Books and Learning, Business

Rahasia Menciptakan Lompatan Kuantum dalam Bisnis ala Stanley Atmadja, CEO dan Founder Adira Finance

Menjelang akhir tahun seperti ini adalah saat yang tepat untuk mengevaluasi kinerja bisnis dan melakukan pembenahan strategi ke depan.

Sebagai pebisnis, saya dan pasti juga anda, selalu mencari jalan untuk melakukan lompatan-lompatan bisnis. Makanya saya rajin baca buku, belajar kepada pakar dan praktisi di seminar-seminar dan sebagainya. Tujuannya ya tak lain dan tak bukan adalah untuk mencari ide ampuh untuk melakukan lompatan bisnis yang lebih dahsyat di tahun mendatang.

Kita semua harus sepakati bahwa tahun 2010 insya Allah akan lebih baik di banding tahun ini. Meskipun banyak pihak meragukannya, kita jangan terlalu merisaukan itu dan menjadikannya sebagai alasan untuk stagnan dan demotivasi. Peluang selalu ada, celah selalu ada bagi yang bisa menemukannya secara kreatif.

Kita harus rajin “berkeliling”, membuka wawasan, bertanya, dan pasti akan menemukan jawabannya.

Salah satunya adalah pengalaman saya ini. Entah mengapa saya diundang oleh panitia launching buku dari Stanley Atmadja, Founder dan CEO Adira Finance. Kebetulan sekali, dan kalau boleh saya sebut ini adalah berlakunya the law of attraction. Sudah lama saya mengamati sosok ini. Terakhir namanya muncul dalam daftar The Great Marketer versi majalah Marketing. Makin penasaran saya. Tapi sumber tulisan mengenainya masih sedikit.

Ternyata, orang sukses seperti beliau juga butuh untuk meninggalkan legacy. Ia pun menuliskan pengalamannya merintis dan membesarkan Adira yang kabarnya sekarang sudah menempati posisi teratas di bisnis leasing. Buku berjudul Making The Giant Leap, nampaknya sangat tepat, mengingat yang telah dicapai oleh Adira memang seperti itu.

Dari tahun 1996 sampai 2008, besar aset kredit yang dikelola tumbuh hampir 100 kali mencapai total hampir Rp. 17 triliun, dengan perolehan laba bersih yang meningkat hampir 500 kali menjadi lebih dari Rp. 1 triliun di tahun 2008. Bahkan dalam kurun waktu 1998 sampai 2002, pertumbuhannya mencapai 1.700%! Hebatnya lagi, pertumbuhan itu tidak terjadi sekali saja, tapi berkali-kali secara konsisten. Artinya pertumbuhan itu sustainable.

Pertanyaannya adalah tentu: bagaimana cara melakukanya? Ini pasti bikin penasaran khalayak.

Jawabannya ada di buku ini.

“Buku ini bukanlah berisi teori, tapi praktek-praktek yang diteorikan”, ujar Pak Stanley membuka pembicaraannya. Buku ini lahir dari flashback perjalanan Adira Finance selama hampir 20 tahun.

Sebagai perusahaan leasing yang katanya tidak ada aset apa pun kecuali “manusia”, tentu fokus utama perusahaan adalah bagaimana menggunakan human capital ini sebagai leverage bisnis utama.

Memang diakui juga bahwa strategi bisnis yang jitu, struktur organisasi, sistim-sistim, dan tools manajemen memegang peranan penting, namun di atas semua itu, oranglah sumber kinerja yang mengesankan itu.

Berdasarkan “praktek yang diteorikan” ini, Pak Stanley memaparkan “teorinya” membangun dan membesarkan Adira Finance

Pak Stanley memperkenalkan istilah organisasi baru yaitu Giant-Leap Organization (GLO), yaitu organisasi yang mampu mencapai lompatan kinerja yang konsisten dan sustainable dalam kurun waktu lama. Hal ini bisa diwujudkan jika pengelolaan organisasi tersebut berpusat pada kekuatan sumber daya manusia.

Di dalam GLO, melalui sistim kokoh yang berbasis pada pengembangan potensi SDM, maka “orang-orang biasa” akan menjadi “orang-orang luar biasa”. Melalui iklim kerja yang diciptakan, budaya perusahaan yang dipraktekkan, pola kerja yang berfokus pada tim, maka potensi SDM yang biasa-biasa saja akan mampu dioptimalkan menjadi kekuatan luar biasa.

Berikut ini adalah model Giant Leap Organization yang ditawarkan oleh Pak Stanley:

1. Leader-Driven Enterprise. Collective leader adalah “jantung” terwujudnya GLO. Mereka tidak hanya tersebar di jajaran puncak, melainkan di seluruh tingkatan organisasi. Tugas hakiki dari sebuah organisasi adalah menjadi “pabrik pemimpin”. Dan tugas seorang pemimpin di GLO adalah menciptakan sebanyak mungkin pemimpin lain di seluruh bagian organisasi.

2. Managing by Values. Lasting company is values-based company. Elemen values ini adalah nilai-nilai budaya yang dipegang teguh dan diyakini oleh semua karyawan dan teraplikasi dalam perilaku kolektif mereka, mencakup level IQ, EQ dan SQ. Bahkan di Adira, karyawan yang beragama Islam diwajibkan ikut pelatihan ESQ.

3. The Power of Team Sinergy. GLO bukanlah organisasi yang piawai menciptakan “superman”, tapi “super team”. Esensinya adalah bagaimana menciptakan team synergy, sehingga menghasilkan output yang lebih besar ketimpang pencapaian pribadi-pribadi. Sinergi itu terwujud melalui result oriented goal, team chemistry, syncronized collaboration, team empowerment dan team recognition.

4. People-Focused Execution. Di dalam GLO, eksekusi menempati posisi sentral selain strategi. Fokus kepada eksekusi harus menjadi nilai dasar, kebiasaan, dan disiplin yang harus dikembangkan secara konsisten dari waktu ke waktu. Eksekusi harus menjadi menjadi pekerjaan langsung pemimpin di semua level organisasi.

5. Winning Spirit. Sebuah GLO harus memiliki orang-orang dengan spirit untuk menjadi pemenang. Organisasi harus menciptakan kondisi yang dibutuhkan untuk menanamkan mindset “play to win”, yang mencakup keberanian mengeksplorasi hal baru, melakukan umpan balik yang jujur, dan keterbukaan. Empat sikap yang harus dikembangkan adalah: dream big think big, good is not enough, sky is the limit, healthy environment.

6. Human Emphaty. GLO sangat concern membangun human emphaty dengan cara memfasilitasi terwujudnya kehidupan yang seimbang dari setiap karyawannya, mencakup family life, professional life, social life dan spiritual life, sehingga karyawan menemukan meaning of life. Peran perusahaan menjadi “holistic company”. A sustainable company is a holistic company.

Luar biasa sekali buku ini.

Sikap saya terhadap teori-teori Pak Stanley adalah: no question. Karena dia telah mempraktekkan semua yang dituliskan ini. He walked the talks. Dia bukan pengamat atau teoritikus.

Beruntung sekali saya bisa hadir dan dihadiahi buku seperti ini di penghujung tahun ini. Ini menjadi bekal saya untuk melangkah dan berbuat lebih baik lagi buat organisasi.

Ada satu hal yang saya suka dari pertumbuhan bisnis Pak Stanley. Bahwa di 5-8 tahun pertama, pertumbuhan Adira sangat landai. Baru setelah lewat 10 tahun pertumbuhannya menjadi eksponensial. Ternyata, 5 tahun pertama adalah masanya untuk membangun pondasi, memperkuat internal guna menyambut datangnya pertumbuhan eksponensial. Dan itu terbukti. Ini seperti filosofi pohon bambu. Bertahun-tahun pertumbuhannya stagnan, padahal sebenarnya itu adalah masa memperkuat pondasi. Pohon bambu akarnya sangat kuat dan saling terkait. Tidak pernah kita dengar ada pohon bambu yang tumbang diterpa angin kencang.

Segera cari buku ini dan praktekkan di dalam organisasi kita.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

Follow me on Twitter: @roniyuzirman

Iklan
Standar

19 thoughts on “Rahasia Menciptakan Lompatan Kuantum dalam Bisnis ala Stanley Atmadja, CEO dan Founder Adira Finance

  1. Tulisan yg mencerahkan, Thx pak Roni.
    wah kalo’ saya baru jalan 3 thn berarti masih harus banyak belajar mbangun “pondasi” dan menyiapkan eksponensial trend nya yg akan menghampiri : )
    Okey, I Have to implement it.

    Suka

  2. Tulisan yg mencerahkan, Thx pak Roni.
    wah kalo’ saya baru jalan 3 thn berarti masih harus banyak belajar mbangun “pondasi” dan menyiapkan eksponensial trend nya yg akan menghampiri : )
    Okey, I Have to implement it.

    Rony Orysu
    http://www.orysu.com

    Suka

  3. Sangat menarik sekali Pak Roni tulisannya setelah satu minggu saya tunggu,kemaren sudah mulai lagi dengan postingan yang selalu memberikan motivasi buat pembacanya.Terima kasih

    Suka

  4. Waktu saya ditanya panitia, blogger siapa saja yang perlu diundang, saya langsung recommend kang roni.

    Saya sendiri diundang, namun sayang sekali, saya pas ada acara pada saat bersamaan. Padahal pengin juga salaman sama Om Stanley. Kolektor mobil Ferrari ini memang dahsyat.

    Saya juga dikirimi bukunya. Sudah saya baca. Bagus isinya. Nanti saya review juga di blog saya.

    Suka

    • Ooo, Mas Yodhia rupanya “man behind the gun” kenapa saya diundang. Tks Mas, atas rekomendasinya :). Ditunggu resensinya versi Strategi Manajemen

      Suka

  5. Rahmad berkata:

    assallamualikum wr wb, pak roni kalau ada yang beruntung ada juga yang gagal trus tertimpa tangga lagi diakhir tahun ini.
    Saya ingin tahu komentar pak roni tentang ust lihan pengusaha berlian yang tinggal di cindaialus kalsel, yang sekarang di penjara dan dituduh biz penipuan dan pelangaran undang2 .
    Kenapa saya ingin meminta komentar dari pak roni? Bermula dari membaca postingnya pak roni ttg ustaz lihan.. Pengusaha yg sukses dll …. Sebelumya saya udah tahu bahwa ustaz lihan membuka peluang investasi dengan bagi hasil yang cukup bagus 10% per bulan sejak tahun 2005 saudara saya selalu menwarkan investasi ustaz lihan itu kesaya tetapi saya tolak karena rasanya ngak mungkin dan sedikit terkesan moneygame… Setelah membaca posting pak roni dan mendengar lihan menjadi pembicara Di milad TDA thn 2008 saya langsung menanamkan modal awal 30jt setelah merasa manisnya 10% saya tambah lagi jadi 50jt disertai beberapa teman saya yg ikut melalui saya… Tetapi apa hendak dikata agustus semuanya hilang dengan hancurnya semua biz lihan…
    Saya tidak menuntut pak roni atau pun ustaz lihan… Tetapi hanya ingin komentar pak roni saja.. Tetang kasus dia, dan apakah adakah dari TDA untuk meringankan beban ustaz lihan? Mohon maaf kalau sedikit terkesan memaksa

    Suka

  6. Setuju pak… memang untuk menjadi deret eksponensial awalnya perlu melalui deret hitung dulu.

    Inti dari sebuah bisnis bukanlah (hanya) menjadi besar, tapi suistainble.

    Keep sharing pak

    Suka

  7. arif priyono berkata:

    subhanallah.pak, sy arif di gresik.sy baru gabung dg TDA.sy baru dagang masih belajar.mohon bantuan contact person yg bisa dihubungi di sekitar surabaya agr sy bisa belajar.trims.081556682489/031 70104020

    Suka

  8. Inspirasi yang luar biasa di awal tahun ini…. Thanks pak Roni atas sharing-nya.
    “Jadikan 5 tahun pertama bisnis kita memiliki pondasi yang kuat untuk siap menghadip lompatan bisnis yang luar biasa di tahun2 berikutnya”

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s