Books and Learning

20 Buku yang Sedang dan Akan Saya Baca

102_0198_resizeSudah lama juga ya saya nggak sharing tentang buku apa yang sedang saya baca dan koleksi buku terbaru saya.

Oke, sekarang saya mau “menebus hutang”. Saya mau borong semuanya dalam satu postingan ini:

1. Be Negative!, Naomi Susan. Saya beli kemarin lantaran sudah sering komunikasi dengan penulis yang business woman sukses ini tapi saya belum tahu percikan pemikirannya. Bagi yang butuh motivasi yang to the point, ini bisa dijadikan pilihan. Saat saya beri tahu bahwa saya membeli buku ini, ia kaget. Mestinya buku ini saya dapatkan secara gratis sebagai tamu VIP saat menghadiri launching Fesbuker.com.

2. Investasi Emas, Nofie Iman. Sekarang lagi demam investasi barang tambang yang kebal inflasi ini. Saya sedang belajar dan mencoba mempraktekkannya.

3. Oeroeg, Hella S. Haasse, novel klasik. Saya tertarik gara-gara membaca status Twitter seorang teman. Asyik sekali sepertinya. Menceritakan persahabatan antara anak penjajah dan inlander.

4. The Walmart Way, Don Soderquist (pensiunan COO Walmart). Saya tertarik dan mulai menjiwai dunia ritel gara-gara membaca biografinya Sam Walton, pendiri Walmart. Buku ini saya harap juga akan menambah wawasan dan kecintaan saya terhadap bisnis ritel, bisnis yang membesarkan saya dan adik-adik saya.

5. Creative Digital Marketing, Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan. Tadinya saya tidak tertarik dengan buku ini lantaran penulisnya tidak saya kenal. Tapi setelah saya baca CV para penulis yang salah satunya adalah kandidat doktor, maka saya ambil, buat referensi saya dalam berbisnis online, selain belajar dengan pakarnya, Pak Nukman.

6. Basic Principles of Retail Business, Christian F. Guswai. Buku ini untuk melengkapi 2 buku terdahulu dengan tema yang sama. Apalagi TDA akan menghadirkan pakar dan praktisi ritel yang masih terbilang langka di Indonesia dalam sebuah workshop.

7. Negeri 5 Menara, A Fuadi. Sebuah novel inspiratif berdasarkan kisah nyata penulis saat menuntut ilmu di pondok pesantren Gontor. Buku ini sedang saya baca, memikat sejak awal paragrafnya. Membuat saya terbayang kampung halaman gara-gara penulis dengan lincah menceritakan tanah kelahirannya di Maninjau, di mana asal Buya Hamka juga berasal. Kalau anda suka Laskar Pelangi, pasti akan suka novel ini juga. A must read, lah.

8. Mereka Bicara JK, National Press Club. Buku ini saya beli saat menghadiri acara live perpisahan dengan mantan wapres yang entrepreneur ini di Metro TV. Beliau adalah mutiara dari timur yang pemikiran dan tindakannya patut kita warisi. Orang hebat.

9. Rahasia Menjadi Miliarder Properti, Menjadi Kaya Melalui Properti, dua buku karya Panangian Simanungkalit. Kalau bicara properti di Indonesia, dialah satu-satunya sumber knowledge dan informasi utama.

10. New Rules of Marketing and PR, Jurus jitu menggunakan rilis berita, blog, pemasara viral dan media online untuk menjangkau pembeli secara langsung, David Meerman Scott. Sosok ini saya kenal sejak mengikutinya di Twitter. Dunia PR masih asing buat saya. Namun seiring berkembangnya bisnis, saya perlu belajar dan menggunakannya sebagai salah satu tools strategis perusahaan.

11. The Sedona Method, Cara dahsyat melepaskan belenggu pikiran dan emosi untuk memasuki kebahagiaan sejati, Hale Dwoskin. Metode ini bikin penasaran saya karena begitu sering diceritakan oleh Joe Vitale di blognya. Selama ini saya merasa lebih cocok dengan metode Quantum Ikhlasnya Erbe Sentanu.

12. Eat, Pray, Love, Elizabeth Gilbert. Sudah lama buku memoar ini saya timbang-timbang tapi selalu batal masuk reading list lantaran bukunya lumayan tebal dan tulisannya kecil-kecil. Keinginan itu timbul lagi gara-gara mau difilmkan dan shooting di Bali. Membaca memoar seperti ini mengasyikkan, kalau kita ada waktu tentunya.

13. Harmonic Wealth, Rahasia menciptakan kehidupan yang anda inginkan, James Arthur Ray, salah seorang narasumber di film The Secret. Buku bertema “membangun kekayaan” selalu menarik perhatian saya.

14. Awareness of Ramadhan, Nanang Qosim Yusuf. Teman baru saya. Saya berkenalan sebelum Ramadhan kemarin dan langsung saya todong untuk sharing di halal bihalal TDA. Alhamdulillah sudah terlaksana. Mas Nanang yang mantan penjaga sepatu di masjid ini adalah orang muda yang hebat. Tak kenal maka tak sayang. Saya termasuk yang ketinggalan mengenalnya belakangan.

15. Pioneer of Indonesian Modern Retail Business, A memoir of the founders of Hero Group by Nurhayati Kurnia dan Wong Tung To. Saya beli di Hero. Ini buku “must have” bagi para pelaku bisnis ritel di Indonesia. Saya juga menantikan buku memoarnya Hari Darmawan, pendiri Matahari, bapak ritel modern Indonesia.

16. Tidak Ada yang Tidak Bisa, dari bayi 10 bulan terapung-apung di laut sampai sukses membangun Bank NISP. Biografi Karmaka Surjaudaja yang ditulis oleh founder Grup Jawa Pos, Dahlan Iskan. Saya tahu buku ini karena bertemu penulis saat menghadiri sebuah acara di Grand Hyatt yang diadakan oleh Modernisator.

17. Enzo, the art of racing in the rain, novel tentang seekor anjing filsuf, Garth Stein. “Kalau Pak Roni suka The Alchemist-nya Paulo Cuelho, pasti suka novel ini”, kata Pak Fauzi Rachmanto. Kekuatan rekomendasi teman itu begitu kuat. Saya pun membelinya tanpa pikir panjang.

18. Miracle of Cell Healing, penyembuhan berawal dari sel, Joyce Whiteley Hawkes, Ph.D. Buku ini memperlihatkan bagaimana pikiran kita dapat mengubah fungsi sel-sel tubuh kita untuk memperbaiki dan memperbarui tubuh.

19. The Miracle of Enzyme, Hiromi Shinya, MD. Mengapa sebaiknya kita tidak minum susu sapi? Mengapa kita dianjurkan makan buah dan minum jus 30-60 menit sebelum makan utama? Mengapa obat-obatan sering membuat kita lebih sakit? Mengapa rasa cinta dan gembira bisa meningkatkan daya tahan tubuh? Gara-gara pertanyaan-pertanyaan itulah maka buku itu saya beli.

20. Lead to Bless Leader, kepemimpinan yang menjami perusahaan sejahtera dan karyawan bahagia, Paulus Bambang WS. Buku ini saya beli gara-gara cerita dari teman yang sharing di Roni’s Book and Learning Club (RBLC) terakhir. Sebuah masterpiece dari anak bangsa di bidang kepemimpinan, menurut saya. Sebagai seorang entrepreneur dan pegiat komunitas, pemahaman dan skill mengenai kepemimpinan saya rasakan begitu dibutuhkan.

Sebenarnya daftar ini bisa lebih dari 20. Lha wong, sekali beli buku saya bisa setengah lusin. Saya coba teruskan dalam satu paragraf ini saja: The Black Swan by Nassim Nicholas Taleb, Changing The Channel by Michael Masterson, Catatan Harian Sang Penggoda Indonesia by Prie GS, The New Gold Standard (Ritz Carlton Story) by Joseph A. Michelli, Full Frontal PR by Richard Laermer, Honeymoon With My Brother (Memoar) by Franz Wisner, The Witch of Portobello (novel) by Paulo Cuelho, Zero Limits by Joe Vitale.

Salah satu dari buku tersebut di atas akan saya sharing di RBLC yang akan datang.

Ada komentar dengan koleksi buku-buku saya?

Ada rekomendasi buku bagus untuk saya? Saya berharap sekali rekomendasi anda. Terima kasih sebelumnya.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

Iklan
Standar

11 thoughts on “20 Buku yang Sedang dan Akan Saya Baca

  1. lies sudianti berkata:

    Saya tertarik buku no 18 & 19 bung….. kalau boleh tau lebih detil pengen beli juga nich hehehe jangan dikatain ya baca buku melulu…. kapan prakteknya …:P

    Saya jadi nyadar kenapa anda begitu sarat wawasan, sarapannya beginian salut untuk anda dan bangga jadi salah satu teman bung Roni

    Suka

  2. bikin ngiler ! tapi tuntutan pekerjaan memaksa saya lebih memprioritaskan buku-buku komputer dan programming. maklum sy ini TDA bermodal kecil yang masih terlibat mengurusi hal-hal teknis.

    Suka

  3. hadi istanto berkata:

    rangkumannya bisa di share ya pakkkk maklum nga kuat pak belinya pak paling cari ebooknya aja pak paling mampu saya beli 1-2 buku sebulan pak kalo di share pak dari rangkuman yang bapak baca sangattt membantu sekali kami nih pak yang ngak kuat tuk beli2 buku baru …
    tx….

    Suka

  4. Satu Pak, yang sering terlupakan dan jangan sampai dilupakan. yaitu buku dari Yang Maha Pencipta: Al Qur’an.
    Yang berisi segala2 nya. Motivasi, Kehidupan, Pelajaran, Dunia, Gaib, dll.
    Baca artinya Pak, sampai tuntas dan diulang2 : )

    Piece
    Baihaki

    Suka

  5. hadie berkata:

    Ampun Uda, nulis blog,twitter,FB,berbisnis,kumpul ma komunitas, punya reading club, neminin anak, masih bisa baca buku sebanyak itu????….ckcck, gimana caranya?kayanya uda wajib sharing time schedule seharian ma saya, saya juga mau kaya gitu insya allah istiqomah,hehe
    nuhun uda…

    Suka

  6. Jangan salah sangka. Saya tidak sesibuk itu kok. Hari-hari saya lebih banyak bersantai bersama keluarga :). So, baca buku mestinya tidak begitu menguras waktu. Sebenarnya tergantung bagaimana kita memprioritaskan penggunaan waktu. Sekarang, terus terang waktu baca saya terganggu oleh gadget yang namanya Blackberry itu πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s