Business, Indonesiaku, Life

Ayo, Dukung Program Actual Basic Peduli: Train-A-Teen

Alhamdulillah, kemarin situs Actual Basic sudah online.

Dalam rangka syukuran launching produk Actual Basic, kami akan membuat program kepedulian sosial yaitu membuat training service handphone gratis kepada remaja dan pengangguran di daerah Pademangan Barat, Jakarta Utara.

Program ini adalah kegiatan kedua setelah melululuskan sekitar 20 peserta pada angkatan pertama.

Latar belakang kegiatan ini adalah karena banyaknya pengangguran di usia produktif di sana. Kondisi ini menjadi rawan karena mereka dengan mudah tergoda dengan narkoba dan tindakan kriminalitas lain.

“Di sekitar RW kita ini ada 11 orang warganya berada di penjara. Semuanya karena narkoba”, ungkap Dede Syaefuddin, tokoh pemuda di RW 04 Pademangan Barat.

Miris hati saya mendengar ini.

“Kita tidak bisa hanya menghimbau dan menasehati mereka secara normatif”, ujar saya.

“Kita harus menawarkan solusi yang konkrit dan tepat sasaran. Masalahnya adalah ekonomi. Kita harus sentuh dari sisi itu”, saya.

Kami pun bersepakat untuk berbuat sesuatu dan alhamdulillah, gayung bersambut. Banyak pihak yang antusias mendukung. Selain Manet Busana Muslim, ada DokterKomputer.com, Institut Kemandirian, Komunitas TDA, warga sekitar, pengurus RW, pengurus Karang Taruna, semuanya bahu membahu memberikan kontribusinya.

Bahkan Karang Taruna RW 04 dicalonkan untuk menerima penghargaan sebagai Karang Taruna mandiri, karena bisa membina anggotanya menjadi mandiri. Dompet Dhuafa Republika pun tertarik dengan program ini dan berencana menjadikannya sebagai pilot project dan akan digulirkan secara nasional. Alhamdulillah.

Apa yang kami berikan kepada mereka?

Selain memberikan training service handphone secara gratis, kami juga memberikan makan siang, membelikan alat (solder, komputer, software), menyediakan kios, menempatkan mereka magang dan sebagainya. Alhamdulillah, banyak di antara mereka sekarang sudah mulai “megang duit” dari yang tadinya tidak punya uang sama sekali. Sebuah kebahagiaan bagi kami.

Sekarang program itu kembali akan digulirkan untuk angkatan kedua, karena sudah banyak yang menanyakan. Insya Allah akan dimulai dalam waktu dekat.

Nah, terkait dengan peluncuran brand Actual Basic, saya ingin ini menjadi salah satu bentuk kepedulian sosial dan wujud rasa syukur kami dengan berperan serta dalam program angkatan kedua ini. Biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaannya, sekitar Rp. 15 sampai 20 juta.

Selain itu, saya juga mengajak anda untuk mendukung program ini dengan cara: menjadi follower Actual Basic di Twitter ( http://twitter.com/actualbasic ). Setiap follower akan kami “hargai” Rp. 1.000,- untuk disumbangkan bagi kegiatan ini. Saat ini follower kami sudah 160 orang, artinya sudah ada Rp. 160.000. Anda bisa berperan membantu kami dengan mengajak sebanyak mungkin follower lain bergabung dengan Actual Basic.

Let’s “Train-A-Teen” dengan menjadi follower @actualbasic.

Wassalam,

Roni

Iklan
Standar

2 thoughts on “Ayo, Dukung Program Actual Basic Peduli: Train-A-Teen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s