Business, Indonesiaku

Strategi UKM 2010 (Dari Diskusi Bulanan IdEAS)

Cocok sekali topik yang diangkat dalam diskusi bulanan Indonesia Entrepreneur Association (IdEAS) ini. Kami mencoba meneropong kemungkinan yang akan terjadi di ranah bisnis dan ekonomi tahun 2010 ini serta bagaimana strategi memenangkannya.

Tidak usahlah saya tuliskan angka-angka prediksi ekonomi itu. Pasti anda sudah mengikutinya dari berbagai statemen para pakar. Intinya: tahun ini prediksi ekonomi masih akan tumbuh antara 4-6 %. Angka itu saja sudah cukup buat kita sebagai pelaku UKM untuk beroptimis ria.

Kalau ekonomi tumbuh 6% saja, UKM harusnya tumbuh minimal 11% kata Pak Adler Manurung saat diskusi beberapa waktu lalu di majalah DUIT!. Jadi, UKM yang tumbuh di bawah angka itu adalah UKM yang “goblok” (maaf).

Angka 6% adalah angka yang menggembirakan buat UKM, karena untuk bisnis besar, angka itu tidak cukup untuk mengangkat skala bisnisnya. Mereka butuh angka di atas 10%.

So, tahun ini adalah tahunnya UKM. Tahun ini adalah tahunnya para business start up.

Lantas, bagaimana strategi kita menghadapinya. Pak Budi Utoyo selaku tuan rumah diskusi dan mentor di Smart Entrepreneur Community (SEC) menawarkan 4 strategi yang bisa dipakai oleh kita semua, para pelaku bisnis UKM, yaitu:

Pertama, perluas jaringan (networking). Dengan memperluas networking, bisnis kita yang masih skala lokal bisa menasional, bahkan regional. Berdirinya IdEAS adalah salah satu sarananya. Bayangkan, bertemu dan bersinergi dengan member dari 15 komunitas yang bergabung di dalamnya. Angka yang luar biasa. Itu adalah network kita yang sudah bergabung di dalamnya.

TDA sendiri dengan 12.000 member yang tercatat telah melakukan upaya networking dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri.

Kedua, knowledge. Para pelaku UKM harus memperkuat pengetahuannya di segala bidang. Sudah tidak jamannya lagi belajar mengandalkan pengalaman bertahun-tahun jatuh bangun membangun bisnis. Semua ilmu untuk mempermudah dan mempercepat semua proses itu sudah tersedia. Buku-buku, majalah, sumber-sumber online dan sebagainya telah tersedia dengan biaya murah dan nyaris gratis. Manfaatkan itu. “Itu akan mendongkrak bisnis anda secara signifikan”, ujar pemilik 16 bisnis yang selalu berbicara dengan bersemangat ini. “Saya ikut semua pelatihan mulai dari pemasaran, akuntansi, pajak, NLP, properti dan sebagainya”, imbuhnya.

Ketiga, kuasai sumber keuangan. Kurangnya akses ke sumber-sumber pembiayaan adalah salah satu kendala mayoritas UKM. Adanya gabungan komunitas di IdEAS ini tentunya akan mempermudah akses itu. Mulai dari bank, modal ventura, investor pribadi, sampai pegadaian bisa dimanfaatkan oleh pengusaha UKM.

Keempat, kreativitas. Persaingan bisnis ke depan akan semakin menantang. Apalagi dengan dibukanya keran perdagangan bebas atau FTA. Persaingan terbuka akan semakin nyata. Produk Cina dan negara-negara ASEAN akan menyerbu negeri kita. Kreativitas adalah kunci untuk menjawab tantangan itu.

Kami semua mengangguk mengamini poin-poin yang ditawarkan oleh pemilik Leha-Leha Spa ini. Saya pun mengusulkan agar strategi ini harus diejawantahkan dalam setiap kegiatan IdEAS setahun ke depan.

Salam FUUUNtastic!
Tetap semangat menyambut tahun kemenangan di 2010!

Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

Follow me on Twitter @roniyuzirman

Iklan
Standar

8 thoughts on “Strategi UKM 2010 (Dari Diskusi Bulanan IdEAS)

  1. Thanks pak Roni, kreativitas dan networking adalah kunci utama ditahun ini….
    Kami juga optimis bisa tumbuh di atas 10%, amien…!!!

    Suka

  2. matur suwun pakw rony,atas infonya,usul kalau bisa buka layanan di jaringan facebook,biar lebih cepat untk mengetahui infonya,saya juga bersama para pelaku ukm di facebook.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s