Business

Actual Basic yang Bikin Excited

Waduh, udah lama juga ya nggak update blog. Setelah bulan lalu cukup konsisten mengisi dengan semangat 45, eh bulan ini kendor lagi. Memang, menjaga konsistensi itu adalah tantangan paling berat.

Tapi, it’s okey, asal selalu sadar dan diingatkan, akhirnya mulai lagi.

Saya mau cerita apa ya?

Hmmm…. terus terang, beberapa minggu belakangan ini saya fokus kepada brand yang baru launching, Actual Basic. Semua energi, perhatian tertarik ke sana. Makanya, saya jadi jarang baca buku, yang jadi sumber inspirasi ketika menulis blog. Jadinya ya seperti ini deh, kekurangan bahan untuk ditulis 🙂

Saya memang bertekad akan mengawal brand baru ini secara full minimal 3 bulan pertama, ini saya tiru dari bukunya Richard Branson. Dia selalu fokus setiap mengawali bisnis barunya dalam 3 bulan pertama. Semuanya dia pegang. Misalnya, ketika dia launching Virgin Atlantic, sampai detil-detilnya dia ikut campur, mulai dari memilih menu makanan sampai memilih lagu-lagu yang disetel di pesawat. Setelah running well, barulah dilepas sedikit-sedikit kepada orang kepercayaannya. Inspiring kan?

Saya juga meniru dia. Semuanya saya handle. Mulai dari yang pritilan sampai yang strategis. Saya ingin mendapatkan “insight” yang menyeluruh terhadap bisnis baru ini.

Lho, bukankah brand baru ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya?

Jawabnya, tidak.

Saya membuat konsep dan sistim yang totally different dengan Manet. Inilah yang menantang. Saya harus belajar lagi dari awal. Saya mencoba lagi sesuatu yang benar-benar baru, dari nol. Ini yang menarik. Kalau memulai sesuatu yang kita sudah tahu, jadi tidak menarik, membosankan. Sikap “I know” itu kadang merusak, destruktif.

Jadi saya betul-betul mulai belajar lagi. Bertanya sana sini. Minta pendapat, dan sebagainya. Exciting.

Apa saja hal-hal baru yang saya coba praktekkan di bisnis baru ini?

Insya Allah nanti saya sharing di postingan berikutnya.

Have a happy day. Tetap semangat, walaupun pagi ini Jakarta begitu dingin….

Standar

Tinggalkan Balasan

