan beliau keluar dari “lubang jarum” masalah bisnis yang amat pelik. Suatu hari beliau pernah bercerita bahwa kerugian dari 4 bisnisnya yang gagal tergantikan oleh satu bisnisnya yang sukses terakhir ini. Saya yakin Pak Hadi sudah masuk kelompok orang-orang yang punya seribu akal itu…

Pak Hadi tidak gagal, tapi cuma mengalami set back lantaran “Ooops” tadi. Lain kali lebih hati-hati dan waspada. Selalu siapkan plan B atau plan C jikalau plan A tidak berjalan baik. Saya yakin Pak Hadi sudah punya strategi mujarab itu untuk melangkah ke depan.

Tetap semangat!

Salam FUUUNtastic! SuksesMulia!

Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

Standar

One thought on “Ooops! Maju Terus Pak Hadi!

  1. Hendra Permana berkata:

    CAYoo!!! buat Pak Hadi & Pak Roni….

    Teringat petuah Pak Mario Teguh, bahwa masalah itu ibarat tembok yang akan mensadarkan kita untuk mencari jalan lain menuju pintu tujuan sebenarnya….

    Suka

Tinggalkan Balasan

