Uncategorized

Merek-Merek Lokal yang Meroket, Apa Rahasianya?

Nexian, Axio, Advan, Solaria, Richeese, Achiles, Shinyoku adalah beberapa di antara merek lokal yang menyeruak di tengah kerumunan dengan cepat. Apa rahasianya?

Ada beberapa pola yang menarik untuk dipelajari yang saya kutip dari SWA, yaitu:

1. Umumnya mereka hadir dengan usaha mengopi atau meniru (me too) pemain besar atau pemimpin pasar yang lebih dulu eksis.

2. Menghindari adu otot langsung dengan pemimpin pasar. Karena itu konsep produk dikuatkan, positioning dikedepankan, strategi penetrasi pun berbeda.

3. Tak mesti mengerjakan proses produksi sendiri. Tapi tetap mengendalikan filosofi produk serta disain dan kemasan.

4. Tetap mengedukasi pasar agar akselerasi kinerja bisa diraih.

Standar

11 thoughts on “Merek-Merek Lokal yang Meroket, Apa Rahasianya?

  1. cakep… cakep…

    btw saya dulu beli setrika merek sinyoku, sebelum booming iklan. setrikanya sih menurut saya gak bagus, saya kasihin ke adik dan saya ganti pakai philips… gak promo sih, cuma dari pengalaman aja, saya pakai setrika philips gak ada komplain.

    Suka

  2. 2. Menghindari adu otot langsung dengan pemimpin pasar.

    Positioning.
    Menurut saya, kalau dilihat dari brand2nya, subject pasar cuman ada di level menengah ke bawah. Padahal (mungkin) trendsetter masyarakat sendiri acuannya (si pemimpin pasar) ada di level menengah ke atas. Takutnya, image brandingnya akan stuck tetap di level menengah ke bawah. Dan, kesempatan merangkak naik menjadi pemimpin pasar jadi hilang. Jadi, sedikit-sedikit sepertinya perlu juga adu otot. =)

    Suka

Tinggalkan Balasan

