Business

Pertanyaan-Pertanyaan yang Memancing Kreativitas

Untuk memancing kreativitas dan inovasi bisnis, ada saatnya kita harus bersikap sebagai pengamat yang kritis terhadap bisnis kita sendiri.

Kita harus menjaga jarak dengan objek bisnis kita sendiri untuk mendapatkan kejernihan berpikir.

Kepada para karyawan, saya sering bersikap layaknya seperti orang yang tidak tahu (padahal memang tidak tahu betulan).

Gunanya adalah untuk memancing ide-ide baru, solusi-solusi baru yang sulit kalau dipikirkan sendiri.

Kenapa begini?

Kenapa begitu?

Bagaimana kalau begini?

Bagaimana jika…?

Itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering saya ajukan dan biasanya memancing kreativitas dan inovasi.

Bagaimana menurut anda?

Standar

9 thoughts on “Pertanyaan-Pertanyaan yang Memancing Kreativitas

  1. wiko budianto berkata:

    Kalau saya keseringan terlintas:
    Apa lagi yg blm saya buat ya ?
    Apakah sudah cukup ?
    Rekan2 kerja sudah maksimal belum ya ?
    Mau jadi seperti apa akhir taun ini ?

    Kira2 begitu mas… 🙂

    Suka

  2. Setuju !!! Saya senang memberikan otoritas kepada karyawan, dan saya gak pernah marah kecuali kalo udah 3x salah yang sama.

    Kalo main ke toko lebih sering duduk di bagian pelanggan daripada di bagian staff, dan mencoba melihat jalannya bisnis dari sudut pandang berbeda-beda, lalu menggali informasi lebih dalam ke karyawan saya dengan jenis pertanyaan yang pak Roni utarakan di atas. Kadang saya ajak teman berkunjung untuk memancing ide-ide baru 🙂

    Suka

  3. pertanyaan yang singkat tapi sangat membuat kita kebingungan.., saya sering ditanya dosen dengan pertanyaan kenapa begini? kenapa begitu? dan itu sangat sulit

    Suka

Tinggalkan Balasan

