Books and Learning

Termasuk Pemimpin Tipe Apakah Anda? (Dari Roni’s Book and Learning Club Ke 3)

Ini oleh-oleh dari Roni’s Book and Learning Club Ke 3, yang diadakan di kediaman saya hari Sabtu 18 Juli lalu.

Selalu ada yang menarik di setiap pertemuan.

Kali ini yang datang banyak peserta baru. Tentu saja saya excited dengan apa yang bakal mereka sharing.

Pak Leo adalah salah satunya. Ia membawa buku yang sebenarnya sudah lama saya timbang-timbang untuk masuk ke dalam rak perpustakaan pribadi saya.

Saat mengunjungi Pesta Buku Jakarta beberapa waktu lalu, saya sempat mencuri dengar dua orang tengah memperbincangkan dan memuji buku ini di stand Gramedia.

Tapi kok, saya masih belum tergerak untuk membelinya.

Mungkin karena penulisnya, Paulus Bambang WS, belum begitu saya kenal. Padahal saya suka membaca tulisannya di SWA. Tapi masih belum tergerak hati saya untuk membelinya.

Mungkin juga karena di rak buku saya sudah berderet buku-buku mengenai leadership dari John Maxwell, Robin Sharma dan Kubik Leadership yang isinya belum banyak dipraktekkan. Sehingga buku ini tidak begitu saya indahkan keberadaannya.

Pak Leo yang saya beri kesempatan pertama untuk sharing buku membuka pembahasan kenapa ia memilih buku berjudul Lead To Bless Leader ini. Pengusaha di bidang percetakan ini mengungkapkan bahwa ia begitu terpukau dengan paparan dari sang penulis ketika ia menghadiri seminar bulanan yang diadakan oleh Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) DKI Jaya.

Oke lah. Silakan bahas buku itu, pinta saya memberikan kesempatan pertama kepadanya. Kalau menarik, saya akan beli buku ini.

Ternyata, dugaan saya benar. Buku ini begitu menarik dan beberapa poin yang disampaikan begitu mengena di hati saya. Tantangan bisnis saya saat ini adalah soal ini, saat perusahaan sedang berbenah dan terus bertumbuh.

Penulis ini mengungkapkan 7 tipe pemimpin yang disebutnya The Heart of The Leader, yaitu:

1. Pemimpin tipe penjajah.

2. Pemimpin tipe penyamun

3. Pemimpin tipe pengawas

4. Pemimpin tipe petani

5. Pemimpin tipe penggembala

6. Pemimpin tipe pelayan

7. Pemimpin tipe parent/ayah

Termasuk yang mana tipe kepemimpinan saya? Saya sih berkeinginan untuk menjadi pemimpin tipe parent/ayah yang membimbing anak-anaknya dengan cita kasih tanpa reserve. Seorang ayah yang ingin anak-anaknya maju bahkan melebihi dirinya. Seorang ayah yang tidak takut kalau anaknya lebih hebat dari dirinya kelak.

Sosok William Soeryajayya adalah tipe pemimpin parent, menurut penulis yang lama menimba ilmu dan pengalaman di perusahaan beliau. Ia memperlakukan para karyawannya seperti anak-anaknya sendiri. Tak heran jika grup Astra telah melahirkan para pemimpin unggul seperti TP. Rachmat dan penulis sendiri.

Momen paling menggetarkan adalah ketika Astra terbelit masalah pelik dan diincar oleh banyak pihak. Oom Willliam, demikian ia akrab dipanggil, mengambil keputusan untuk keluar dari perusahaan yang didirikannya demi menyelamatkan perusahaan dan “anak-anaknya”. Biarlah saya keluar agar perusahaan selamat, demikian ia beralasan.

Buku ini sendiri belum saya baca dan masih menunggu kiriman dari salah satu toko buku online. Paling tidak, dengan pendekatan ini saya bisa bercermin diri di mana posisi saya sekarang dan ke mana saya menuju.

Saya mengharamkan diri saya masuk dalam 3 tipe pertama dan minimal saya harus berada di tipe ke 4 ke atas. Insya Allah.

Bagaimana dengan anda?

Salam FUUUNtastic! SuksesMulia!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

Standar

3 thoughts on “Termasuk Pemimpin Tipe Apakah Anda? (Dari Roni’s Book and Learning Club Ke 3)

  1. Andriansah berkata:

    Saya juga ingin menjadi tipe pelayan atau ayah.
    Saat ini saya baru membeli buku blink, tapi baru beberapa halaman yang saya baca, belum sampai habis, kata orang2 buku ini adalah buku wajib untuk dibaca, dan menurut saya buku ini adalah buku wajib untuk pengambil keputusan.

    thanks untuk sharingnya

    Suka

  2. - berkata:

    nah ini dia, tidak berkaitan dengan leadership atau content bedah buku yg ingin saya sharingkan dgn Mas Roni dan teman2, tapi kenapa ya figur besar seperti Om William yang piawai melahirkan TP Rachmat, Edward & Edwin Soeryadjaja hingga Sandiaga Uno dan penulis buku ini, kok beliau gak bisa comeback ke astra ya, ada yang bisa sharing di sini ? terima kasih

    Suka

  3. ok berkata:

    Dream kita semua memang untuk menjadi pemimpin yang memiliki jiwa ke bapakan, karena disamping penanggungjawab dia juga berperan sebagai pendidik, saat ini kita kehilangan figur seperti ini

    terima kasih pak atas sharing nya

    http://pernak-pernikku.com

    Suka

Tinggalkan Balasan

